Walkthrough Final Fantasy Bahasa Indonesia

Walkthrough ini berlaku untuk semua versi Final Fantasy 1 dibuat untuk menyelesaikan misi utama dalam permainan.

Pada awal permainan, kamu harus memilih job untuk keempat karakter utama yang akan kamu gunakan.  Karakter-karakter di FF.I tidak mempunyai nama default, jadi kamu dapat menamainya sesukamu.  Ada enam job yang bisa kamu pilih, namun kamu cukup memilih empat dari enam.

Job
Ada 6 job yang tersedia di game ini, dan kamu harus memilih maksimal 4 macam job untuk keempat karaktermu. Berikut adalah gambaran dari keenam job tersebut:

1. Warrior -> Knight
Warrior adalah petarung dengan serangan dan pertahanan terbaik.  Ia juga memiliki kapasitas HP yang tinggi. Selain bisa mengequip mayoritas equipment yang ada, serangan fisiknya juga cukup kuat. Saat naik kelas menjadi Knight, ia akan bisa menguasai white magic hingga level 3.

2. Monk -> Master
Monk adalah petarung fisik terkuat di game ini. Meski juga bisa mengequip nunchaku dan staff, saat levelnya cukup tinggi sebaiknya biarkan ia bertarung tanpa senjata, serangannya akan lebih kuat. Meski serangan fisiknya sangat kuat (lebih kuat dari Warrior/Knight), namun Monk tak bisa mengequip armor berat. Selain itu meski naik kelas menjadi master, ia tak bisa menguasai magic apapun.

3. Thief -> Ninja
Selain memiliki agility dan luck yang tinggi, thief juga bisa mengequip beberapa senjata kuat di game ini. Saat naik kelas menjadi Ninja, ia akan bisa menguasai black magic hingga level 4.

4. White Mage -> White Wizard
Salah satu karakter wajib di game ini! Meski memiliki serangan dan pertahanan yang lemah, kalian akan memerlukannya sebagai healer dan pemulih status. Saat naik kelas menjadi white wizard, ia akan menguasai magic hingga level 8.

5. Black Mage -> Black Wizard
Karakter terlemah di game ini! Meski demikian, kalian tetap bisa mengandalkan magicnya untuk menghadapi musuh-musuh di sini. Beberapa bos di game ini bahkan bisa dikalahkan dengan mudah jika kalian menggunakan black magic yang tepat. Sama halnya dengan White Mage, saat naik kelas jadi Black Wizard ia juga menguasai magic hingga level 8.

6. Red Mage -> Red Wizard
Merupakan mage dengan serangan dan pertahanan terbaik, juga bisa menguasai baik black maupun white magic. Namun selain memiliki kapasitas MP yang lebih rendah, ia juga tak bisa menguasai sebagian magic kelas atas. Saat naik level menjadi Red Wizard sekalipun, maksimal ia hanya menguasai magic hingga level 7.

Jika kamu tidak mau ambil pusing dalam memberi nama, tekan Select untuk memilih nama yang disediakan.  Setelah itu klik Start untuk memulai.  Ikuti intro awalnya.

Quest 1 – Menyelamatkan Princess Sarah
Kamu berada di luar kota Cornelia.  Masuklah ke kota dan bicara dengan pasukan raja, mereka akan mengantarmu pada The King.  The King memintamu untuk menyelamatkan putrinya, Sarah yang diculik oleh Garland.  Setelah itu keluarlah dari istana.

Karakter-karaktermu sebenarnya sudah memiliki equipment, namun kamu dapat membeli equipment baru yang lebih kuat untuk karaktermu di kota.  Jangan lupa untuk membeli magic untuk White/Black/Red Mage.  Cari musuh di world map dan kumpulkan banyak uang serta menaikkan level, minimal level 4.

