Walkthrough Final Fantasy XIII-2 Bahasa Indonesia

Walkthrough ini berlaku untuk semua seri Final Fantasy 13-2, dibuat untuk menyelesaikan misi utama dan tambahan.

Final Fantasy XIII, merupakan judul seri Final Fantasy pertama yang menjadikan ceritanya sebagai Trilogy game. Kali ini saya akan membagikan panduan memainkan bagian kedua FF13, Final Fantasy XIII-2.

Sinopsis
Cerita Final Fantasy XIII-2 merupakan lanjutan dari Final Fantasy XIII dan tidak berkaitan cerita dengan seri Final Fantasy lainnya. Dalam akhir XIII, tokoh utama Lightning berubah menjadi I'Cie (Servant fal'Cie yang diberikan kekuatan Magic dan Focus yang akan berakhir setelah batas waktunya).

Cerita XIII-2, dimulai tiga tahun setelah event XIII. Karena jatuhnya Cocoon dan jatuhnya pemerintahan (Sanctum), dimana penduduk Cocoon pindah dan mengungsi ke Gran Pulse. Sebuah organisasi sihir baru bernama Academy menjadi pemerintah baru.

Note: Ikuti tanda (!) yang akan menjadi petunjuk dimana kalian akan pergi. Panduan ini menggunakan mode normal, dan setting peta selalu ke utara. Lokasi item tidak disertakan, Happy Exploration.

Prologue
Valhalla - Year Unknown
Setelah cutscene yang lumayan panjang, lawan akan menggunakan auto-battle dengan Cinaematic Action. Lanjutkan terus dan kalian akan melawan Caius dalam Cinematic Action, dan setelahnya kalian akan menghadapi Chaos Bahamut.

Episode 1 - A World Without Cocoon
New Bodhum -003AF-
Item: Potion x3, Map of New Bodhum, Librascope, Phoenik Down, 300 Gil, Gysahl Green x2, Iron Bangle.

Kalian akan mulai mengendalikan Sarah, kelauar dari rumah dan menuju ketempat di tanda (!). Saat kalian menemukan Live Trigger (LT), pilihlah terserah kalian. Setelah event kalian akan bertemu dengan Noel, ikuti tutorial Moogle Clock di utara.

Hadapi pertarungan yang panjang. Jalan terus menuju utara hingga tiba di Winding Way. Bicaralah pada Noel untuk LT, lalu di perimpangan pertama ambil jalan barat hingga kalian bertemu Gadot. Lewatai jalan ke selatan sambil mengikuti karakter keduamu dan bertemu dengan Yuj. Lanjutkan terus hingga event muncul.

Boss: Gogmagog
HP: 4200
Boss ini cukup mudah, tapi harus tetap berhati-hati. Habisi dengan RAV hingga mencapai 120% untuk staggered. Jangan lupa untuk menggunkan potion bila diperlukan.

Setelah mengalahkannya, kalian akan mendapatkan Gogmagog Fragment's Alpha. Lanjutkan perjalanan hingga kalian tiba di Meteorite Impact Site, lalu periksa objek di tengah untuk memunculkan event. Besok paginya, bicaralah dengan Lebreau. Selanjtnya keluarlah dan menuju (!), lalu periksa (!) di pantai untuk mendapatkan Lightning's Knife. Kemudian bicara dengan Noel dan Lebreau. Jalan ke selatan hingga ke Mog yang bersinar terang.

Periksa kucing tersebut, dan saat ia melarikan diri, kejar terus hingga muncul tanda (!) baru. Teruskan mengejar dan periksa untuk event baru. Bicara pada anak-anak yang dikejar Mog, lalu kejar anak yang lari ke arah pegunungan, jawab terus hingga ia memberikan Snow's Necklace.

Pergilah menuju Town Square untuk event. Masuki NORA House dan periksa cermin di kamar Serah dan kalian akan mendapatkan Giant's Artefact. Keluar dari NORA house dan event, lalu pergilah menuju Meteorite Impact Site dimana kalian akan menghadapi boss.

Boss: Gogmagog
HP: 4200
Tidak ada yang berbeda. Cukup gunakan strategi yang sama dengan boss sebelumnya dan kalian akan dapat mengatasinya.

Setelah mengalahkannya kalian akan mendapatkan Gogmagog Fragment Beta. Chocobo akan muncul, tapi lupakan dulu untuk saat ini. Periksa Time Gate di tengah dan kemudian pilih "I'm ready." Setelah event selesai, kalian akan tiba di Historia Crux, pilih Bresha Ruins -005AF-.

Episode 2 - Invisible Invanders
Bresha Ruins -005AF-
Item: Black Belt, 350 Gil, 400 Gil, ['Leaving' Gate Seal], Potion x2, Mana Droplet x8, Gysahl Green x2, Orange Newsboy Cap, Phoenix Down, Power Droplet x8
Moogle Hunt: Rune Bracelet, Star Pendant, Librascope.

