Walkthrough Final Fantasy X Bahasa Indonesia

Walkthrough Final Fantasy X ini dibuat untuk semua versi Final Fantasy X, dibuat untuk menyelesaikan misi utama dan petunjuk utama untuk menyelesaikan permainan.

Catatan :
Istilah-istilah berikut sengaja tidak diterjemahkan agar tidak membuat bingung:
Chest: peti harta karun berisi item atau senjata
Save sphere: bola berwarna biru untuk menyimpan permainan
Cutscene : potongan cerita yang sering muncul di game
Pilar : sebuah batu yang dapat digeser, digunakan untuk meletakkan sphere, hanya ada di candi
Besaid sphere, Kilika sphere, dll: batu bersinar yang hanya bisa didapatkan di dalam candi, digunakan untuk memecahkan teka-teki
Overdrive : jurus hebat yang hanya bisa digunakan saat tanda overdrive sudah penuh
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Zanarkand
Saat kamu mulai memainkan karakter utama mulailah bergerak ke kerumunan orang dan dekati anak kecil disana. Disini kamu dapat mengganti nama karaktermu tapi sebaiknya jangan diganti, biarkan namanya Tidus. Kemudian bicara dengan dua orang perempuan di dekat anak tadi, akan ada cutscene. Saat di kerumunan masuklah ke stadion. Ikuti tanda merah di map akan ada Auron, kemudian ikuti Auron kamu akan mendapat pedang dan mulai bertarung dengan Sin Scale, Sinspawn, dan Sinspawn Ammes. Setelah pertarungan kamu akan melihat save sphere pergilah kesitu untuk menyimpan permainan dan mengembalikan darah. Kemudian pergilah ke pertarungan selanjutnya.

Tanker
Disini akan ada sinscale lagi serang sinscale beberapa kali, setelah itu Auron akan memberitahumu untuk menyerang tanker(tanki besar), serang tanki terus sampai jatuh. Setelah itu berenanglah kebawah dengan menekan O. Dekati jecht

Submerged Ruins    
Saat kamu bangun pergilah ke utara dan kamu akan terjun ke air, disana akan ada Sahagin, bunuh dia dan boss akan datang.

Boss: Geosgaeno
Boss ini akan menyerang dua setelah itu akan ada cutscene. Serangan boss ini hanya akan mengurangi 50% HP mu saat ini, jadi tenang saja kamu tidak akan mati. Setelah pertarungan selesai, berjalanlah menuju tanda hijau di map masuklah kesitu. Berjalanlah menuju ke pintu di dekat save sphere, masuklah ke pintu. Lalu ambil flint (batu api) disana lalu keluar. Prgi ke pintu lainnya pintu lainnya, Cari pot di dinding kamu akan dapat withered bouquet (kumpulan bunga layu) lalu masuk ke pintu lagi. Kembali lalu examine pada tumpukan kayu, akan ada cutscene.

Klikk
Di pertarungan ini ada kemungkinan kamu bisa kalah, jadi jika darahmu berada di bawah 200 sebaiknya gunakan potion. Seseorang dengan nama ???? akan datang membantu. Dia bisa mencuri barang dan menggunakannya untuk menyerang. Gunakan steal untuk mencuri kemudian use – grenade untuk mengebom musuh.

Bicaralah dengan Rikku untuk tutorial cara menggunakan sphere grid kemudian ajak bicara lagi untuk terjun ke laut. Gunakan tombol bulat untuk menyelam dan turun ke dasar laut. Masuklah ke dalam pintu di dasar laut dengan mengikuti tanda merah di peta. Jika kamu sudah masuk simpan permainan di save sphere, kemudian maju dan periksa panel Setelah itu ikuti tanda di peta, tekan tombol di tempat ini untuk masuk ke area selanjutnya. Di tempat ini ada panel, periksa panel tersebut lalu kembali, bersiaplah untuk melawan boss.