Jika kamu sudah siap, pergilah ke Chaos Shrine di utara.  Ambilah Leather Cap di ruangan di kiri bawah.  Ambil juga Potion dan Tent di ruangan di kiri atas.  Ruangan disebelah kanan terkunci dan hanya dapat dibuka dengan Mystic Key.  Masuklah ke ruangan tengah dan lawan Garland (HP:212).  Serang saja dengan serangan fisik dan magic.

Setelah Princess Sarah terbangun, kalian akan kembali ke Castle Cornelia.  The King akan berterima kasih dan membangun jembatan di utara Cornelia.  Sarah akan memberikan Key Item Lute padamu.  Keluarlah dan lihat pembangunan jembatan.  Pergilah melewati jembatan dan akan ada intro awal lagi.

And so their quest began.

As the four Warriors of Light, they felt overwhelmed by the great task destiny had placed before them.

They did not even know the true significance of the four crystals they held in their hands…

The crystals that once, long ago, held a light that shone so brilliantly

The time for their journey had come.

The time to cast off the veil of darkness and bring the world once more into light….

Setelah itu pergilah ke tanjung utara.  Kamu akan tiba di Matoya’s Cave.  Ambil 2 potion dan Antidote disini.  Bicaralah dengan Matoya, ia mengatakan bahwa Crystal Eye miliknya telah dicuri sehingga ia jadi tidak bisa melihat.

Jika kamu berbicara dengan sapu ajaib disini, ia akan berkata: “Front-words, back-wards, any way you see! Such a strange spell to swish-swish-aree! Tceles Nottub B.  Seish-swish-aroo!”.  Jika “Tceles Nottub B” dibalik, maka akan terbaca “B Button Select”.  Itu adalah petunjuk untuk melihat peta.  Tahan tombol B dan Select dan kamu akan dapat melihat seluruh World Map.

Quest 2 – Menyelamatkan Pravoka dari Bajak Laut
Pergilah ke kota Pravoka yang terletak di timur.  Beli equipment baru.  Kamu akan mendengar bahwa kota ini dikuasai oleh para bajak laut.  Bicaralah dengan Bikke, pimpinan bajak laut dan kalahkan 9 Pirate (HP:24).  Cukup serangan dengan serangan fisik saja.

Setelah kamu menang, Bikke akan menyerah dan memberikan Ship (perahu) padamu.  Dengan Ship ini, kamu dapat mengarungi lautan, namun untuk turun dari Ship, kamu harus merapat di dermaga.

NB: Ketika menaiki Ship, kamu dapat memainkan mini-game.  Caranya? Tahan tombol A dan tekan B berulang-ulang (sekitar 50 kali).  Kamu akan bermain jigsaw dimana kamu harus menyusun angka 1 sampai 15 secara berurutan dari atas ke bawah.  Jika kamu berhasil memecahkan rekor, kamu akan mendapatkan uang dan item.

Quest 3 – Membangunkan Pangeran Elf
Berlayarlah ke arah selatan benua Cornelia.  Kamu akan tiba di Elfheim, kota kaum Elf.  Disini, kamu akan mendengar bahwa The Prince, sang pangeran Elf tengah tertidur akibat kutukan Dark Elves, Astos.  Belilah equipment dan magic disini, belilah juga beberapa Antidote.

Cobalah pergi ke pemakaman, batu nisan paling kiri bertuliskan “Here lies Link”.  Kemungkinan besar itu adalah Link, elf yang menjadi tokoh utama serial Zelda.

Sekarang pergilah ke Western Keep yang terletak di barat laut.  Masuki salah satu ruangan disini, kamu akan bertemu dengan The King yang kehilangan mahkotanya.  Setelah itu pergilah ke Marsh Cave yang terletak di area rawa di barat daya benua ini.  Di sini, banyak musuh yang akan membuat status Poison padamu.

Di B1, pergilah ke kiri atas dan turun ke B2.  Di B2, ambilah 680 gil di peti yang ada di dalam salah satu ruangan.  Di ruangan lainnya, ambil Dagger dari dalam peti.  Di ruangan lainnya, ambil Broadsword dan 620 gil dari dalam peti.  Kembalilah ke B1.