Boss: Paradox Alpha
HP: 4920
Akan ada beberapa kali Cinematic Action, dan bila kalian mengeksekusinya dengan baik, maka ini tak akan terlalu sulit. Ikuti Cinematic Action (→), lalu serang seperti biasa. Saat HP-nya telah tersisa 75%, akan ada Cinematic Action lagi (→, ↑, X/A). Lakukan dengan sempurna untuk menghasilkan Stagger, dan habisi.

Di akhir battle akan ada Cinematic Action lagi (🔺/Y [berulang kali]).
Setelah event, bicara dengan Noel dan prajurit di depannya. Bicara dengan wanita misterius yang muncul, lalu bicara lagi dengannya setelah event. Ikuti dia dan kalian akan mendapatkan Academy Communicator, serta Map of the Bresha Ruins.

Dari Excavation Site, jalan terus menuju utara hingga kalian tiba di Echoes of the Past. Pada battle pertama kalian akan mulai mempelajari tentang Monster Crystal. Di balkon pertama, jalan ke utara hingga muncul event, dan bicara dengan Noel. Saat kalian tiba di persimpangan berikutnya, ambil jalan ke barat melewati Gate.

Bicaralah dengan salah satu prajurit di dekat Gate. Mog akan bereaksi dan kalian akan mempelajari tentang Moogle Hunt, dan kalian akan mendapatkan Wild Artefact. Ambil jalan ke selatan di persimpangan berikutnya, dan terus ikuti jalan hingga muncul event.

Tetap ikuti jalan hingga muncul event Atlas. Jawab saja sesuka kalian, Jangan coba dulu untuk menghadapi Atlas dengan level kalian sekarang, karena ia akan menghabisi party kalian. Naik jalan menuju lorong di utara dan terus ikuti jalan hingga kalian bertemu dengan Chocolina. Mulai dari sini kalian dapat berbelanja melalui Chocolina yang tersebar di seluruh dunia.

Lanjutkan menuju utara, di persimpangan ambil jalan ke timur hingga tiba di tanda (!). Periksa mesin tersebut untuk event dan puzzle Temporal Rift pertamamu. Setelah mendapatkan Delicate Crystal Fragment, periksa mesin tersebut dan kembali menuju ke tempat Atlas untuk melawannya!

Boss: Atlas
HP: 156.000
Seperti battle melawan boss sebelumnya, lakukan kombinasi RAV/RAV/(dan kalau bisa juga Monster RAV) juga, akan sangat membantu mengaktifkan staggered. Hajar menggunakan COM untuk membantainya, yang akan diakhiri dengan rentetan Cinematic Action (→, O/B, →, X/A, →, X/A, →, X/A).

Setelah event kalian akan mendapatkan Atlas Fragment, periksa kuburan di Lamentable Rest. Gunakan Moogle Hunt di kedua (!) untuk Eclipse Artefact dan Reunion Artefact. Periksa Gate di tengah daerah ini dan gunakan Eclipse Artefact untuk kembali ke Historia Crux dan pergilah menuju Yaschas Massif -010AF-

Episode 3A - Prophecy of Hope
Yaschaf Massif -010AF-
Item: 500 GIL, Mana Silver x8, Mana Bolt x8, ['Scars' Gate Seal], Gyshal Green, 540 GIL, Remedy x3, Carbuncle Figurine, Serenity Sachet
Moogle Hunt: Metal Armband, Pearl Necklace, Warding talisman, Gysahl Green
Sehabis event, menuju utara dan bicara dengan Reseacher untuk menerima Map of Yaschaf Massif. Pergilah menuju arah tanda (!) melalui jalan di timur. Disini ada Faral Bahemoth yang berkeliaran, jangan sembarangan menghajarnya.

Kalau kamu menemuinya sebelum Mog Clock habis, kabur ketempat area yang terang. Di persimpangan, ambil jalan barat hingga kalian bertemu dengan Chocolina, lalu ikuti jalan hingga tiba di tujuan dan bicara dengan orang disana. Kalian akan menghadapi boss baru.

Boss: Aloeidai
HP: 52.990
Stagger hanya membutuhkan 150%, dan kalian dapat melakukan stagger dengan mudah. Namun boss ini akan sangat merepotkan, terutama bila kalian tidak menjaga HP karakter party. Jadi, jangan lupa sembuhkan dengan potion atau magic.
Setelah mengalahkannya kalian akan mendapatkan Aloeidai Fragment. Ikuti Hope dan bicara dengannya, kemudian berbicara dengan prajurit. Ikuti lagi dan bicara dengannya, kemudian akan ada pertanyaan dan pilih jawaban "Talk about this Ruin" untuk memulai cutscene. ikuti Hope dan bicaralah dengannya untuk membuka jalan. Ikuti event dan dapatkan Hollow Atefact. Lanjutkan menuju Gate di tanda (!) dan gunakan Hollow Artefact tadi untuk event selanjutnya. Masuki Oerba -200AF-.