Boss: Tros
Untuk mengalahkannya cukup mudah. Serang boss menggunakan pedang untuk tidus. Dan (????) Rikku serang menggunakan bom. Jika boss berpindah tempat gunakan command stand by atau cukup tekan segitiga untuk bertahan. Setelah pertarungan selesai, kembalilah ke kapal.

Besaid Island
Pergi kumpulan orang akan ada cutscene, simpan permainanmu lalu ikuti wakka. Ikuti Wakka, Wakka akan terjun ke sungai. Setelah kamu berada di daratan ikuti tanda merah kamu akan menuju ke desa Besaid. Masuk ke candi akan ada cutscene. Setelah itu keluar dan masuk ke tenda sebelah kanan yang tengah akan ada Wakka, dia akan menanyakan sesuatu, jawab thanks. Setelah bangun, masuk ke candi, bicaralah pada Wakka akan ada cutscene, bersiaplah untuk teka-teki.

Cloister Of Trial
Disini ada teka-teki yang harus diselesaikan. Sentuh simbol di depan akan muncul glyph, kemudian sentuh Glyph maka pintu akan terbuka, masuk ke dalam lalu ambil Glyph Sphere. Taruh glyph sphere di pintu berikutnya, lalu pintu akan terbuka. Letakkan glyph sphere ke lubang di tembok, tembok akan terbuka lalu ambil destruction sphere disitu. Taruh destruction sphere di pilar, lalu sentu tulisan di tembok. Ambil lagi destruction sphere lalu taruh di tempat asal destruction sphere tsb. Ambil besaid sphere, taruh di pilar maka tembok akan berubah menjadi ruangan. Sekarang dorong pilar sampai menyetuh lantai yang berkedap-kedip. Akan ada cutscene

Setelah itu keluar dari candi. Saat berada di kerumunan berjalanlah menuju Yuna. Lalu bicara dengan Wakka, jawab yeah untuk tidur. Saat kamu bangun simpan permainan lalu keluar. Keluar dari desa lalu ikuti tanda merah, akan ada latihan bertarung. Dan akan melawan Khimari.

Khimari
Musuh ini mudah untuk dikalahkan serang saja sampai selesai dan jangan lupa untuk mengisi darah menggunakan potion jika darahmu tinggal sedikit. Setelah itu ikuti tanda merah lagi.

S.S. Liki
Bicara dengan Wakka dan Lulu. Kemudian bejalan menuju Yuna dengan kumpulan orang. Berjalan menuju ke ruangan dengan tangga kebawah, masuk kesitu. Disana akan ada Oaka, bicara dengan Oaka. Kembali menuju ke atas dan bicaralah dengan Wakka, lalu bicara dengan Yuna. Setelah cutscene selesai akan ada musuh.

Sin Fin
HP = 2,000
Sin Fin hanya bisa diserang dengan magic, special dan bola dari Wakka. Sedangkan Sinspawn dapat diserang dengan serangan biasa tapi jumlahnya tak terbatas, untuk menyelesaikan pertarungan ini kalian harus membunuh Sin Fin. Pastikan kamu menggunakan semua karakter agar level semua karaktermu bertambah. Gunakan Tidus Cheer 5 kali untuk memperkuat serangan. Lalu Serang Sin Fin sedikit demi sedikit menggunkan wakka dan magic dari Lulu tetaplah bertahan jangan sampai semua karaktermu mati dan gunakan potion/phoenix down bila perlu. Jangan lupa untuk mensummon Aeon jika kesulitan.

Sinspawn Echuilles
HP= 2000
Kamu hanya menggunakan Tidus dan Wakka disini, gunakan Wakka dark attack ke musuh agar bisa terhindar dari serangannya. Tetaplah menyerang sampai musuh mati.