Di B1, pergilah ke kanan bawah dan masuki ruangan kemudian turuni tangga.  Di B2, banyak ruangan dengan peti kosong di dalamnya.  Jadi langsung menuju pintu di kanan bawah.  Dan turun ke bawah.

Di B3, ambil Phoenix Down di ruangan dekat tangga.  Di ruangan lainnya, ambil 295 gil dari dalam peti.  Ambil Copper Armlet di ruangan kiri bawah dan Cottage di ruangan kanan.  Ambil juga 385 gil di sebuah ruangan.  Di ruangan sebelah kirinya, kamu akan melawan beberapa Piscodemon (HP:84).  Monster ini kuat terhadap magic, jadi cukup serang dengan serangan fisik saja.  Setelah itu kamu akan mendapatkan Key Item Crown dari dalam peti.
Ruangan lain di bawah hanya dapat dibuka dengan Mystic Key, jadi untuk sementara tinggalkan tempat ini.

Jika sudah siap, kembalilah ke Western Keep di utara dan temui The King.  Ternyata ia adalah jelmaan dari boss Astos (HP:420).  Hati-hati! Astos menguasai magic-magic tingkat tinggi dan Reaper yang dapat menghabisimu dalam satu serangan.  Serang ia dengan serangan fisik dan magic Bolt/Ice.  Setelah ia kalah, kamu akan mendapat Key Item Crystal Eye.  Kembali ke Matoya’s Cave dan kembalikan Crystal Eye pada Matoya, ia akan memberimu Key Item Jolt Tonic sebagai gantinya.  Kembali ke Elven Castle dan bicara dengan Healer untuk memberikan The Prince ramuan tersebut.  The Prince akan terbangun dan memberikan Key Item Mystic Key.

Dengan Mystic Key, kini kamu dapat membuka semua pintu yang terkunci.  Berikut ini adalah lokasi pintu-pintu yang dikunci dan item yang akan kamu dapatkan:
-  Elven Castle               : Mythril Hammer, 800 gil, 700 gil, Bronze Gloves
-  Castle Cornelia           : Cottage, Saber, Mythril Knife, Iron Armor, Tent, Key Item Nitro Powder
-  Chaos Shrine             : Werebuster, Gold Needle, Rune Blade
-  Wester Keep              : Falchion, Power Staff, Steel Gloves
-  Marsh Cave                : Silver Armlet, Mythril Knife, 1020 gil

Quest 4 – Membuat Canal
Pergilah ke Mount Duergar yang terletak di barat laut, tempat ini adalah kediaman kaum Dwarf.  Seorang Dwarf bertopi merah bernama Smyth akan membuatkanmu pedang jika kamu membawakan Adamantite.

Di ruangan di kanan atas, ambil 575 gil dan 450 gil.  Ambil Tent, Great Helm, Wyrmkiller, Ether, Potion, Mythril Mail, 575 gil, dan Cottage di dalam sebuah ruangan besar di selatan.  Temui Nerrick, Dwarf bertopi hijau dan berikan Nitro Powder padanya.  Ia akan membuat kanal.  Kembali ke Ship dan lewati kanal tersebut.

Quest 5 – Boss: Lich
Pergilah ke kota Melmond, sebuah kota yang kumuh dan miskin.  Disini kamu akan mendengar kabar tentang Vampire yang mengganggu aliran energi bumi.  Belilah equipment dan magic baru, setelah itu pergilah ke Cavern of Earth yang berada di selatan.

Di B1, ambil 1975 gil di ruangan di kanan.  Di ruangan lainnya ambil 880 gil dan Potion.  Di ruangan lainnya ambil Antidote dan 795 gil.  Pergilah ke kanan bawah dan turun ke B2.

Di B2, ambil Leather Shield, 575 gil, dan 5000 gil di salah satu ruangan di bawah.  Ambil Coral Sword, Tent, dan 330 gil di ruangan di kanan.  Kemudian turunlah ke B3.

