36 Rekomendasi Game MMORPG Online Android Terbaik 2019

Game Android saat ini sudah banyak genrenya. Mulai dari aksi, FPS, RPG, MOBA, TPS, Petualangan, Survival, bahkan ada juga game cerita seperti Walking Dead. Salah satau genre yang paling menarik adalah genre MMORPG yang merupakan pengembangan dari genre RPG. Dalam ganre MMORPG kamu bisa menjelajahi dunia di game lebih luas, bebas dan puas.

Kamu bisa menjelajahi dengan temanmu atau melawan NPC sendirian. Sama seperti game online lainnya, di genre ini ada pemain yang berjumlah jutaan yang kebanyakan merupakan pemain aktif. Para pemain aktif akan memainkan game MMORPG kesukaannya setiap hari, dan selalu rajin dalam menaikkan level atau memburu senjata dan kostum baru.

Kali ini Gamebekenz akan membahas 36 rekomendasi game MMORPG Android Online Terbaik dan juga Terbaru di tahun 2019. Apa sajakah game-game tersebut? Langsung saja kita simak berikut ini.

1. Aura Kingdom
Aura Kingdom sudah ada sejak lama di PC. Game ini sangat populer di steam dan menjadi langganan para fans game MMORPG. Game ini bertemakan mitologi dewa dewi dan fantasi. Kamu akan berperan sebagai seorang prajurit utusan yang diperintah Gaia sang dewi pencipta.

Tugasmu adalah bertarung melawan para penjahat kegelapan dan melindungi Azuria, yaitu dunia yang indah dalam game Aura Kingdom. Untuk mewujudkannya kamu perlu mengumpulkan Eidolon sebanyak mungkin.

2. Lineage II Revolution
Lineage adalah game bergrafis sangat bagus dan baru yang hadir di Android. Gameplay, story, dan menunya sangat mudah dipahami, cocok untuk kalian yang masih pertama kali memainkan game bergenre MMORPG. Selain itu senjata dan karakternya sungguh memukau. Gerakan bertarungnya yang bervariasi membuat siapa saja tak bosan-bosan memainkan Lineage II Revolution.

3. AxE: Allience Vs. Empire
AxE: Allience Vs. Empire menyuguhkan banyak fitur seperti yang ada dalam game MMORPG PC pada umumnya. Di game ini kamu akan menemukan cerita yang menarik, PVP, party, dan penelusuran dunia yang sangat luas.

4. Crown Four Kingdom
Crown Four Kingdoms menghadirkan 4 kelas awal yang terdiri dari Warrior, Assassin, Ranger, Archmage. Kelas-kelas ini nantinya bisa diupgrade menjadi lebih kuat seperti Paladin, Brawler, Hunter, Priest.

Game ini menceritakan tentang empat kerajaan yang saling bertempur, dan kamu bisa memilih salah satu kerajaan yang akan kamu mainkan.

5. Alchemia Story
Alchemia Story memiliki strategi pertarungan layaknya seri Final Fantasy. Startegi ini bernama active turn-based, dimana kamu bisa melakukan serangan secara otomatis hanya dengan menekan satu tombol. Selain itu ada banyak fitur pertarungan di game ini, seperti menggunakan skill, guard, magic dan fitur lain yang sangat berguna dalam pertarungan.

6. MU Origin II
Role di MU Origin II saat ini dibagi dalam tiga jenis, yaitu Swordsman, Mage, dan Archer. Update kedepannya akan menghadirkan role baru yang bisa kamu coba. Selain itu, game ini juga menyediakan banyak sekali dungeon yang bisa kamu taklukan; PVP dan perang antar server yang seru; serta kamu bisa memanfaatkan fitur Auto untuk menyelesaikan quest, farming item dan grinding level.

7. Laplace M
Laplace M memiliki sistem pertarungan yang lebih bebas dari game MMORPG biasanya. Ya, game ini memiliki sistem pertarungan hack and slash seperti seri game God of War dan Devil May Cry. Jadi kamu bisa menggunakan gerakan bertarung sebebas mungkin dan semuanya dapat kemu kendalikan secara manual. Kamu bisa menghasilkan banyak combo dengan fitur ini.

8. Rangers of Oblivion
Layaknya game Monster Hunter, kamu bisa berburu monster dalam Rangers of Oblivion. Selain itu kamu juga dapat melakukan PVP dengan pemain lain, mencari harta karun dan item, dan masih banyak lagi hal menarik yang bisa kamu rasakan di game ini.

9. Perfect World Mobile
Perfect World Mobile menghadirkan kisah legendaris Cina kuno dalam dunia Pangu bergrafis 3D yang menakjubkan. Sistem pergantian cuaca, siang malam, dan NPC nya membuat game ini semakin nyata. Perfect World juga memberikan fitur PVP dan PVE yang seru.