Oerba -200AF-
Item: Gysahl Green x2, Power Wristband, Map of Oerba, ['Visions' Gate Seal], Magician's Mark, 550 GIL, Cie'th Tear x3, Librascope, 600 GIL, Power Bolt x10
Moggle Hunt: Hypnocrown
Saat di The Ashensand, pergilah ke arah (!) dan gunakan Moogle Hunt, lalu periksa. Kalian akan memasuki Temporal Rift untuk menyelesaikan Puzzle kedua kalian. Kalian akan mendapatkan Fragment Time Stardust. Saat ini tujuan kalian untuk kembali ke Village Proper. Sebelum persimpangan pertama, ada jalan kecil yang terlihat di peta, lompat ke sana. Jalan sedikit ke arah tenggara untuk menenmukan jalan.

Ikuti jalan hingga kalian bertemu dengan Chocolina, periksa jalan yang terputus untuk kembali ke Temporal Rift dan menyelesaikan puzzle untuk mendapatkan Fragment Time's Shell. Ikuti jalan hingga buntu dan gunakan Mog untuk memasuki Temporal Rift, dapatkan Fragment Time's Coral. Lalui ikuti jalan hingga kalian tiba di (!). Ikuti Noel hingga kalian tiba di Deserted Schoolhouse, naik dan periksa Oracle Dive, disana akan ada event dan Boss.

Boss: Caius Ballad
HP: 34.560
Sebenarnya ia tidak terlalu sukar, hanya saja ia cenderung suka menggunakan skill penyembuhan. Kalian dapat membuatnya staggered dan memudahkan battle. Tapi saat HP-nya hanya tersisa 50%, ia kemungkinan akan menggunakan Body and Soul untuk menyembuhkan HP-nya. Daripada kalian menghabiskan Potion, lebih baik ganti role kalian menjadi MED untuk Serah dan Noel.
Ambil Artefact of Origins dan lihat Event. keluar dari sini dan menuju ke Gte terdekat, gunakan Artefact of Time yang ditemukan menuju Yaschas Massif -01XAF-.

Yaschaf Massif -01XAF-
Item: ['Encounters' Gate Seal]
Moogle Hunt: 600 Gil
Dari The Pass of Paddra, naik ke atas dan bicara dengan Noel. Ikuti jalan menuju ke tempat Hope hingga ada event, kemudian bicara ke Noel. Kalian akan berada di The Paddrean Archaeopolis, pergilah ke tanda (!). Bicara dengan Hope dan keluar untuk event lagi. Lalu pergi ke tanda (!) dan gunakan Moogle Hunt untuk mengambil Mysterious Artefact. Pergilah menuju Time Gate kuning, lalu gunakan Mysterious Artefact yang akan berubah menjadi Illusionary Artefact.

The Void Beyond -Year Unknown-
Item: Map of the Void Beyond
Periksa aliran waktu dan pilih "Yes". Kemudian pergi ke Bresha Ruins 005AF-
Bresha Ruins -005AF-
Pergilah ke Gate di lorong sebelah timur Gate tempat kalian keluar dan gunakan Reunion Artefact di Gate. Lanjutkan menuju Sunleth Waterscape.

Episode 3B ~Oathbrand~
Sunleth Waterscape -300 AF-
Item: 625 Gil, Frost Ring, Zephyr Ring, 960 Gil, Vitality Droplet x9
Moogle Hunt: Unicorn Horn
Moogle Throw: Librascope, Mana Chip x8, Silver Bangle, Vitality Chip x7, Ember Ring, Spark Ring
Ikuti terus Serah hingga akhirnya ada event di Assembly Area. Kemudian kalian akan menghadapi boss.

Boss: Royal Ripeness
HP: 102.160
Kali ini Snow akan membantu kalian. Di awal battle akan ada Cinematic Action (Kotak ⬜/X). Seperti biasa, gunakan kombinasi RAV/RAV/RAV untuk cepat membuatnya stagger. Dia memilki kemampuan Revitalize yang mungkin akan membuat kalian kerepotan. Kemampuan ini akan membuatnya dapat melakukan penyembuhan, namun serangan kalian akan mengurangi HP-nya jauh lebih banyak. Di akhir, kalian akan melakukan Cinematic Action (↑, ⬛/X, ⬛/X (Berulang), O/B (Berulang), →).

Setelah event. bicara dengan Snow dan kalian akan mendapatkan Map of the Sunleth Waterscape, ikuti saja karakter kedua kalian hingga tiba di Undergrown Path. Periksa sulur yang di kejar Mog untuk kembali ke Assembly Area dan lanjutkan ke arah barat daya (hindari bos terlebih dahulu). Kalian akan tiba di tempat bernama Forest Crossroads. Lanjutkan menuju barat daya untuk mempelajari Moogle Throw.

