Walkthrough Final Fantasy IV Bahasa Indonesia

Walkthrough ini berlaku untuk semua versi Final Fantasy 4 dibuat untuk menyelesaikan misi utama dalam permainan.

Catatan : Di game ini, seringkali ada jalan-jalan tak terlihat di dinding. Jadi rajin-rajinlah memeriksa untuk menemukan jalan rahasia tersebut. Selain itu, periksa tiap pot atau rak karena terkadang ada item di sana. Karena jumlah maksimal item dalam FFIV dibatasi, kalian bisa menyimpan kelebihan item kalian pada Fat Chocobo. Gunakan Gysahl pada tempat-tempat tertentu untuk memunculkannya, dan titipkan item-item kalian. Aku hanya akan menjelaskan cara mendapat harta di final dungeon saja.

Setelah bisa mengendalikan Cecil, temui Kain di ruang sebelah kanan, lalu jelajahi kastil. Jalan ke kanan, tekan saklar di dinding untuk membuka ruang berisi Ether1, Tent dan 480 gil. Pergilah ke menara kiri, di perjalanan kalian akan dipanggil Rosa. Lanjutkan lagi, kalian akan bertemu Cid. Pergi ke kamarmu di menara kiri dan tidur. Malamnya Rosa akan menemuimu. Paginya Kain akan menemanimu. Kalian bisa memasuki kota Baron, dan membeli item-item.

Di inn, periksa pedang di dinding untuk membuka ruang berisi Eyedrop, Tent dan EagleEye. Juga turunlah lewat saluran air menuju kolam di kanan bawah untuk mendapat HrGlass1 dan Tent. Jika sudah pergilah ke Mist Cave, gua di barat laut Baron. Sebelum keluar kalian akan dihadang Mist Dragon, pilih yes dan lawan ia. Serang ia saat ia memperlihatkan bentuk asli dan bertahan jika ia berubah jadi mist/kabut. Setelah mengalahkannya, keluar dari gua dan pergi ke Mist Village.

Di sini BombRing yang dibawa Cecil akan bereaksi dan membantai para penduduk. Temui Rydia, saat bertempur dengannya ia akan mencast summon Titan hingga kalian terlempar dan terpisah dari Kain. Pergilah ke Kaipo, kota di dekat danau di timur laut tempatmu semula. Mereka akan menginap di inn.

Malamnya anak buah Baron akan menyerang, lawan General dan 3 Soldier. Habisi dulu 2 Soldier, lalu bunuh General. Setelah itu baru habisi Soldier terakhir.Paginya jelajahi kota. (Catatan: di armor shop kalian bisa bertemu Namingway, ia bisa mengganti nama karaktermu. Ia juga akan muncul di berbagai tempat lain nantinya, kapanpun bertemu bicaralah dengannya jika ingin mengganti nama.) Pergi ke rumah di kanan atas, temui Rosa.

Ia tengah menderita desert fever, dan kalian perlu sand ruby untuk menyembuhkannya. Keluar dari kota. Tempatkan Rydia di back row, dan cari random encounter untuk sedikit meningkatkan levelnya. Pergi ke Water Cave, gua di utara dan bicaralah dengan Tellah(Sage), ia akan bergabung. (Catatan : di beberapa tempat kalian bisa turun dan berjalan lewat air. Ada sebuah ruangan di balik air terjun berisi ether 2, X-Potion dan life.)

Di tengah perjalan Tellah akan mengajarkan tentang save point, akan ada event. Esoknya lanjutkan sampai kalian keluar dari gua, pulihkan diri dulu di world map jika mau. Lalu masuki gua lain menuju Waterfall. Terjun ke bawah, ambil 2 equipment Hades untuk Cecil. Teruskan sampai tiba di area Lake, ambil Hades armor dan Hermes.

Terjun ke air dan jalan ke tempat boss, Octomamm. Serang ia dengan summon Chocobo, magic bolt dan serangan fisik Cecil. Setelah menang, lewati air terjun, kalian akan tiba di world map lagi. Sebelum mencapai Damycan, kalian akan melihat tempat ini tengah diserang oleh Red Wings. Masuki tempat ini dan lihat eventnya. Tellah akan pergi, sebagai gantinya Prince Edward akan bergabung.