Di B3, ambil Sleeping Bag, 3400 gil, 1020 gil, dan Gold Needle.  Di salah satu ruangan, kamu akan melihat kelelawar berwarna biru.  Dia adalah Vampire (HP:280).  Serang ia dengan serangan fisik dan magic Fira/Dia.  Setelah menang, ambil Key Item Star Ruby di peti.

Jalan selanjutnya terhalang oleh Stone Slab, jadi kembalilah ke kota Melmond untuk memulihkan diri.

Pergilah ke Giant’s Cave di barat dan berikan Star Ruby pada Giant yang menghalangi jalan.  Giant akan pergi.  Ambil Mythril Helm, 450 gil, 620 gil, dan Great Axe di ruangan selatan.  Naiki tangga di kiri atas dan kamu akan sampai di World Map.

 Pergilah ke Sage’s Cave di selatan.  Temui Sage Sadda, ia akan menjelaskan bahwa ada makhluk lain yang menjadi atasan Vampire yang telah kamu kalahkan dan makhluk itulah yang membuat kekacauan terganggunya aliran energi bumi.

Sadda akan memberikan Key Item Earth Rod padamu.  Kembalilah ke Cavern of Earth dan hancurkan Stone Slab dengan Earth Rod.

Di B4, ambil Staff, 3400 gil, 1455 gil, 1520 gil, 5450 gil, Tent, Mythril Shield, dan 1250 gil.  Temukan tangga di kiri atas untuk turun ke B5.

Di B5, pergilah ke sebuah ruangan dimana kamu akan melawan Lich (HP:1200).  Serang ia dengan magic Fire 2 dan DiaSpell 2, kamu juga dapat menggunakan magic Temper pada Warrior agar serangan fisiknya bertambah.

Setelah Lich kalah, Earth Crystal akan kembali bercahaya.  Gunakan teleporter untuk keluar dari tempat ini.

Quest 6 – Boss: Marilith
Naiklah Ship dan berlayarlah sampai ke selatan, lalu merapatlah di dermaga paling timur dunia.  Berjalanlah untuk tiba di Crescent Lake, sebuah kota di dekat danau.  Equipment yang dijual dikota ini harganya mahal-mahal dan magic yang dijual adalah level 6, belilah jika kamu mempunyai cukup uang.

Berjalanlah ke arah timur laut kota dan kamu akan bertemu dengan Twelve Sages (salah satunya bernama Lukahn).  Bicaralah dengan mereka semua dan mereka akan menceritakan tentang kristal dan The Four Fiends of Chaos.  Sage di kanan Lukahn akan memberikan Key Item Canoe.

Dengan Canoe, kamu dapat menyusuri sungai.  Sekarang pergilah ke Mount Gulg di utara melewati sungai.  Masuklah ke Mount Gulg.  Banyak area berlahar yang membuat HPmu berkurang setiap kamu melangkah, namun musuh encounter takkan muncul selama kamu berada di lahar.

Di B1, teruskan berjalan ke kiri atas dan turun tangga.

Di B2, ambil Mythil Helm, Great Sword, 4150 gil, 750 gil, 795 gil, Hi-Potion, Mythril Helm, Tent, Mythril Gloves, 1520 gil, 1975 gil, Antidote, 1455 gil, 1760 gil, Mythril Shield, Mythril Axe,  dan Phoenix Down.  Setelah itu lewati lahar untuk mencapai tangga di kanan bawah.

Di B3, lintasi lahar untuk tiba di tangga menuju B4.  Di B4, lewati lahar lagi untuk mencapai tangga menuju B3 di kanan.  Di B3, temukan tangga menuju B4 di kiri bawah.

Di B4, ambil Gold Needle dan 2750 gil di sebuah ruangan dekat tangga.  Di ruangan lainnya ambil 1760 gil.  Di ruangan di kiri, ambil Antidote, 7340 gil, Ice Brand, Flame Shield, dan 880 gil.  Di ruangan kanan bawah ambil 10 gil dan 155 gil.