Saat berjalan di monster, perhatikan sebelah timur jalan , akan ada Wild Artefact, ambilah. Naik ke atas, dan kalian akan tiba di Warpwood. Ikuti jalan ke arah timur dan naiki sulur hingga kalian akan tiba di Bow Isle. Ikuti jalan terus ke arah timur hingga sampai ke Bumpy Bough, dan lanjutkan hingga kalian tiba di Isle of Anboreal Embrace. Hajar semua Miniflan sampai kalian mendapatkan Combat Artefact. Lanjutkan ke tanda (!) untuk kembali ke Gate dan gunakan Combat Artefact untuk membuka Coliseum.

Coliseum -Year Unknown-
Moogle Hunt: Map of the Coliseum
Moogle Throw: Power Bolt x8, Power Droplet x9, Power Silver x7, Power Chip x6, Potent Chip x10
Pergi ke tengah arena dan ikuti event yang ada untuk mendapatkan Fragment White Hole Gem. Kemudian kembali ke Sunleth.

Sunleth Waterscape -300 AF-
Pergi menuju utara, di ujung persimpangan akan ada sulur yang bisa membawa kalian langsung ke Warpwood. Lewati Chocolina dan naiki hewan besar tersebut. Di Forest Crossroads, pergi ke timur melewati Chocolina kedua dan kalian akan tiba di Lush Woodland Path. Gunakan Moogle Hunt untuk membuka jalan hingga kalian tiba di Overgrown Forest. 

Ikuti jalan hingga kalian tiba di sekumpulan Miniflan, Hajar mereka untuk mendapat Thundering Artefact dan kemudian akan ada event. Sekarang pergilah menuju tanda (!) di utara dan gunkan artefact tadi untuk membuka Archylte Steppe.

The Archylte Steppe -Year Unknown-
Item: Grimoire Hat, 600 Gil, Potion x3, Remedy x2, Mana Droplet x8
Setelah Event, jalan terus ke utara hingga tiba di Nomad Camp, Disarankan kalian untuk tidak berkeliling di area ini, karena musuh-musuh di sini akan sangat menjengkelkan dengan level kalian sekarang. Bicara kepada Tipur di tanda (!) untuk mendapatkan Map of the Steppe, dimana kalian harus mencari Goblin di tengah area Plains of Eternity.

Kemudian kembalilah ke Nomad, bicara lagi dengan Tipur dan kemudian bicara kepada Myta di tempat tujuan berikutnya untuk misi Wooly Stone. Pergilah menuju padang rumput dan cari tiga domba yang memilki (...) di atasnya. Kalian akan menemukan Fluufy Wool. 

Kembali lagi ke tempat Tipur dan bicara kepada Hunter di sebelah mesin. Turunkan semua tuas, dan kalian bisa mengubah cuaca (yang akan mempengaruhi monster yang keluar)
↑↑ (Berawan)
↓↑ (Badai)
↑↓ (Hujan)
↓↓ (Cerah)
Ubah cuaca menjadi badai, lalu pergi ke Sanctorium di tanda (!), dan hadapi Boss.

Boss: Faeryl
HP: 108.120
Ia akan langsung mulai dengan mengeluarkan Megaton Charge, jadi ganti kombinasi kalian dengan SEN/SEN/MED. Kemudian lanjutkan dengan kombinasi RAV/RAV/RAV untuk membuatnya staggered di 150%, lanjutkan dengan kombinasi apapun yang memiliki MED. 

Saat ia mengeluarkan Megaton Charge lagi, gunakan lagi taktik di awal dan kalian akan menyelesaikannya. Kalian kemudian akan mendapatkan Black Hole Gem Fragment, lanjutkan kembali ke Gate menuju Sunleth Waterscape dan hadapi boss.

Boss: Mutantomato
HP: 49.520
Ia dapat distagger hanya dengan 250%, gunakan kombinasi COM/COM/COM untuk mengalahkanya dengan cepat. Perhatikan juga HP kalian.
Mutantomato Fragment akan kalian dapatkan. Selanjutnya ikuti event yang ada, pergi ke selatan dan ambil Mysterious Artefact menggunakan Moogle Hunt. Pergi menuju Gate untuk mendapatkan Restoration Artefact.

The Void Beyond -Year Unknwon-
Item: Potent Chip x6
Moogle Hunt: 800 Gil
Moogle Throw: ['Prediction' Gate Seal], ['The Calm' Gate Seal]
Lihat event yang mucul, lalu pergi ke Historia Crux menuju Academia -400 AF-.

Episode 4 ~Skyborne Paradise~
Mulai sekarang Serendipty sudah terbuka, tapi lupakan dulu untuk saat ini.