Gunakan Hovercraft untuk pergi ke Antlion Cave di timur. Kalahkan Antlion untuk mendapat sand ruby.Kembali ke Kaipo dan berikan sand ruby pada Rosa. Malamnya Edward akan diserang oleh Water Hog, Anna akan muncul dan memberi semangat. Kalahkan makhluk ini. Paginya Rosa akan bergabung. Pergilah ke Mt. Hobs, gunung di utara Antlion Cave. Rydia akan menggunakan magic Fire untuk melelehkan es yang menghalangi.

Di sini kalian akan menemukan 2 pintu, masuki yang kiri jika kalian ingin mensave game. Lalu kembali dan masuki yang kanan. Jalan sampai Summit dan bantu Yang mengalahkan Mom Bomb. Ia akan pecah menjadi 3 Bomb dan 3 GreyBomb. Kini teruskan sampai kembali ke world map dan pergi ke Fabul di timur.

Jelajahi kastil ini untuk medapat item-item, beli juga equipment untuk Yang. Pulihkan diri, save game dulu, lalu temui King Fabul. Akan ada kabar tentang serangan Baron. Di pintu gerbang, kalian akan menghadpi serangkaian pertempuran, terus hingga kalian terdesak sampai ruang kristal. Kain akan muncul dan Cecil harus menghadapinya (kalian akan kalah). Berikutnya Golbez akan muncul dan membawa pergi kristal itu dan juga Rosa.

Temui King Fabul di menara timur, lalu tidur di inn. Esoknya raja akan memberimu Death Sword. Naiki kapal di pelabuhan, di perjalanan Leviathan akan muncul dan menelan kapal ke dalam pusaran. Cecil akan terpisah dari yang lain dan terdampar di dekat Mysidia. Pergi ke Mysidia dan bicara dengan Elder, ia akan menyuruhmu pergi ke Mt. Ordeals dan mengutus Palom dan Porom untuk membantumu.

Kalian bisa membeli equipment Paladin sebelum pergi (saat ini belum bisa dipakai, namun setelah Cecil menjadi Paladin nanti, ia tak bisa lagi menggunakan equipment Dark Knight), jangan lupa beli beberapa HiPotion. Kini pergi ke Mt Ordeals di timur, di sini kalian akan bertemu lagi dengan Tellah dan ia akan bergabung.

Tak jauh dari save point kalian akan dihadang Milon, serang ia dengan magic Fire. Setelah menang pulihkan diri dan save lagi. Balik posisimu, tempatkan Cecil di belakang dan para penyihir di front row. lanjutkan perjalanan, kalian akan menghadapi Milon dalam wujud barunya, MilonZ. Gunakan magic Fire2 Palom dan serangan fisik Cecil, sementara Tellah dan Porom sebagai healer.

Setelah menang, cek batu di kiri, kalian akan masuk ke sebuah ruangan. Cecil akan menerima Legend Sword dan berubah jadi Paladin. Setelah itu ia akan melawan sisi gelap dirinya/Dark Cecil, yakni Dark Knight. Bertahanlah dengan command parry, dan pulihkan diri dengan HiPotion jika HPmu rendah. Setelah beberapa turn pertempuran akan berakhir. Tellah juga akan mengingat semua magicnya termasuk Meteo.

Sayang kalian tak bisa menggunakannya karena MP maksimum Tellah hanya 90 sementara Meteo memerlukan 99 MP .Equipkan Paladin equipment jika kalian membelinya tadi. Lalu kembali ke Mysidia dan bicaralah dengan Elder. Setelah itu masuki bangunan di sana, ada teleporter (Devil Road) yang akan membawamu ke kota Baron. Pergi ke inn, di sini kalian akan melihat Yang dan 2 penjaga.

Kalahkan kedua penjaga, lalu hadapi Yang. Setelah pertempuran bicara lagi dengannya, ia akan sadar dan bergabung kembali. Keluar dari inn dan pergilah ke Weapon/Armor shop, gunakan Baron Key untuk membukanya. Beli equipment baru, setelah itu gunakan Baron Key untuk membuka pintu di bangunan di selatan rumah Cid. Lewati Waterway, kalian akan tiba di parit Baron Castle. Masuk lewat pintu di kiri bawah.