Di ruangan di kanan atas ambil 2000 gil dan Cottage.  Di ruangan lainnya di kanan bawah ambil 1250 gil dan Staff.  Turun ke B5 melalui tangga di selatan.

Di B5, masuklah ke ruangan di sebelah kiri dan lawan Red Dragon (HP:248), lalu ambil Flame Mail di peti.  Lalu pergi ke ruangan di kiri bawah dan lawan boss Marilith (HP:1440).

Gunakan magic blind untuk menyebabkan status paralyze padanya, lalu serang dengan serangan fisik Warrior dan Monk.  Gunakan teleporter untuk keluar dari sini.

Quest 7 - Airship
Kembalilah ke Crescent Lake dan bicaralah dengan seorang pria yang sedang tidur-tiduran di sebelah batu nisan dan ia akan menceritakan tentang Levistone.  Kembalilah ke Ship dan berlayarlah sampai sebuah dermaga di utara dermaga Crescent Lake.

Gunakan Canoe untuk melewati sungai di arah barat daya dermaga dan kamu akan tiba di Ice Cavern.

Di B1, teruskan berjalan hingga tiba di tangga menuju B2.  Di B2, turunlah ke B3 melalui tangga di kiri bawah.

Di B3 naik ke tangga dan kamu akan tiba di B2.

Di B2, masuklah ke sebuah ruangan.  Hindari jalan yang retak atau kau akan terjatuh.  Ambil Clothes dan Flame Sword di peti, setelah itu jatuhkan dirimu dengan menginjak retakan.

Di B3, ada jalan es tajam yang akan mengurangi HPmu setiap kamu melintasinya.  Masuk ke ruangan di kiri kalahkan White Dragon (HP:200) dan ambil Ice Armor dan Mythril Gloves.

Lanjutkan ke ruangan di kiri bawah dan ambil 9900 gil, 5000 gil, 12350 gil, 180 gil, 5454 gil, dan 7900 gil.  Setelah itu pergilah dan naiki tangga di kanan bawah.

Di B1, ambil Ether dan 10000 gil.  JANGAN NAIK KE TANGGA DI KANAN ATAS! Di ruangan lainnya ambil Sleeping Bag, Ice Shield, dan 9500 gil.

Setelah itu jatuhkan dirimu dengan menginjak retakan dan kamu akan tiba di depan kristal.  Kalahkan Evil Eye (HP:162) dan ambil Key Item Levistone dari Kristal tersebut.  Setelah itu jatuhkan dirimu ke B3 dan keluarlah dari sini melalui tangga di kanan atas di B1.

Pergilah ke Elfheim dan bicaralah dengan kedua Prophet (Elf berpakaian biru), mereka akan menyuruhmu menggunakan Levistone di area gurun pasir.

Sekarang, pergilah ke padang gurun di selatan Crescent Lake dan Levistone akan memunculkan Airship dari bawah pasir.

NB: Kamu hanya bisa mendaratkan Airship di area berumput hijau saja.

Quest 8 – Meningkatkan Kelas
Pergilah ke kota Gaia yang terletak di timur laut dunia.  Di sini, kamu bisa membeli magic level 7 dan 8 serta equipment baru.  Disini kamu akan mendengar bahwa Oxyale hanya bisa dikumpulkan oleh Fearie, namun Fearie disini telah dijual seorang bajak laut dekat gereja pada seorang pedagang yang mengendarai karavan.

Pergilah ke Dragon Cave, gua kediaman kaum naga.  Area ini terletak di area pulau-pulau kecil di barat laut dunia yang berjejer ke kanan.  Di semua Dragon Cave, ambil item-item berikut: Tent, Dry Ether, Gold Needle, Cottage, 500 gil, Elixir, 2750 gil, 2000 gil, 1455 gil, X-Potion, 9500 gil, 2750 gil, dan 1520 gil.  Ada satu gua dimana raja naga, Bahamut berada.  Ia memintamu membuktikan kekuatanmu di Citadel of Trial.

