Guide Batman Arena Of Valor, Ksatria Malam Yang Mematikan

Sejak kehadirannya, Batman menjadi favorit baru hero assassin di Arena Of Valor. Walau bisa didapatkan secara gratis di AoV Indonesia, bukan berarti Batman tidak memiliki kelebihan alias biasa saja.

Justru pahlawan dari Gotham City Ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya menjadi favorit sebagai assassin di AoV. Sosok superhero DC ini memiliki keistimewaan bisa menghilang serta memberikan physical damage yang sangat besar, dan menghabisi lawan seketika.

Untuk mencapai potensi maksimal sebagai assassin, Batman harus dipasangkan dengan item dan Arcana yang menambah physical attack dan attack speed. Berikut ini guide, build item, skill, tips dan cara menggunakan Batman.

Kisah Batman

Batman adalah sang Dark Knight dari Kota Gotham, dan merupakan identitas rahasia Bruce Wayne. Terlahir di keluarga kaya, dia mengalami trauma karena menyaksikan kematian tragis orang tuanya saat masih kecil. Inilah yang menjadi alasan bagi dirinya untuk bertarung memberantas kejahatan hingga ajal menjemputnya.

Selama sepuluh tahun, Batman berkelana keliling dunia, melatih raganya, mengasah tekadnya, dan terus menantang batas demi mempersiapkan diri menghadapi kejahatan. Setelah kerja keras selama bertahun-tahun, Batman memiliki kemampuan investigatif dan bertarung yang baik, yang menjadi bekal cukup bagi dirinya untuk menghadapi semua musuh.

Dalam perjalanannya membasmi pelaku kriminal, Batman terlibat dalam peperangan di sejumlah dunia paralel. Dan berkat pertarungan dengan sang pemimpin Undead, Zephys, Batman menyadari adanya keberadaan dunia Eiseno.

Zephys telah datang ke Bumi dengan sumber energi yang begitu besar, dan berniat menggunakannya untuk menghancurkan perlawanan dari Bumi, membangun kekuasaan di dunia yang baru, dan mempersiapkan sumber daya berlimpah menyambut peperangan di Eiseno.

Batman melacak Zephys hingga ke dunia yang jauh ini dan berencana untuk menghentikan terwujudnya rencana jahat Zephys, namun dia tak mampu mengalahkannya. Untung saja, nyawanya terselamatkan berkat kehadiran Van Helsing, yang sedang menginvestigasi rencana Zephys. Berkat bantuannya, Batman berhasil mengalahkan Zephys dan menggagalkan rencana jahatnya.

"Selamat datang di Eiseno, wahai orang asing dari dunia lain." Menyambut undangan Van, Batman memutuskan untuk tinggal dan mempelajari dunia sihir tempat dia berada, mengikuti Van kembali ke kastilnya.

Di sana, Thane memberinya sebuah fragmen Batu Andura, sebagai bentuk rasa terima kasih atas jasanya menghentikan Zephys. Saat menyentuh pecahan batu tersebut, Batman dihadapkan pada penglihatan yang buruk: Gotham City, dikelilingi oleh kobaran api. Hancur porak poranda, ribuan jiwa melarikan diri ketakutan, kota itu mendekati kehancurannya.

Batman pun bertanya-tanya, "Apakah itu nyata?” tak yakin dengan apa yang telah dilihatnya. Thane menggelengkan kepala, tatapan matanya terasa tenang dan dia pun menjelaskan, "Itu adalah masa depan yang akan menjadi kenyataan, jika kau mengabaikannya.

Apa yang sedang kau genggam di tanganmu merupakan sepotong Batu Andura. Benda itu memiliki kemampuan untuk menciptakan dan menghancurkan. Jika sampai jatuh ke tangan musuh kita, Eiseno akan benar-benar hancur. Begitu pula dengan rumahmu, tak peduli di manapun itu. Semua dunia tersambung satu sama lain.”

Batman memahami bahwa dia sedang menghadapi bahaya yang tak disangka-sangka. Dengan Kota Gotham dalam benaknya, dia bergegas memodifkasi semua persenjataan dan perlengkapan miliknya untuk disesuaikan dengan kondisi Eiseno dengan mengandalkan bantuan Lucius dan Alfred.

Batman sadar bahwa tak lama lagi dia akan dihadapkan dengan peperangan yang dipenuhi musuh misterius beserta kekuatan yang sulit dicerna akal. Namun masa lalu telah mengajarkan kita satu hal: jangan pernah meremehkan Batman.

Skill Batman

Skill Pasif: Knight Speed 
Skill pasif ini membuat Batman mendapatkan tambahan movement sebesar 20% ketika mendekati musuh.

Skill 1: Forearm Strike
Batman menggunakan pisau di tangannya untuk menyerang dan mengakibatkan physical damage ke musuh terdekat. Satu musuh acak akan mendapat damage ganda.

Skill 2: Batarang
Batman menembakkan Batarang dan mengakibatkan physical damage ke musuh dan mengurangi movement speed mereka. Tiga detik kemudian, 24% HP yang hilang akan diubah menjadi tambahan physical damage. Jika Batman mengenai target yang telah dikenai, dia akan men-stun target dan mendapat pemulihan HP.