Kembalilah ke kamar Cecil jika ingin memulihkan HP/MP. Masuki ruangan utama, sebelum ruang tahta kalian akan bertemu Baigan. Lawan Baigan, Left Arm dan Right Arm. Serang ia dengan magic fire 2/3, Bio dan serangan fisik Cecil/Yang, sementara Porom menghealing karaktermu. Hati-hati karena ia bisa mencast wall yang akan mereflect magicmu.Kembali ke kamar Cecil dan pulihkan diri, lalu masuki ruang tahta.

Kalian akan bertemu raja palsu yang akan berubah jadi Cagnazzo. Ia akan menyerang dengan Wave, serangan berbasis air. Meski awalnya serangan ini menimbulkan damage besar, lama kelamaan serangannya akan melemah. Serang ia dengan magic Bolt2/3 dan Bio. Untuk Tellah, awalnya gunakan ia sebagai healer, setelah serangan Cagnazzo melemah baru ia ikut menyerang dengan magic Bolt3.

Usai pertempuran Cid akan muncul. Saat kembali Cagnazzo akan menggunakan kekuatan terakhirnya, dan kalian akan kehilangan Palom dan Porom. Cid akan membawamu ke Enterprise, airship barunya. Kain akan datang dan menyuruh Cecil mencari Earth Crystal untuk ditukar dengan Rosa. Dengan Enterprise, kalian bisa bebas menjelajah dunia. Berikut ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan :

1. Baron Castle
Pergi ke menara kanan dan turun ke basement, di tempat yang tadinya terhalang tenaga misterius kini bisa dilewati. Di sini kalian akan bertemu King Baron, ia akan menyuruhmu kembali kemari setelah pergi ke Land of Summons.

2. Mythril Village
Selain mendapat beberapa item, kalian bisa membeli beberapa equipment mythril di sini. Di tenggara tempat ini ada Adamant Grotto (hanya bisa dicapai dengan Hovercraft), di dalam ada seorang tail collector yang akan memberimu Adamant jika kalian memberinya rat tail.

3. Eblon Castle
Terletak di dekat Tower of Babil. Dapatkan beberapa item di sini. Ada 3 peti yang berisi monster, kalahkan untuk mendapat Sleep sword, Blood Spear dan AgApple.

Tujuan utama kalian adalah pergi ke Troia, kastil yang dikelilingi oleh hutan. Hanya ada tempat mendarat yang sangat sempit di sini. Masuki kastil dan bicara dengan 8 Cleric di sini, lalu temui Edward di menara kiri. Ia akan memberimu TwinHarp. Masuki kota dan beli equipment non logam, lalu keluar ke world map dan masuki Chocobo village di utara.

Di sini kalian bisa menggunakan Gisahl untuk memanggil Fat Chocobo dan menitipkan sebagian item kalian. Tangkap juga White Chocobo untuk memulihkan MP kalian. Lalu tangkap Black Chocobo dan terbangkan ke Magnetic Cave di timur.Sebelum memasuki gua, ganti equipment kalian dengan equipment non logam.

Jika kalian mengequip equipment logam, karakter itu tak bisa bergerak, dan jika semua karaktermu tak bisa bergerak, maka kalian akan game over! Masuki gua ini dan capai crystal room. Di sini hadapi Dark Elf, awalnya kalian akan kalah. Edward kemudian akan memainkan harpanya, TwinHarp akan bereaksi dan hal ini akan memusnahkan segel Dark Elf.

Ganti equipmentmu dengan equipment terbaik kalian (equipment logam kini bisa dipakai), equipkan juga Legend Sword pada Cecil. Gunakan serangan fisik Cecil, power Yang, sementara Tellah bertindak sebagai healer. Cid bertindak sebagai back up, sesekali menyerang atau menggunakan HiPotion.

Di tengah pertempuran ia akan berubah jadi Dark Dragon, terus serang ia terutama dengan serangan fisik Cecil. Setelah menang, ambil Earth Crystal dan kembali ke Troia Castle. Temui para Cleric, suara Kain akan terdengar dan menyuruhmu menyerahkan Earth Crystal. Naiki Enterprise, mereka akan mengikuti Kain menuju Tower of Zot.