Pergilah ke Citadel of Trial yang terletak di timur Dragon Caves.  Kamu harus mendarat di area rerumputan  di timur Citadel of Trial dan berjalan ke barat melewati gurun dan sungai untuk mencapainya.

Di B1, bicaralah dengan pria tua disini, kemudian masuk ke ruangan di kiri atas dan injak kursi takhta dan kamu akan diteleport sampai ke 2F.

Di 2F, Gunakan semua teleporter disini untuk meneruskan perjalanan.  Di ruangan di kiri atas, kalahkan Clay Golem lalu ambil Gauntlets di peti.  Jalan ke bawah dan gunakan teleporter paling bawah di sebelah kiri untuk menemukan tangga menuju 3F.

Di 3F, ambil Healing Staff, Ruby Armlet, Ice Brand, Steel Gloves, Cottage, 1455 gil, dan 7340 gil.  Ambil Key Item Rat’s Tail di peti dan kalahkan Dragon Zombie (HP:268), lalu injak kursi untuk kembali ke 1F.

Kembalilah ke tempat Bahamut dan ia akan menaikkan kelasmu.

Quest 9 – Boss: Kraken
Pergilah ke Onrac, kota yang terletak di barat laut dunia.  Kota ini berada di dalam hutan yang sengat lebat.  Untuk sampai ke kota ini, mendaratlah di padang rumput, lalu berjalan kaki sampai ke utara.

Dikota ini, kamu dapat membeli magic level 7. Seorang gadis di dermaga mengatakan bahwa Barrel buatannya dapat mencapai bawah laut, namun susah bernafas jika kamu tidak memiliki Oxyale. Pria bernama Koppe mengatakan bahwa ia melihat benda mekanik yang jatuh dari udara. Seorang gadis lainnya mengatakan bahwa ayahnya pergi menaiki caravan menuju ke gurun di barat.

Pergilah menuju gurun yang terletak di barat Onrac.  Temukan Caravan dan belilah Key Item Bottled Faerie seharga 40000 gil.  Sekarang pergilah ke Gaia dan bebaskan Faerie, ia akan kabur.

Temui Faerie di mata air di kanan atas kota ini, ia akan meminta maaf karena tadi kabur dan memberikan Key Item Oxyale.  Kembalilah ke Onrac dan bicara dengan gadis dekat dermaga dan ia akan mengijinkan Barrel (kapal selam) padamu.

Gadis itu ternyata adalah jelmaan dari putri duyung yang menantikan kedatangan pahlawan yang dapat menyelamatkan tempat tinggalnya.  Masuk ke Barrel dan pergi ke Sunken Shrine.

Di 3F, ambil 9900 gil da 2000 gil.  Kemudian naiki tangga di kanan atas.

Di 4F, ambil 20 gil, Light Axe, Mage’s Staff, Diamond Armor, dan 12350 gil.  Naiki tangga di kanan bawah.

Di 5F, ambil 9000 gil, Diamond Armlet, 1760 gil, 2750 gil, 4150 gil, 5000 gil, 10000 gil, 10 gil, Antidote, Diamond Shield, Diamond Gloves, Diamond Helm, dan Key Item Rosetta Stone.  Disini, kamu juga bisa berbicara dengan pada putri duyung.  Kembali ke 3F dan turun ke 2F melalui tangga di kiri atas.

Di 2F, pergi ke kanan atas dan naik ke 3F.  Di 3F, naik ke 4F.  Di 4F, turun ke 3F melalui tangga di kanan bawah.

Di 3F, ambil 110 gil dan 450 gil di peti, lalu turun ke 2F.

Di 2F, ambil 2750 gil, 7340 gil, 9900 gil, Ribbon, 8135 gil, 7690 gil, 5450 gil, 385 gil, dan Giant’s Gloves.  Pergi ke kanan atas untuk turun ke 1F.

Di 1F, tempuh perjalanan yang panjang dan disebuah ruangan temui boss Kraken (HP:1800). Serang dengan serangan fisik dan magic bolt.  Setelah menang, gunakan teleporter untuk keluar dari sini.