Kilika Island
Saat kamu turun dari kapal simpanlah permainanmu lalu menuju ke utara kemudian ke kiri menuju area selanjutnya. Setelah bangun simpan permainanmu, tinggalkan penginapan, berjalan menuju ke kanan menuju area selanjutnya kemudian lurus terus dan temui Wakka. Berjalanlah lurus ke area selanjutnya, belok kiri lurus terus lalu belok kanan dan berjalanlah menuju area selanjutnya. Simpan permainanmu, lalu menuju temanmu akan ada cutscene. Disini ada 3 jalan lurus, ke kanan, atau ke kiri, sebaiknya lewat jalan kiri dan ikuti tanda merah. Saat kamu sampai di tangga simpan permainanmu, dan bersiaplah melawan boss.

Boss:  Sinspawn Geneaux
HP = 3,000
Kelemahan: Api
Menyerap elemen: Air
Geneaux Tentacles
HP = 450
Menyerap elemen: Air
(Sedikit saran dari saya jika kamu ingin mengetahui darah musuh dan kelemahannya kamu bisa memakai senjata dengan efek sensor atau menggunakan special scan). Boss ini memiliki dua tentakel, bossnya sendiri sedang dalam mode cangkang, sebaiknya kalian membunuh tentakelnya dulu. Setelah tentakel hancur, serang boss menggunakan serangan biasa dan magic api karena kelemahannya adalah api. Setelah darah Boss mencapai 2500 dia akan keluar dari cangkangnya. 

Jika kalian terkena efek racun gunakan item antidote atau magic esuna dari Yuna untuk menyembuhkan. Kamu bisa mensummon Aeon jika kesulitan dan menggunakan magic api. Setelah pertarungan selesai, naiki tangga dan masuk ke candi, bicara dengan Wakka kamu bisa memilih berdoa atau hanya melihat. Setelah kamu bertemu Dona pergilah ke tangga dan masuk ke dalam lift. Saat Kimari mendorongmu keluar, tunggu lift datang kemudian naiki lift. Akan ada teka-teki

Cloister of Trial
Ambil kilika sphere dari pilar dan taruh di lubang dekat pintu. Ambil lagi spherenya untuk membuka pintu. Di ruangan berikutnya taruh Kilika Sphere di tembok depan akan muncul glyph, kemudian ambil lagi kilika sphere nya dan taruh di tembok sebelah kiri. Sentuh glyph di tembok maka pintunya akan terbuka. Berjalan ke depan dan belok kanan lalu ambil kilika sphere, injak sinar yang berkedip-kedip di lantai maka pilar akan muncul, kembali ke belakang lalu taruh kilika sphere di tembok sebelah kanan kemudian ambil glyph sphere di pilar dan taruh di tembok kanan maka apinya akan padam dan tembok akan terbuka disitu ada destruction sphere. 

Ambil kilika sphere yang kamu taruh di belakang tadi lalu letakkan di dekat pintu paling depan. Ambil lagi spherenya maka pintuakan terbuka, masuk kesitu. Setelah cutscene, bicara dengan Lulu, lalu bicara dengan Wakka, lalu pergi ke belakang, Yuna akan datang dengan Aeon baru, Ifrit. Setelah keluar dari candi kembalilah ke kapal.

Baca Juga :

S.S. Winno
Saat kamu berada di kapal, keluarlah dari ruangan. Naiki tangga untuk bertemu Lulu dan Wakka, lakukan terus kira-kira 4 kalisampai cutscene nya hilang, setelah itu kembali lalu bicara dengan yuna, setelah itu dekati blitzball di lantai kapal akan ada cutscene. Setelah itu bicara dengan Yuna.

Luca
Saat turun dari kapal simpan permainanmu, lalu ikuti tanda merah. Kamu akan belajar cara memainkan blitzball, jika ingin melewatinya pilih opsi end tutorial. Setelah itu ikuti tanda merah. Setelah sampai di bar akan ada cutscene.
Ikuti tanda merah, jika kamu bertemu dengan Oaka di jalan bicaralah dengannya. Setelah sampai di kapal bersiaplah untuk melawan boss.