Jelajahi tempat ini sambil mengambil item-item yang ada. Tiba di lantai 5, kalian bisa mensave game dan memulihkan HP/MP di ruangan pertama. Lanjutkan, kalian akan dihadang 3 Magus Sisters - Cindy, Mindy dan Sandy. Mereka akan mencast Wall pada karaktermu dan juga pada Cindy, lalu memantulkan magic pada karaktermu.

Fokuskan serangan pada Cindy, Tellah mencast bio pada karaktermu yang ada dalam status reflect (ini akan memantulkan magic pada musuh). Berikutnya serang Sandy, terakhir Mindy.Masuki pintu yang tadi mereka jaga, di sini mereka akan bertemu Golbez dan Kain. Tellah akan menghadapi Golbez sendirian dalam act battle, ia akan mencast Meteo.

Hal ini akan melukai Golbez dan juga melemahkan kontrolnya atas Kain, namun Tellah akan kehilangan nyawanya. Temui Kain, ia akan membawamu ke tempat Rosa, keduanya akan masuk timmu. Tinggalkan tempat ini, kalian akan dihadang Valvalis. Ia memiliki serangan Glare yang akan menimbulkan status petrify secara perlahan. Gunakan serangan fisik dan command jump, sementara Rosa menghealing.

Jika ia berubah jadi whirwind, serang ia dengan jump, sementara yang lain bertahan atau memulihkan diri.Usai pertempuran Rosa akan mencast Exit dan kalian akan tiba di kamar Cecil di Baron Castle. Kain akan memberimu Magma Key. Kini misimu adalah mencri sisa 4 Dark Crystal.Pergi ke Agard di Selatan Baron.

Gunakan Magma key pada sebuah sumur untuk membuka celah di gunung di utara kota. Gunakan Enterprise untuk turun ke Underworld lewat celah itu, di perjalanan mereka akan diserang Red Wings dan jatuh di dekat Dwarven Castle. Masuki kastil dan temui King Giott, Cid akan meninggalkan tim. Ikuti King Giott ke ruang kristal, di sini mereka akan dihadang 3 Cal dan 3 Brina.

Di tengah pertempuran mereka akan bergabung jadi Calbrina. Terus serang ia dengan serangan fisik, Jump dan Power. Golbez akan muncul, dan kalian harus melawannya. Ia akan mensummon Shadow yang akan menghabisi semua anggota tim kalian kecuali Cecil. Kemudian Rydia akan muncul dan mensummon Mist Dragon yang akan membunuh Shadow dalam sekali serang.

Setelah Rydia muncul, hidupkan rekan-rekanmu dan pulihkan HP mereka. Baru serang Golbez dengan serangan terkuat kalian. Setelah pertempuran Golbez akan lari sambil membawa kristal tersebut. Kini hanya tersisa 1 kristal yang harus dilindungi. Jelajahi kastil dan cari berbagai item. Beli juga equipment baru.

Di pub, ada jalan rahasia yang akan membawamu ke Developer room, di sini kalian bisa bertemu para staff Square yang terlibat dalam pembuatan game ini.Pergi ke sisi kiri kastil dan bicara dengan seorang Dwarf di dekat rak buku, ia akan membukakan pintu rahasia (di dekatnya ada seekor Fat Chocobo, gunakan Gysahl untuk memunculkannya).

Lewati jalan tersebut, sebelum keluar kalian bisa memulihkan HP/MP dengan memeriksa sebuah pot di dekat pintu keluar. Saat ini kalian bisa meningkatkan level dengan berkeliling di world map dan melawan musuh-musuh, lalu kembali dan memulihkan HP/MP dengan pot tersebut.Jalan ke barat laut menuju Tower of Babil.

Dapatkan beberapa item di sini. Beberapa peti berisi monster yang harus dikalahkan untuk mendpat item di dalamnya. Ada 2 save point di menara ini, yakni di lantai 4 dan lantai 7. Di lantai 5 ada sebuah pintu terkunci, biarkan dulu untuk saat ini. Naiklah sampai lantai 8, lawan Dr Lugae dan Balnab, lalu Balnab-Z. Terakhir lawan Lugaborg.