Quest 10 – Menemui Robot yang dilihat Koppe
Pulihkan dirimu di Inn.  Setelah itu lewati sungai dengan Canoe sampai ke utara.  Jika kamu menemukan air terjun, kamu dapat masuk ke dalam dan menuju Waterfall Cavern.  Berjalanlah untuk tiba diruangan di kiri bawah.  Bicara dengan Robot untuk mendapatkan Key Item Warp Cube.  Ambil Wizard’s Staff, Ribbon, 13450 gil, 6400 gil, 5000 gil, dan Defender.  Setelah itu keluarlah dari tempat ini.

Quest 11 – Boss: Tiamat
Temui Dr.Unne di Melmond, ia akan mengajarimu bahasa penduduk Lufenia asalkan kamu memberikan Rosetta Stone. Setelah kamu menguasai bahasa Lufenia, pergilah ke kota Lufenia yang terletak di timur laut dunia.

Mendaratlah di utara hutan, lalu berjalanlah sampai ke selatan.  Bicaralah dengan semua orang, salah satu dari mereka akan memberikan Key Item Chime.  Kembali ke Airship dan mendaratlah di selatan Yahnikurm Desert, lalu berjalanlah ke Mirage Tower yang terletak di tengah gurun.

Di 1F, masuk ke pintu dan ambil Tent, Aegis Shield, 2750 gil, 18010 gil, Vorpal Sword, 800 gil, Healing Helm, dan 3400 gil.  Naiki tangga dengan melewati pintu di kiri.

Di 2F, ambil 7900 gil, 8135 gil, Thor’s Hammer, 12350 gil, 13000 gil, Cottage, 7600 gil, Dragon Mail, 10000 gil, dan Sun Blade.  Lalu naiki tangga.

Di 3F, masuki sebuah ruangan.  Kalahkan Blue Dragon (HP:454) kemudian gunakan teleporter untuk mencapai Flying Fortress sebuah kota terbang.

Di 1F, ambil Razer di ruangan bawah.  Di ruangan kanan ambil 180 gil, Healing Helm, Protect Ring, 6720 gil, dan 5000 gil.  Kemudian gunakan teleporter di utara.

Di 2F, ambil Cottage dan Mythril Helm di ruangan kiri atas.  Di ruangan kiri ambil 880 gil dan 13000 gil.  Di ruangan kiri bawah,ambil Key Item Adamantite. Di ruangan kanan atas ambil Diamond Gloves.  Di ruangan kanan ambil Diamond Shield dan Ribbon. Di ruangan kanan bawah ambil Black Robe dan White Robe.  Gunakan teleporter di selatan.

Di 3F, kamu bisa melihat World Map, lokasi kristal dan Chaos Shrine melalui bulatan biru yang ada di tengah lantai ini.  Di ruangan di utara ambil 9000 gil, Protect Ring, 5450 gil, dan Potion.  Di ruangan kanan ambil 8135 gil, Protect Cloak, Clothes, 9500 gil, 6400 gil, Gold Needle.  Di ruangan bawah hanya ada alat seperti komputer yang menyebutkan “…analyzing TIAmat… …no known WEAKNESS…”.  Di ruangan kiri ambil Gold Needle, 4150 gil, 3400 gil, dan Sasuke’s Blade.  Gunakan teleporter di kiri.

Di 4F, semua jalur disini dapat membuatmu tersesat.  Untuk melalui dengan mudah adalah dengan berjalan ke kiri 2 persimpangan, lalu ke atas 2 persimpangan.  Kamu akan menemukan teleporter yang akan membawamu ke 5F.

Di 5F, berjalanlah terus ke utara sampai melawan boss Tiamat (HP:2400).  Gunakan Poison dan Stone padanya ditambah serangan fisik pedang Razer.  Kini semua kristal sudah dipulihkan.  Gunakan teleporter untuk keluar dari sini.