Boss: Oblizerator
HP = 6000
Kelemahan: petir
Gunakan command use the crane dari tidus, Lulu akan berbicara out of power (tidak ada listrik)  jadi gunakan magic thunder 3 kali pada crane agar bisa digerakkan. Gunakan cheer untuk menambah strengh dan defense lalu gunakan haste dari tidus ke Lulu bila. Setelah terkena thunder 3 kali gunakan command use crane, untuk menghilangkan bagian penting dari Boss dan memberikan demage yang sangat besar.

Ikuti tanda merah.saat di ruangan, bicara dengan Wakka, kamu akan menggantikannya bermain blitzball. Meskipun kamu kalah dalam blitzball tidak akan berpengaruh besar dalam permainan jadi tenang saja. Pengaruhnya jika menang akan mendapat strengh sphere dan akan ada cutscene mendapatkan piala. Setelah pertandingan selesai musuh akan datang, dan kamu juga akan mengendalikan Auron.

Mi'ihen Highroad
Pergi ke save sphere lalu sentuh, maka opsi blitzball akan muncul. Kamu dapat memainkan blitzball opsi ini. Ikuti tanda merah. Ada pendeta di sebelah kiri dekat patung ajak bicara pendeta tersebut, nanti akan ada cutscene prajurit menunggangi chocobo, setelah itu berjalan lurus kemudian belok kanan, bicara dengan wanita berbaju hijau bernama Lady Belgemine kamu akan diajak bertarung menggunakan aeon. (Sebaiknya jangan lewati wanita ini karena penting dalam permainan).

South Road
Ikuti tanda merah Sampai kamu tiba di toko Rin.

Rin’s Travel Agency
Ketika kamu berada di toko keluarlah akan ada cutscene. Seseorang di toko akan memberimu lv 1 key sphere lalu Rin akan memberimu Al Bhed Primer vol. VIII dan Mega Potion x2. Belilah item untuk persiapan melawan boss, setelah itu keluar dari toko.

Boss: Chocobo Eater
HP = 10,000
Weakness = Fire
Gunakan haste ke Auron, lalu gunakan Power Break dari Auron untuk melemahkan serangan musuh. Kemudian gunakan Dark Attack dari Wakka agar serangan musuh jadi miss. Berhati-hatilah derang serangan dorongannya, itu bisa membuatmu jatuh ke jurang. Gunakan cheer dari Tidus untuk menambah strengh dan defense. Untuk mendorongnya kebelakang serang dengan damage besar seperti overdrive sampai badannya terguling lalu serang lagi dengan dengan damage besar. Gunakan elemen api kelemahannya adalah api. Gunakan overdrive Ifrit untuk memberikan damage yang sangat besar. Setelah pertarungan selesai bicara dengan orang di dekat pintu,pilih opsi “let me ride one!” dia akan meminjami chocobo. Ikuti tanda merah.

Road Junction
Setelah sampai di tempat orang-orang berkumpul, turun dari chocobo lalu bicara dengan Dona. Setelah itu pergi ke kereta chocobo akan ada cutscene. Ikuti tanda merah kamu tidak akan diizinkan masuk, kembali ke belakang ada cutscene lagi.

Mushroom Rock Road
Ikuti terus tanda merah, jika kamu bertemu Oaka ajak bicara Oaka meskipun tidak membeli karena penting dalam permainan. Setelah kamu sampai di markas bicara dengan petugas, pilih opsi yes. Besiaplah untuk boss.

Boss: Sinspawn Gui
(Tubuh) HP = 12,000
(Kepala) HP = 4,000
(Lengan) HP = 800  
Boss ini memiliki empat bagian tubuh masing-masing memiliki HP sendiri. Untuk mengalahkannya kamu harus menghancurkan semua bagian tubuhnya. Kepalanya hanya dapat diserang menggunakan Wakka, magic, dan special. Gunakan cheer 5 kali (efek cheer hanya bertambah 5 kali, jika menngunakan lebih dari 5 maka cheer yang ke 6 tidak akan meningkatkan strenght dan defense, setiap menggunakan cheer strengh dan defense bertambah 1, jika 5 kali maka strenght dan defense bertambah 5)  dari Tidus untuk menambah strengh dan defense. 