Gunakan serangan fisik Cecil dan Yang, jump Kain, dan summon Ramuh Rydia, sementara Rosa mengheaing karaktermu. Setelah menang kalian akan mendapat Tower Key.Kembali ke lantai 5 dan buka pintu terkunci tadi. Lawan 3 Dark Imp. Mereka akan merusak kontrol, namun Yang akan melemparkan karakter lain keluar ruangan dan mengorbankan diri untuk menghentikan kanon tersebut.

Tinggalkan tempat ini, Cid akan menjemputmu dengan Enterprise. Mereka akan dikejar Red Wings, dan kali ini giliran Cid yang mengorbankan diri. Pintu ke Underground kini telah tertutup, kembali ke Baron Castle dan bicara dengan anak buah Cid di menara timur, mereka akan memasang pengait pada Enterprise. Gunakan pengait tersebut untuk mengambil Hovercraft, dan turunkan di dekat Eblon Castle.

Lalu gunakan Hovercraft untuk ke Eblon Castle di barat. Di dalam kalian akan bertemu para penduduk Eblon. Masuki jalan menuju Tower of Babil, kalian akan melihat beberapa prajurit Eblon yang tergeletak. Teruskan sampai kalian melihat pertempuran Edge, pangeran dari Eblon dan Rubicant.

Usai event ia akan bergabung.Lanjutkan ke Tower of Babil. Di lantai 5 mereka akan bertemu dengan King dan Queen Eblon yang telah menjadi monster. Cukup bertahan, setelah beberapa lama mereka akan sadar. Berikutnya kalian akan melawan Rubicant, ia akan memulihkan kondisimu. Serang ia saat membuka jubahnya, gunakan magic ice, Shiva, juga Flood milik Edge.Setelah menang, teruskan ke ruangan kristal.

Di sini ada jebakan yang akan membawa kalian ke ruangan lain. Jalan sampai tiba di airship musuh (Falcon), gunakan untuk kembali ke Dwarven Castle. Bicaralah dengan King Giott, ia akan memberikan necklace milik Luca.

Pergi ke ruang perawatan di sebelah kiri kastil dan bicara dengan Cid, ia akan mengupgrade Falcon hingga bisa menyeberangi lahar.Singgahlah di Tomra, kota di barat daya Dwarven Castle, dan beli equipment baru di sini. Selain itu kalian juga bisa melakukan sub-quest :

Cave of Summons/Land of Summons
Terletak di barat laut Tomra. Cast magic float pada semua karakter, karena ada beberapa area di lantai yang bisa mengurangi HPmu saat kalian melintas. Cari item-item yang ada, terutama rat tail, dan gunakan sebuah teleport untuk tiba di Land of Summons. Beli equipment di sini, save dan pulihkan HP/MPmu.

Lalu pergi ke library(perpustakaan) dan turun ke basement sampai kalian tiba di ruangan dimana ada King of Summon Leviathan dan istrinya Ashura. Bicaralah dengan Ashura dan lawan ia. Cast Wall padanya agar semua magic cure 3 dan armor akan dipantulkan pada karaktermu. Serang dengan semua serangan terbaikmu kecuali magic.

Usai pertempuran ini Rydia akan menguasai summon Ashura.Pulihkan diri dan save di atas jika perlu, lalu kembali dan bicara dengan Leviathan. Lawan ia, serang dengan magic Bolt, serangan fisik dan jump Kain, sementara Rosa menghealing karaktermu.

Leviathan memiliki serangan bernama Big Wave, serangan berelemen air yang menyerang semua karaktermu. Setelah menang, Rydia akan menguasai summon Leviathan. Tinggalkan tempat ini.

Pergilah ke Sealed Cave, gua di barat laut Tomra. Di dalam kalian akan menemukan beberapa pintu, yang jika dibuka akan berubah jadi Trap door yang memiliki serangan bernama Dimension (instant death).

Ambil Dark Crystal di Crystal room, saat kembali kalian akan dihadang EvilWall. Cast slow, lalu serang dengan serangan fisik Cecil, jump Kain, shuriken, Blitz, summon Titan, Bolt 3, atau kalau ada summon Leviathan.

Jika kalian terlambat mengalahkannya, di tiap turn ia akan menggunakan crush untuk membunuh salah satu karaktermu.Setelah menang, keluarlah, di pintu keluar Golbez akan memerintahkan Kain untuk merampas kristal tersebut. Kini kembali ke Dwarven Castle.