Quest 12 – Mendapatkan Excalibur
Ingat dengan Smyth yang tinggal di Mount Duergar dan mengatakan bahwa ia akan membuatkanmu pedang jika kamu membawakan Adamantite? Pergilah ke Mount Duergar dan temui Smyth di ruangan kerjanya.  Ia akan membuatkan pedang Excalibur, pedang terkuat kedua dalam game ini.

Quest 13 - Chaos
Persiapkan dirimu sekarang.  Belilah semua magic dan item yang diperlukan.  Naikkan levelmu sampai tinggi.  Jika sudah siap, pergilah ke Chaos Shrine.  Bicaralah dengan kelima kelelawar yang ternyata adalah penduduk langit yang dikutuk.  Periksa Black Crystal dan gunakan untuk diteleport ke Chaos Shrine di masa 2000 tahun silam.

Di 1F, temukan tangga di kanan bawah.

Di 2F, teruskan berjalan dan kamu akan menemukan tangga.

Di 3F, pergilah ke sebuah ruangan dan ambil Dry Ether dan Elixir di peti.  Kemudian gunakan Lute untuk memecahkan Stone Slab.  Kemudian turun tangga,

Di 2F, turun ke 1F melalui tangga di kiri atas.

Di 1F, turun melalui tangga di kiri atas.

Di B1, musuh yang akan kamu hadapi disini sama dengan musuh di Cavern of Earth.  Pergi ke tangga di kanan bawah dan lawan Lich (HP:2800).  Setelah itu turuni tangga.

Di B2, musuh yang akan kamu hadapi disini sama dengan musuh di Mount Gulg.  Ambil Protect Ring, Sasuke’s Blade, Protect Cloak dan Megalixir.  Kemudian pergilah ke tangga dan kalahkan boss Marilith (HP:3200).  Setelah itu turuni tangga.

Di B3, yang akan kamu hadapi disini sama dengan musuh di Sunken Shrine.  Masuklah ke ruangan dikiri bawah dan teruskan berjalan sampai menemukan tangga di kanan bawah.  Lawan Kraken (HP:3600)

Di B4, yang akan kamu hadapi disini sama dengan musuh di Flyng Fortress.  Ambil pedang terkuat Masamune di ruangan kanan bawah, equipkan pada Knight atau Ninja.  Kembalilah dan pergi ke tangga di kanan atas.  Kalahkan boss Tiamat (HP:5500).

Di B5, masuklah ke ruangan tengah.  Kamu akan bertemu Garland yang dikuasai kebencian.  Lawan ia setelah ia berubah menjadi boss Chaos (HP: maaf saya lupa, mungkin ada yg bisa menambahkan).
Selamat anda sudah menamatkan main story Final Fantasy I. :)

Silahkan mencoba keempat dungeon tambahan Earthgift Shrine, Hellfire Chasm, Lifespring Grotto, dan Whisperwind Cove.

Untuk PSP masih ada 1 bonus dungeon lagi.

Daftar Key Item
1.   Lute                       : A sonorous instrument of great beauty.
2.   Crown                    : A crown that shimmers mysteriously.
3.   Crystal Eye              : A transparent orb of crystal.
4.   Jolt Tonic                : Serum to break even deepest sleep.
5.   Nitro Powder           : A powder of great explosive power.
6.   Star Ruby                : An enormous red jewel.
7.   Earth Rod                : A rod imbued with earth and nature.
8.   Canoe                     : A small boat for crossing lakes and rivers.
9.   Levistone                 : Mysterious rock that floats in the air.
10. Rat’s Tail                 : A token of valor and strength.
11. Bottled Faerie          : A bottle containing a faerie.
12. Oxyale                    : A strange liquid that gushes forth air.
13. Rosetta Stone          : A tablet inscribed with ancient writing.
14. Warp Cube              : A cube make of a multi-hued substance.
15. Chime                     : A dulcet chime of Lufenian origin.
16. Adamantite              : Legendary metal of renowned strength.
17. Battery Circuit         : Bridge for connecting battery and chip.
18. Energy Chip             : A robot’s power source.