Academia -400 AF-
Item: Casino Ticket x3, ['Farewells' Gate Seal], Power Orb x8, Guardian Amulet, Watchman Amulet, Mark of the I'Cie, Auric Amulet, Kaiser Knuckles, Power Engine x8, Phoenix Down, 1050 Gil, 2000 Gil
Moogle Hunt: Phoenix Blood
Dari Gate, jalan menuju arah timur, periksa mesin didekat elevator dan naiki. Ikuti jalan ke utara hingga memicu event. Temui Chocolina untuk berbelanja dan lanjutkan ke arah timur. Habisi Koboldroid yang menjaga gerbang dan ikuti jalan hingga kalian menemui Fencer. Lanjutkan terus hingga tiba di tanda (!). Setelah event dan petarungan, periksa mesin di dekat elevator dan turun hingga tiba di Grand Avenue.

Di persimpangan, jalan terus ke barat hingga event. Jalan terus hingga sampai di Tower Bridge. Di persimpangan jalan terus ke arah barat, di persimpangan berikutnya ke utara. Periksa mesin dan naik ke atas. Di New Town, ikuti arah Caius yang terus menghilang. Habisi Fencer dan naik ke atas untuk sampai ke tanda (!). Habisi Cocypus untuk memulai event dan menghadapi boss.

Boss: Zenobia
HP: 209.920
Pertama-tama, habisi Vaballathusnya terlebih dahulu agar kalian bisa menyerangnya. Lalu serang dia menggunakan RAV hingga sampai 300% dan membuatnya Staggered, kemudian hajar habis-habisan. Di akhir akan ada Cinematic Action (↑, ← + O/B, → + O/B, →, X/A, berulang).

Setelah mendapatkan Zenobia Fragment dan Tower Artefact, lanjutkan pergi menuju tanda (!). Kembali ke Yaschas Massif -01 XAF-, gunakan Wild Artefact pada Time Gate biru disana. Kalian akan membuka Augusta Tower -300 AF-, masuk ke sana.

Augusta Tower -300 AF-
Item: Mana Silver x9, 800 Gil, Vitality Bolt x8
Moogle Hunt: Vitality Silver x6
Moogle Throw: Potion x2, Phoenix Down, Librascope
Periksa mesin ditengah untuk membuat jalan, kemudian periksa mesin di luar. Lewati bangunan untuk mencapai area terluar dan periksa mesin di depan bangunan sebelah barat daya sebanyak dua kali. Periksa mesin elevator di tengah untuk menuju ke 14th Floor. 

Periksa mesin di depan bangunan sebalah barat sebanyak dua kali. Masuki bangunan di barat daya dan periksa mesin di dalam sebanyak dua kali, kemudian periksa mesin di ujung untuk mencapai 15th Floor.

Lewati bangunan di barat daya, dan periksa mesin di depan bangunan tersebut sebanyak 3x untuk membuat jalan. Lalu periksa mesin di depan bangunan sebelah barat sebanyak dua kali, masuk ke dalam dan periksa komputer di dalam. Saat LT, pilih "1237172" untuk mendapatkan fragment Entropy Board dan Acess Key 50. Keluar ke Historia Crux melalui menu.

Augusta Tower -200AF-
Item: Remedy x2, 1500 Gil, Train Conductor Baret, Twist Headband, Librascope, Bloodguard, Platinum Casino Ticket, 1450 Gil, Vitality Orb x8, Magistral Crest, Mana Engine x8, Vitality Engine x8, Potion x3

Moogle Hunt: Gold Casino Ticket
Moogle Throw: ['Silence' Gate Seal], Phoenix Down, Sniper's Eye, Platinum Casino Ticket, 2000 Gil, Phoenix Blood

Periksa semua layar komputer untuk membuka jalan kalian. Jalan ke selatan dan masuki ruangan berikutnya. Periksa komputer dan masukkan password "9261", untuk mendapatkan Map of Augusta Tower. Pergilah menuju tanda (!), dan periksa mesin. Bicara dengan ??? dan periksa mesin untuk berbicara dengan Alyssa. Ikuti dia dan bicara padanya untuk event dan petarungan.

Usai event di 51st Floor, periksa mesin di tenggara dan barat daya untuk membuat jalan. Periksa mesin di timur sebanyak 3x, lalu ikuti jalan Periksa komputer di area (!) untuk mendapatkan Access Key 52. Kembali ke elevator dan periksa mesin menuju lantai 52. Masuki ruangan di barat daya, kemudian periksa mesin di tengah untuk memutarkan ruangan.

Jalan ke arah utara dan periksa ruangan di barat, kemudian periksa mesin di tengah dua kali. Keluar, periksa mesin sebanyak dua kali, masuk lagi dan tekan mesin 2x untuk dapat keluar. Jalan ke luar ruangan untuk mendapatkan Top Floor Access Key dan menuju elevator.

Setelah menghadapi Greater Behemoth, kalian akan tiba di Al Nucleus. Jalan ke arah Chocolina, kemudian ke atas untuk event dan petarungan boss.