Skill Ultimate: Dark Knight
Batman menggunakan segerombolan kelelawar untuk menyembunyikan dirinya dan menjadi tak terlihat setelah 1,5 detik. Efek ini akan bertahan sampai 30 detik. Status tak terlihat akan lenyap apabila Batman berada pada jarak tertentu dari musuh selama lebih dari 3 detik.

Jika skill ini digunakan lagi selama periode tersebut, senjata akan ditembakkan ke arah target dan mengakibatkan tambahan physical damage ke musuh di jalurnya. Setelah status tak terlihat hilang, attack speed akan meningkat sebesar 50% selama 5 detik.

Build Item

Untuk memaksimalkan potensi Batman sebagai assassin, kalian harus memasangkan item yang menambahkan physical attack dan attack speed. Berikut 6 item yang cocok untuk Batman.

Soulreaver
Item ini wajib dimiliki oleh Batman sebagai assassin yang melewati jalur hutan (jungler). Soulreaver menambahkan 25% attack speed dan 10% lifesteal, serta membuat Batman memiliki efek frostbite (dipasangkan dengan Talent Punish) yang memperlambat movement speed musuh.

Sonic Boots
Item ini diperlukan oleh Batman untuk menambah sustain ketika berhadapan dengan archer maupun warrior yang memiliki physical attack. Pengurangan physical damage yang diterima Batman sebesar 15% sekaligus tambahan movement speed 60 poin akan membuat dia memiliki ketahanan untuk menerobos barisan depan lawan untuk menghabisi barisan belakang lawan.

Spear of Longinus
Item berbentuk mata tombak ini sangat cocok dipasangkan dengan Batman. Tambahan 80 poin physical attack, 15% cooldown reduction sekaligus 150 physical defense semakin membuat Batman kuat bertarung di teamfight.

Fenrir's Tooth
Item ini membuat Batman memiliki physical damage maksimal. Tambahan 200 poin physical attack tentunya akan membuat HP musuh bocor dengan combo skill Batarang dan serangan normal dari Batman. Ditambah lagi dengan efek peningkatan damage ketika HP target berada di bawah 50%, Batman akan dengan mudah meratakan archer, mage serta support lawan!

Muramasa
Selain untuk menambahkan physical damage, item ini sangat berguna karena adanya pasif armor pierce yang mengabaikan physical defense musuh sebesar 45%. Muramasa juga dilengkapi dengan pasif Divine Intervention yang membuat Batman kebal damage selama beberapa saat dan meningkatkan movement speed sebesar 20%! Cocok untuk sosok assassin yang suka menerobos sekaligus menghabisi musuh.

Blitz Blade
Untuk penambahan physical attack sekaligus attack speed, item ini sangat cocok dipasangkan ke Batman. Tambahan 60 poin physical attack, 30% attack speed dan 8% movement speed akan menyokong Batman menjadi assassin yang berbahaya ketika menghilang dan muncul seketika.

Build Arcana
Untuk memaksimalkan potensi Batman sebagai Assassin yang memberikan physical damage yang besar ke musuh, kalian wajib memasangkan Batman dengan Arcana yang menambah physical attack. Nah berikut adalah Arcana yang cocok dipasangkan untuk Batman.

Runes of Strength: Sword
Arcana Sword sangat cocok mengisi Rune of Strength Batman. Dengan 10 Arcana ini, Batman akan mendapatkan tambahan dasar physical attack sebesar 32 poin. Tambahan angka physical attack yang sangat besar untuk awal pertarungan.

Runes of Support: Throne
Arcana Throne lebih cocok untuk Batman dibandingkan Arcana lainnya di deretan Rune of Support. Penambahan 5% critical rate dan 600 maksimum HP menjadi modal berharga untuk damage kejutan dan sustain tambahan bagi Batman.

Runes of Protection: Dragon's Claw
Untuk deretan Rune of Protection, Arcana Dragon's Claw menjadi pilihan yang tepat karena akan menambahkan 9 poin physical attack sekaligus 64 poin pengabaian physical defense dari lawan.

Itulah kombinasi item dan Arcana yang cocok untuk Batman. Ingat, ketika item dan Arcana ini sudah dipasangkan ke Batman, maksimalkan kemampuan menghilang dari ultimate Batman.

Manfaatkan movement speed yang tinggi serta physical damage yang besar untuk langsung memburu archer, mage lalu support lawan terlebih dahulu yang ada di barisan belakang, baru kemudian menghabisi barisan warrior dan tank.

Cara Menggunakan Batman

Buka serangan dengan menggunakan Batarang ke arah musuh, lalu dekati dan serang dengan normal attack secepat mungkin untuk memberikan efek physical damage tambahan, kemudian habisi dengan Forearm Strike.

Batman bisa memaksimalkan potensi gank dengan menggunakan ultimate, Dark knight. Karena tidak terdeteksi, Batman bisa tiba-tiba bergabung dalam fight dan menghabisi musuh. Tetap gunakan kombinasi Batarang - Normal Attack - Forearm Strike seperti di atas untuk menghabisi musuh.

Untuk memaksimalkan Batman sebagai assassin, pasangkan dengan item dan Arcana penunjang hero assassin.

Referensi :
duniagames.co.id
aov.garena.co.id