Gunakan haste ke Auron. Gunakan Auron power break ke badannya, kamu akan tahu badannya dilindungi dengan lengan. Serang lengannya karena lengannya dapat digunakan untuk melindungi badannya, sebaiknya jangan serang badannya sebelum kedua lengannya hancur. Jika kepalanya bergerak cepat, serang menggunakan bola Wakka untuk membuatnya berhenti. Jika kesulitan kamu bisa summon aeon. Setelah boss mati akan ada cutscene dan bersiaplah melawan boss selanjutnya.

Boss: Sinspawn Gui(Tubuh) HP = 6,000
(Kepala) HP = 1,000
(Lengan) HP = 800  
Kali ini kamu dapat menggunakan seymour, gunakan magic seymour untuk membunuh kepalanya, kemudian serang badannya. Serangan magic dapat menembus pertahanan lengan. Setelah cutscene, simpan permainanmu lalu dekati Auron, dekati Auron lagi akan ada cutscene. Kemudian ikuti tanda merah.

Aftermath/ Djose Highroad
Ikuti terus tanda merah sampai kamu tiba di candi.

Djose Temple 
Masuk ke candi, di pintu akan ada orang yang menghalangi ajak bicara dan pilih opsi yes untuk masuk. Bersiaplah untuk teka-teki.
     
Cloister of Trials
Ambil djose sphere di tembok sebelah kiri lalu taruh di pintu, ambil djose sphere di tembok sebelah kanan lalu taruh di pintu, maka pintunya akan terbuka. Masuk ke dalam lalu ambil djose sphere yang sebelah kiri, lalu taruh di tembok paling kanan, ambil djose sphere yang satunya lagi lalu taruh di lubang yang masih kosong di tembok kanan. Akan muncul listrik di atasnya, dorong pilar yang ada spherenya menuju listrik tersebut, sphere nya akan menjadi lebih terang. Setelah itu injak lantai berkedip di tembok paling kiri. Ambil sphere dari pilar lalu taruh di tembok sebelah kanan, maka pintunya akan terbuka. 

Taruh kedua djose sphere ke pilar, lalu dorong pilar masuk ke pintu menuju ke listrik. Pilar akan mengambang. Jalan ke pilar kamu akan meloncati pilar, lalu dorong pilar di tembok untuk menyalakan simbol. Setelah itu injak lantai berkedip, ambil djose shere dari pilar taruh di kiri, ambil djose sphere dari pilar kemudian ke belakang dan taruh di tembok kiri. Kembali ke depan, ambil djose sphere yang lebih terang tadi di kanan, lalu ke belakang dan truh di tembok kanan. Setelah simbol menyala semua pilar akan berubah menjadi lift. Naiki lift, kemudian dorong lima pilar disini maka pintu akan terbuka dan pilar akan muncul. Masuk ke pintu.
Berjalan menuju Yuna, Dona akan muncul. Kembalilah ke pintu Yuna akan muncul. Setelah bangun masuklah ke candi, masuk ke pintu sebelah kiri lalu bicara dengan pelayan. Keluar dari candi. Kemudian lanjutkan perjalanan, keluar dari area candi. Setelah cutscene ikuti tanda merah.

Moonflow
Di jalan ada lady Belgemine kira-kira setelah bertemu saudara kimari, ajak bicara untuk bertarung Aeon kamu akan dapat summoner’s soul. Kemudian ikuti tanda merah. Saat kamu tiba di tempat shoopuf’s pergi ke ujung kiri akan ada cutscene. Setelah itu ajak bicara orang berwarna biru, pilih opsi “i’m ready! Let me on!” untuk naik ke shoopuf’s. Di tengah perjalanan akan ada boss.