Bicaralah dengan King Giott. Berikutnya Cid akan mengupgrade Falcon dengan bor. Kembalilah ke permukaan, dengan bor pada Falcon jalan ke permukaan akan terbuka. Kini kalian bisa melakukan 2 sub-quest lain :

1. Silvain Cave
Gua ini terletak di barat laut Underworld. Juga gunakan magic Float pada semua karaktermu, karena ada area di lantai yang bisa mengurangi HPmu saat kalian melintas. Tiba di kediaman para Sylphid, kalian akan melihat Yang. Bicaralah dengannya, lalu gunakan teleporter untuk keluar dari sini. Kini kembali ke Fabul Castle, bicara dengan istri Yang. Ia akan memberimu Pan. Kembali ke Silvain Cave dan gunakan Pan pada Yang. Yang akan sadar, dan Rydia akan menguasai summon Sylphid. Kembalikan Pan tadi pada istri Yang untuk mendapat Knife (gunakan dengan command throw Edge).

2. Excalibur Sword
Kembali ke permukaan, dan gunakan Hovercraft untuk mencapai gua di tenggara Mythril Village (Adamant Grotto). Berikan Rat Tail yang kalian dapatkan di Cave of Summons pada tail collector, ia akan memberimu Adamant. Kini kembali ke Underworld dan pergi ke Kokkol's Smithy di tenggara Underworld. Berikan Adamant tadi pada pandai besi di sana, ia akan mengupgrade Legend sword menjadi Excalibut (perlu beberapa waktu, jadi kembalilah ke sini nanti. Mungkin setelah kalian kembali dari bulan).

3. Summon Odin
Setelah mendapatkan Leviathan, kembali ke Baron Castle dan temui King Baron. Ia akan berubah jadi Odin, kalahkan ia sebelum ia mengeluarkan serangan Odin yang akan menghabisi semua karaktermu. Serang ia dengan serangan fisik, jump, Bolt3 dan Blitz, atau magic terkuat yang kalian punya. Setelah menang, Rydia akan menguasai summon Odin.

Pergilah ke Mysidia, ikuti event munculnya Lunar Whale. Keluar dari sini dan masuki Lunar Whale.Dengan Lunar Whale, kalian akan bisa mencapai bulan. Lunar Whale bisa digunakan untuk Pergi ke bulan atau kembali ke bumi, dan juga dapat dikendalikan sebagaimana airship lain. Untuk pergi ke bulan atau sebaliknya, periksa kristal di tengah.

Satu hal lagi, di Lunar Whale kalian bisa tidur gratis untuk memulihkan HP/MP dan menyimpan item kalian pada seekor Fat Chocobo. Sebelum menuju Crystal Palace, kalian bisa mengunjungi 2 tempat lebih dulu :

1. Cave of Bahamut
Cari area berbentuk segi delapan dengan gua di tengahnya. Di dalam gua ini kalian bisa mendapat beberapa equipment Genji. Juga di gua ini kalian kadang akan dihadang Behemoth, kalahkan untuk mendapat exp tinggi. Hati-hati karena ia bisa mengcounter magic kuat kalian dengan Storm attack yang akan menguras HP kalian.Di ujung gua kalian akan bertemu Bahamut, God of Summon.

Untuk mengalahkannya, gunakan Star/Moon Veil pada semua karakter kalian untuk menimbulkan status reflect, atau gunakan magic Wall Rosa. Ini akan mementalkan Mega Flare kembali ke Bahamut. Terus serang ia dengan serangan terkuat kalian, tiap kali ia mencast Mega Flare, serangan itu akan mengenai dirinya sendiri. Setelah menang, Rydia akan mengusai summon Bahamut.

2. Cave of Humingway
Tempat tinggal para Humingway. Kalian bisa membeli item-item langka seperti ether, elixir dan barang-barang langka lain. Kembali ke misi utama. Cari Lunar Path, gua di barat Cave of Bahamut. Lewat gua ini, tiba di luar masuki Lunar Path kedua di tenggara, lalu lanjutkan ke Crystal Palace. Pulihkan HP dan MP kalian, lalu temui FuSoYa.