Boss: Proto fal'Cie Adam
HP: 74.250 / 212.160
Yang harus kalian lakukan pertama adalah menghabisi Right dan Left Manipulatornya terlebih dahulu. Lalu buat dia staggered dan habisi boss. Kalian harus menghadapinya lagi, ikuti strategi yang sama seperti sebelumnya dan kemudian akan ada Cinematic Action (→, ↑, →, O/B, X/A (berulang), →, X/A (berulang)).

Saat muncul LT, pilih jawaban yang ada SELAIN "Scream at Hope" yang akan membuat kalian menghadapi Proto fal'Cie Adam lagi (74.250). Saat mucul LT lagi, kemudian baru pilih "Scream at Hope" untuk mengakhiri petarungan dan mendapatkan Proto fal'Cie Adam Fragment. Periksa mesin di tengah dan masuk ke Gate menuju Academia -4XXAF-.

Academia -4XXAF-
Item: Gold Gear, 1200 G, Gold Casino Ticket, Platinum Casino Ticket

Moogle Throw: ['Facts' Gate Seal]
Setelah event, jalan terus ke utara melewati escalator. Periksa mesin di tengah dan ikuti jalan lagi menuju Academia. Periksa pintu di ujung utara dan masuki Research Facility, kemudian bicara dengan Hope. Bicara dengan Alyssa sebanyak dua kali dan kemudian bicara dengan Receptionist di selatan. Mulailah berburu Graviton Cores!

New Bodhum -003AF-
Pergilah menuju Tidal Shadows (jaln pintas menuju desa dari Gate), lalu periksa pijakan yang terbuat dan besi berbentuk kotak, kemudian gunakan Moogle Hunt untuk mendapatkan Graviton Core Alpha.

Bresha Ruins -005AF-
Gunakan Chocobo dan terbang (tahan tombol untuk melompat) di area Echoes of the Past di sebelah timur yang tidak dapat kalian masuki. Gunakan Moogle Hunt untuk mendapatkan Graviton Core Beta.

Oerba -200AF-
Gunakan Chocobo menuju ke tempat Chocolina. Diatasnya kalian akan menemukan rumah, naiki jalan terdekat dan cari tempat yang bagus untuk terbang ke atapnya. Turun dan gunakan Moogle Hunt untuk mendapatkan Graviton Core Gamma.

Academia -400AF-
Jalan ke Chocolina terdekat dari Gate, lanjutkan dengan menuju ke utara sambil terus melompati elevator yang naik. Periksa menggunakan Moogle Hunt untuk mendapatkan Graviton Core Delta. Dari sini, pergi menuju selatan ke arah Gate biru dan gunakan Wild Artefact menuju Yaschas Massif -100AF-

Yschas Massif -100AF-
Item: [Blessed Blade]
Moogle Throw: ['Reminesence' Gate Seal]
Hiraukan orb merah tersebut, naiki Chocobo terdekat menuju The Pass of Paddra. Jalan terus ke arah selatan, dan dipersimpangan ambil jalan ke barat. Di persimpangan berikutnya terus jalan saja. Ikuti jalan hingga kalian tiba di retakan jalan, tetap pilih jalan barat dan turun. 

Cari menggunakan Moogle Hunt dan kalian akan mendapatkan Graviton Core Epsilon. Setelah kalian mendapatkan kelima Graviton Cores kembali menuju Academia.

Bicara dengan Alyssa sebanyak 3x untuk menyerahkan Fragment, dan kemudian bicara dengan Hope. Bicara lagi dengan Alyssa sebanyak 2x. Setelah kalian menerima Vagabond Artefact, bicara dengan Noel di dekat pintu. Pergi menuju Gate di Timur. Saat ada LT, pilih jawaban "I'am Ready."

Episode 5 ~Time Marches On~
The Void Beyond -Year Unknown-
Item: Librascope
Sebagai Serah, jalan hingga menemukan tanda (!). Bicara dengan Yeul untuk mendapatkan Fragment Etro's Sorrow. Cari Yeul lagi untuk Fragment Pulse's Resolution. Ikuti pola yang sama hingga kalian mendapatkan Fragment Lindzei's Desire, Mwynn's Tenderness, dan Bhunivelze's Sleep. Naik terus ke atas, kemudian bicara dengan Yeul untuk event, dan kalian akan menghadapi boss.

Boss: Caius Ballad
HP: 12.000
Tenang saja, kalian akan dapat memenangkan petarungan ini dengan CUKUP mudah, dengan syarat monster yang kalian bawa merupakan type MED. Jadi usahakan kalian memilikinya. Walaupun kalian dapat membuat dia stagger, tapi ia akan segera pulih kembali, jadi jangan buang-buang usaha kalian membuatnya stagger. 