Boss: Extractor
HP = 4,000
Kelemahan = petir
Kamu akan menggunakan Tidus dan Wakka. Boss ini lemah terhadap elemen petir gunakan senjata dengan elemen petir jika punya. Gunakan cheer 5 kali, lalu serang. Jika boss berpindah keatas, tekan segitiga untuk bertahan, boss akan menjatuhkan bom. Setelah sampai, lanjutkan perjalanan pergi menuju ke area selanjutnya, kemudian maju terus ke are selanjutnya, ikuti tanda merah kamu akan bertemu Rikku ikuti tanda merah terus.

Guadosalam
Masuk ke pintu merah di tengah, lalu naiki tangga sebelah kanan bicara dengan Lulu. Masuk pintu di bawah. Saat di ruang makan bicara dengan Auron, lalu bicara dengan Lulu setelah itu Seymour akan datang. Setelah cutscene keluar dari ruangan, lalu dekati teman-temanmu di depan pintu merah. Setelah itu pergi keatas dan masuk ke pintu paling atas.

Farplane
Jalan terus temui teman-temanmu. Setelah cutscene masuk ke farplane, dekati Wakka kamu akan melihat Wakka berbicara dengan saudaranya, lalu dekati Lulu, kemudian dekati Yuna. Setelah keluar dari Farplane pergi temui teman-temanmu di depan pintu merah, lalu bicara dengan Lulu 2 kali akan ada opsi kamu dapat memilih sesukamu. Setelah itu pergi ke terowongan di bawah sebelah kiri, akan ada cutscene, lalu pergi ke situ lagi untuk menuju area selanjutnya.

Thunder Plains
Kamu bisa menghindari petir dengan menekan tombol X atau berlindung di bawah menara. Ikuti tanda merah, di tengah jalan Rikku akan ketakutan dan mengajak untuk beristirahat dulu di toko. Masuk ke ruangan sebelah kanan akan ada cutscene. Setelah itu bicara dengan Rikku. Ikuti tanda merah.

Macalania Woods  
Saat kamu tiba di Macalania Woods, pilih jalan yang kiri, jalan terus menuju area selanjutnya. Tanda merah akan muncul ikuti tanda merah tsb. Teman Dona akan muncul dan sedang mencari Dona. Saat kamu bertemu Oaka ajak bicara beli item yang kamu butuhkan, dan bersiaplah melawan boss.

Boss: Spherimorph
HP = ~12.000 (imun terhadap sensor)
Boss ini imun terhadap sensor, jadi kamu tidak bisa melihat darahnya meskipun menggunakan senjata sensor. Boss ini dapat diracun, jika kamu punya item poison fang gunakan ke musuh menggunakan Rikku-use, ini akan sangat membantu karena damage yang dihasilkan racun cukup besar. Boss dapat menegeluarkan elemental shift yang artinya elemen serangannya berubah dan kelemahannya juga berubah, jika boss menggunakan elemen api maka jangan serang dengan api karena akan menambah darahnya, serang dengan elemen selain elemen yang digunakan Boss. 

Serangan boss bernama press dapat mengurangi 50% dari jumlah darahmu yang tersisa. Kamu bisa menggunakan overdrive Rikku dan campurkan item electro marble dengan lv. 1 key sphere, untuk mengeluarkan petir berkali-kali. Serangan senjata hanya menghasilkan damage yang sedikit untuk Boss ini, jadi kamu harus mengandalkan magic dari Lulu dan item Rikku. Setelah mengalahkan boss kamu akan dapat jecht’s sphere item ini tersebar di seluruh dunia seperti Al Bhed Primer kamu bisa mencarinya sendiri. Setelah itu kembali dan ikuti tanda merah, bicara dengan Oaka beli item secukupnya, masuk ke toko simpan permainanmu, lalu keluar kemudian lanjutkan ikuti tanda merah dan bersiaplah melawan boss.