Setelah ia bergabung, gunakan Lunar Whale untuk kembali ke bumi.Tiba di Bumi, mereka akan melihat kebangkitan Giant of Babil. Mereka akan masuk ke dalam tubuhnya. Jalan sampai Stairwell, mereka akan dihadang Four Fiends (Elements). Lawan pertama adalah MilonZ, serang dengan magic Fire, Flare atau Flame.

Musuh kedua adalah Rubycant, serang dengan magic Ice dan Flood. Berikutnya adalah Cagnazzo, serang dengan magic Bolt dan Blitz. Terakhir Valvalis, gunakan strategi yang sama. Namun hati-hati karena Valvalis bisa menggunakan Storm yang akan menguras HPmu.Pulihkan kondisi, lalu jalan ke bagian Core dan lawan CPU, Attacker dan Defender. Mula-mula hancurkan Defender (bola kecil sebelah bawah), lalu hancurkan CPU.

Setelah itu baru serang Attacker. Gunakan magic Bolt, Blitz dan serangan fisik. Jika kalian menghancurkan Attacker dan Defender lebih dulu, CPU akan menyerangmu dengan Globe99 (damage 9999!).Golbez akan datang, dan FuSoYa akan menyadarkannya. Setelah mereka pergi, Kain akan datang menyelamatkan Cecil cs, ia akan bergabung kembali. Usai event, mereka mmutuskan untuk kembali ke bulan.

Kalian bisa kembali ke bumi dan melakukan beberapa quest yang belum dilakukan atau melengkapi equipment kalian. Beli juga Shuriken/Fuma dan Yoichi dari Kokkol's Smithy.Di bulan, kalian bisa membeli item dari Humingway di Cave of Humingway (habiskan saja uangmu, karena kalian tak memerlukannya lagi). Lalu kembali ke Crystal Palace. Gunakan teleporter di tengah 8 kristal untuk mencapai Moon's Core (Lunar Subterrance).

Di area pertama, jalan menembus dinding di sebelah kanan lalu berputar ke kiri bawah layar, buka peti dan kalahkan monster untuk mendapat Ninja Suit. Setelah itu kembali, dan jalan ke kiri menembus dinding menuju ke sebuah teleporter di kiri bawah. Teruskan, kalahkan monster di peti untuk mendapat Sage Staff).

Gunakan teleporter di kiri pintu masuk, lanjutkan sampai kalian melihat seekor monster yang menjaga sebuah senjata. Gunakan Float pada semua karaktermu dan lawan White Dragon(HP 32700). Ia akan mencast Gaia Rage(quake), juga Storm yang akan menguras HPmu. Serang dengan serangan fisik, jump dan summon Bahamut. Setelah menang, kalian akan mendapat Murasame untuk Edge.

Kembali ke layar pertama, jalan ke bawah dan masuki pintu menuju B2. Tembus jalan rahasia dan ambil FireLash dan Dragon Shield. Masuki pintu berikut menuju B3, lewati jalan rahasia di kanan bawah untuk mendapat Dragon Helmet, Lalu ke kanan lewat jalan rahasia lain dan ambil Dragon Armor dan Dragon Gauntlet.

Kembali dan masuki pintu berikut mejuju B4.Jalan ke kanan dan ambil Artemis, lalu ke bawah dan ambil Elixir di gua sebelah kiri. Keluar dan jalan ke kanan, turuni tangga dan masuki pintu berikut. Ambil Blizzard dan X-Potion sebelum keluar dengan pintu lain. Di luar ada peti berisi monster, kalahkan untuk mendapat Stardust Rod.

Turun lewat tangga. Jalan ke kiri, kalahkan monster di peti untuk mendapat Crystal Shield. Masuki gua, lewati jalan rahasia di kanan dan ambil Protect Ring. Jalan lagi ke kanan keluar lewat pintu di bawah, kalahkan monster di peti untuk mendapat Crystal Mail. Kembali dan kini masuki pintu di atas. Jalan ke kanan, lawan monster di peti untuk mendapat Crystal Gauntlet.

Masuki gua di kiri, ambil White Robe di peti. Keluar menuju B5, lawan monster di peti untuk mendapat Crystal Helmet. Masuki gua di dekat tangga dan ambil Inferno.