Serang dengan serangan terkuat yang mengurangi banyak HP-nya.
Pergilah menuju NORA House untuk melihat event. Bicara dengan Lightning yang berada di pelabuhan, pilih jawaban "No". Pergi menuju ke tempat Gate seharusnya berada, dan kemudian bicara dengan Vanille. Ambil Fragment Fang's Crown di tenggara dan Fragment Vanille's Fruit di utara, lalu masuki spacetime distortion.

A Dying World -700AF-
Item: Power Essence x8, ['Promises' Gate Seal], White Cape, 1500 G, Pain Dampener, Obsidian Choker
Moogle Hunt: [Golden Chocobo], Vitality Essesnce x10
Moogle Throw: Phoenix Down
Jalan terus ke barat hingga muncul event, tetap ikuti Noel dan bicara dengan Caius. Ikuti Noel lagi hingga kalian tiba di The Farseer's Settlement. Ikuti saja jalan ke selatan, hingga muncul event selanjutnya. Kalian dapat menemukan Chocolina yang tersembunyi dan dapat kalian temukan dengan Moogle Hunt. Gunakan Moogle Hunt di semua bayangan merah hingga kalian menemukan Noel. 

Bicara dengan Yeul dan terus ikuti dia. Lanjutkan dengan mengikuti petarungan sangat mudah dengan Caius. Kembali ikuti Noel. dan setelah event, ikuti dia terus hingga otomatis kalian dibawa ke The Sandy Highlands. Kembali ikuti dia, akan ada sebuah event dan kalian tiba dalam petarungan Boss.

Boss: Gogmagog
HP: 146.400
Hajar terus boss ini dengan RAV hingga ia Staggered. Dia memiliki kemampuan yang sangat menyebalkan, saat ia menciptakan status debuff. Bila kalian tidak dapat melakukan serangan, segera sembuhkan dengan menggunakan Remedy dan hajar terus menggunakan COM hingga kalian mengalahkannya.

Kalian akan mendapatkan Gogmagog Fragment Gamma. Dari tempat kalian berada, pergi ke tempat cekungan di barat daya dari area ini dan gunakan Moogle Hunt untuk mendapatkan Golden Chocobo. Lanjutan perjalanan kalian kembali ke The Farseers' Relic dan kemudian periksa Oracle Drive. Bicara dengan Mog, lalu periksa Spacetime Distortion.

New Bodhum -700AF-
Moogle Hunt: [Phoenix Blood]
Jalan terus ke barat hingga kalian bisa berlari. Hiraukan saja spacetime distortion dan exsplorasi daerah pojok barat daya hingga Mog bereaksi. Gunakan Moogle Hunt, dan lempar dia untuk mendapatkan Fragment Laplacian Board. Di pojok timur starting point, terdapat Fragment Cartesian Board. Masuk kedalam spacetime distortion untuk event. Cari Artefact of the Ark yang muncul dan Fragment Hope's Message. Pergi menuju Gate, menuju Serendipty.

Serendipty
Item: Casino Ticket, ['The Fall' Gate Seal]
Mulai dari sini, pergi menuju Mystic di pojok kiri bawah untuk mendapatkan Fragment Skills. Aktifkan Anti-grav Jump yang akan sangat berguna di Episode terakhir. Kemudian pergi menuju Academia -500AF-.

The Last Episode ~Promised Eternity~
Academia -500AF-
Item: ['Determination' Gate Seal], Phoenix Down, Phoenix Blood, Map of Academia 500AF, Brawler's Wristband, Shaman's Mark, ['Sister' Gate Seal], Royal Amlet, ['Final Battle' Gate Seal]
Moogle Hunt: Elixir
Moogle Throw: Vitality Booster x7, Gold Bangle, Mana Essence x8
Jalan ke utara sambil melompati platform hingga kalian sampai di Chocolina. Jangan lupa membeli Izanami dan Vairadanda untuk senjata terkuat kalian saat ini. Lanjutkan menuju utara, loncati platform yang bergerak di barat hingga tiba di platform diam. Lompati platform bergerak yang berbentuk L di utara hingga kalian tiba di platform diam di barat. Jalan terus ke utara, jangan lupa memeriksa patung Cactuar. Lompati 3 platform hingga tiba di tanda (!).

Boss: Pacos Amethyst & Pacos Luvulite
HP: 250.400 & 250.400

Jangan serang keduanya bersamaan atau berganti-ganti. Fokuskan dulu serangan kalian ke salah satunya dan sisakan sedikit HP-nya. Karena bila salah satunya kalah, yang lain akan menghidupkannya lagi. Gunakan Wound Potion saat diperlukan dan ganti role menjadi MED bila kritis. Cara mengalahkan mereka dengan menghabisi mereka disaat nyaris bersamaan.

Kalian akan mendapatkan Amethyst dan Luvulite Fragment setelah mengalahkannya. Lanjutkan ke selatan, lompati platform berbentuk L yang bergerak di selatan (tunggu hingga membentuk jalan) hingga kalian tiba di platform diam berikutnya. Tunggu platform di timur bergerak dan lompati hingga tiba di platform dengan patung Cactuar. 