Catatan : Di gua dimana kalian mendapat Inferno tadi, gunakan item Alert untuk melawan PinkPuff. Pinkpuff adalah monster yang sangat langka dan hanya ada di area ini, dengan menggunakan item Alert kalian pasti melawannya. Biasanya ia muncul berlima dan menggunakan command dance untuk membuat karaktermu berserk (pertarungan akan diwarnai berbagai background musik, termasuk musik Chocobo).

Kalahkan mereka, jika beruntung kalian akan mendapat PinkTail. Jika kalian mendapat item ini, berikan pada Tail Collector di Adamant Grotto untuk mendapat Adamant armor. Turun ke B6, ambil Artemis dan Fuma, juga Cabin. Turuni tangga di kiri, lewati jalan yang tak terlihat. Lalu gunakan sebuah teleporter yang tersembunyi di kanan atas.

Ambil AuApple di peti, dan gunakan teleporter di kanan. Di B5, lawan monster di peti untuk mendapat Protect Ring. Pulihkan diri dan save, lalu lanjutkan untuk melawan Wyvern(HP 60000). Ia akan mencast wall pada dirinya sendiri dan menyerangmu dengan MegaFlare. Serang ia dengan serangan fisik, jump dan summon Bahamut atau magic Meteo, sementara Rosa menghealing.

Setelah menang, kalian akan mendapat Ragnarook Sword. Kembali dan kini turun lewat tangga sebelah kanan. Masuki gua dan kalahkan monster untuk mendapat Minerva Cloth. Turun ke B7. Masuki gua pertama, pulihkan HP/MP dan save. Lalu masuki gua kedua, lawan Plague (HP 33333). Ia akan mencast Doom yang akan menimbulkan status death sentence.

Bunuh satu karaktermu, lalu hidupkan kembali sementara yang lain menyerang Plague dengan serangan fisik, jump, dan summon Bahamut. Jika kalian membunuh satu karakter lalu menghidupkannya, Plague akan mencast Doom lagi dan hitungan akan kembali ke 10. Terus serang ia, bunuh karaktermu sebelum hitungan habis dan hidupkan lagi agar ia mencast Doom lagi (hitungan akan kembali ke 10 lagi).

Lakukan terus hingga ia mati. Kalian akan mendapat HolyLance. Pulihkan diri di gua pertama, lalu masuki gua ketiga dan lawan 2 Lunasaur (HP 23000). Gunakan Haste pada Rosa dan biarkan ia terus menghealing karaktermu, sementara yang lain menyerang dengan serangan fisik, jump dan magic Meteo.

Jika Cecil mengequip Ragnarook, ini akan menimbulkan damage besar bagi mereka. Setelah menang, ambil Ribbon di kedua peti. Pulihkan diri lagi, lalu lanjutkan sampai kalian melihat seekor monster yang menjaga senjata terakhir. Lawan Opogopo (HP 51000), gunakan strategi yang sama dengan saat melawan Lunasaur. Setelah menang, Edge akan mendapat Masamune. Kembali ke gua pertama tadi untuk memulihkan diri dan save.

Kini lanjutkan perjalananmu, ambil semua harta yang tersisa, masuki teleport terakhir yang akan membawamu ke tempat Zemus. Lihat pertempuran FuSoYa dan Golbez dengan Zemus, ia akan bangkit lagi dan berubah jadi Zeromus.

Kini pertempuran terakhir, gunakan command steal Edge untuk mencuri Drkmatter. Setelah mendapat item itu, gunakan crystal pada Zeromus. Setelah Cecil menggunakan crystal, Zeromus akan menampakkan wujudnya dan mulai menyerang kalian.

Gunakan strategi berikut : Cecil menyerang dengan serangan fisik dan sesekali menghealing, Rosa terus menghealing dengan Cure 4, Kain menggunakan Jump, Rydia menyerang dengan summon Bahamut sementara Edge menggunakan command throw dan lempar semua senjatamu (Excalbur, Knife, Fuma, dll). Terus lakukan sampai ia mati. Ikuti endingnya.

Catatan : Zeromus adalah boss yang benar-benar kuat, boleh jadi ia adalah boss  terkuat di antara seri Final Fantasy klasik, Jika sial, ia akan menghabisi  kalian dalam beberapa turn saja! Sebaiknya kalian melawannya dengan level di atas 60.

Referensi :
allgamestories.win