Tunggu hingga platform tangga di utara bergerak membentuk jalan dan lanjutkan ke utara melompati platform bergerak berbentuk L, hingga kalian tiba di platform diam paling timur yang terdapat patung Cactuar. Jalan ke utara dan ubah orb merah menjadi hijau.

Jalan ke selatan dan tunggu platform L di barat menghadap utara. Ikuti jalan hingga kalian tiba di tanda (!), dan ubah orb merah menjadi hijau. Naiki platform T di utara dan tunggu ia bergerak menghadap platform barat. Di platform ini, ubah orb merah menjadi hijau, lalu naiki lagi platform T di timur.

Tunggu hingga platform ini menghadap ke platform diam di timur dan pergi ke sana. Naiki platform tangga bergerak di timur hingga tiba di patung Cactuar. Naiki platform L di utara, kemudian langsung loncat di platform T di barat hingga tiba di platform tengah. Naiki platform T berikutnya di barat hingga bergerak ke platform L di barat. Ikuti jalan dan kalian akan tiba di (!).

Ubah orb hijau menjadi merah, naiki platform L di utara yang sekarang bergerak dan tunggu hingga platform T dibarat mendekat dan loncat. Kalau kalian kesulitan dalam menunggunya, kalian dapat menunggu di platform diam berbentuk kotak di sebelah platform L tersebut. Lompati platform diam di utara, kemudian ikuti jalan melewati 6 platform yang tersisa untuk tiba di tanda (!) dan lihat event.

Bila kalian masih merasa belum siap, lebih baik periksa terlebih dahulu patung Cactuar merah dan kalian dapat melakukan leveling up. Tapi bila kalian sudah siap, lanjutkan terus ke utara untuk Final kalian.

Belanjalah di Chocolina bila kalian perlu, lalu lanjutkan menuju tanda (!) terakhir dan memulai event serta menghadapi gelombang boss bertubu-tubi.

Boss: Chaos Bahamut
HP: 79.930
Boss ini sangat susah distagger saat ini. Serang saja terus hingga HP-nya tersisa 75% dan kalian akan mengakhiri petempuran, dilanjutkan menghadapi boss selanjutanya.

Boss: Caius Ballad
HP: 38.830
Cukup lakukan strategi yang sama seperti saat kalian menghadapi Caius sebelumnya. Maka kalian akan menyelesaikannya.

Boss: Caius Ballad
HP: 52.950
Kalian harus membuatnya staggered di 200%, lalu hajar terus menerus. Saat HP-nya tersisa 50%, dia akan menggunakan Body & Soul yang akan menyembuhkan HP-nya. Dilanjutkan dengan serangan Ultima, Giga-Gravition, dan Inferno yang akan sangat berbahaya. Saat ini terjadi, ganti role kalian menjadi MED secepatnya. Setelah selesai kalian akan menghadapi Final Boss.

FINAL BOSS #1: Garnet Bahamut, Amber Bahamut, dan Jet Bahamut
HP: 141.200, 141.200, dan 1.059.000

Fokuskan semua serangan kalian kepada Amber Bahamut terlebih dahulu, karena ia yang paling tenang. Dilanjutkan dengan menyerang Garnet Bahamut sebelum menuju petarungan berikutnya. Masing-masing dari mereka sebenarnya tidak sulit dilawan, karena mereka dapat dibuat staggered dengan hanya 300%. Setelah kalian menghabisi keduanya, Jet Bahamut akan langsung menyerang, dan hati-hati terhadap serangan Judgment Blade-nya yang akan cukup mengganggu.

Mulai dari sini, perhatikan baik-baik HP kalian dan anggota party. Jangan biarkan HP tiap karakter berada di bawah 50%. Buat staggered terlebih dahulu (300%), dan jangan beri ampun, serang terus-menerus. Saat HP-nya telah dibawah 50%, ada kemungkinan ia akan menghidupkan bahamut lainnya, bunuh terlebih dahulu. 

Perlu diingat, saat bahamut lainnya berhasil dibangkitkan, maka ia akan menyerang jauh lebih agresif dari sebelumnya, jadi hati-hatilah. Begitu kembali ke Jet Bahamut, ia akan melakukan Countdown dimulai dari 3. Langsung semua karakter party kalian karena ia akan mengeluarkan Gigaflare/ Teraflare yang sangat mematikan. Saat HP-nya telah turun di bawah 25%, ia akan kembali menghidupkan bahamut lainnya, ikuti pola yang sama maka kalian akan memenangkannya. FIN....!

Saksikan event akhir permainan dan selamat kalian telah menamatkan Final Fantasy XIII-2. Bila kalian belum puas, tenang saja kalian dapat memainkannya lagi dan mendapatkan 7 ENDING lainnya.

Referensi :
langkahgame.com