10. Ragnarok M: Eternal Love
Ragnarok M: Eternal Love merupakan salah satu seri game MMORPG Openworld buatan Korea yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Game ini kini hadir di Android dengan cerita yang epik. Ragnarok M: Eternal Love diadaptasi dari game PC Ragnarok Online tahun 2003.

Konsep cerita, grafis, dan gameplaynya mengingatkan kita kembali pada masa kejayaan game Ragnarok klasik di PC.

11. Legacy of Discord: Furious Wings
Tidak kalah bagus dengan Lineage, Legacy of Discord juga menjadi salah satu game bergenre MMORPG terbaik di Playstore.

Game ini menyuguhkan mode autoplay yang membuatmu bisa bertarung secara otomatis, selain itu kualitas grafisnya sangat indah dan mendetail, ditambah lagi efek serangan yang mengesankan akan membuat siapa saja tertarik untuk mencoba game ini.

Game buatan GTarcade dan Youzu Interactive ini menghadirkan tiga kelas yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, yaitu kelas Berseker, Bladeance, dan Sorceress..

15. Heroes of Incredible Tales (HIT)
Heroes of Incredible Tales (HIT) merupakan salah satu game MMORPG dengan grafis menakjubkan karena dibuat menggunakan Unreal Engine 4, tak diragukan lagi, grafisnya menyaingi game konsol kelas ats dan PC berspek tinggi. Semua serangan yang kamu lakukan akan terlihat nyata dan mendetail.

Game buatan Nexon ini memiliki salah satu fitur tambahan yang jarang ada di game MMORPG pada umumnya, yaitu fitur skill tree, yang membuat kamu bisa menentukan ke mana arah skillmu akan diupgrade.

Dengan kreatifitas, kamu bisa mengkombinasikan berbagai skill untuk menjadi palyer terkuat di Heroes of Incredible Tales (HIT).

16. Dungeon Hunter 5
Seperti nama judulnya Dungeon Hunter 5, kamu akan menjadi seorangan pemburu monster yang menelusuri dunia bawah tanah. Game ini merupakan lanjutan dari Dungeon Hunter 4 buatan Gameloft. Karena game ini buatan pengembang game paling terkenal di ponsel, maka tidka diragukan lagi grafis, gameplay dan desain karakternya.

Semuanya akan memuaskan. Tambahan fitur yang membedakan game ini dari seri game sebelumnya adalah fitur Stronghold. Dengan fitur ini, kamu bisa menghancurkan dungeon yang dibangun pemain lain atau sebaliknya membuat dungeon sendiri sekuat mungkin agar tidak bisa ditembus pemain lain. Fitur ini mirip PVP, namun dengan gaya bertempur yang berbeda.

17. Dragon Nest M
Mirip seperti Ragnarok M, Dragon Nest M juga dilengkapi dengan fitur auto attack dan auto quest. Yang membuatmu bisa menyerang dan menyelesaikan quest secara otomatis.

Dragon Nest M menyediakan banyak sekali quest yang tidak ada habisnya. Game buatan Shanda Games telah ada sejak dulu di PC, dan cukup sukses, sekarang telah hadir di Android dengan petualangan yang lebih seru.

Layaknya versi PC terdahulu, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih salah satu dari enam kelas karakter, yang meliputi assasins, warrior, cleric, archer, academic, dan sorceress.

18. Order and Chaos Online 2: 3D MMO RPG
Order and Chaos Online 2 adalah lanjutan dari seri game Order and Chaos Online yang sangat terkenal di playstore. Dalam game ini kamu akan diberi pilihan untuk memilih salah satu ras, diantaranya yaitu ras Mage, Ranger, Blood Knight, Warrior, dan Monk dengan kelebihan yang berbeda-beda.

Order and Chaos Online 2 juga menghadirkan map yang luar biasa besar, agar para pemainnya tidak bosan-bosan menelusuri dunianya. Kamu juga diberi kesempatan mengisi lima slot karakter sehingga kamu bisa mencoba karakter yang memiliki keunikan tersendiri.

19. World of Prandis
World of Prandis menyediakan enam kelas role yang memiliki kealhliannya sendiri-sendiri, seperti  role Warrior, Paladin, Hunter, Assassin, Mage, atau Warlock. Game ini juga menyediakan fitur real time combat yang membuat gameplaynya lebih mudah dan epik. Game ini direkomendasikan bagi siapa saja penggemar genre MMORPG online.

World of Prandis menghadirkan mode PVP dan battleground layaknya PUBG. Dengan jumlah player 1-5 orang. Salah satu fitur lain yang menarik dari game ini adalah Flying Mounts, yang membuat bisa terbang bebas menjelajahi map.

20. School Of Chaos Online
School Of Chaos Online adalah game MMORPG yang unik dan beda dari yang lain. Di game ini kamu bisa buat questmu sendiri, menguasai teknik bertarung baru, mengganti penampilan karakter sesuai keinginan, dan bahkan kamu bisa bergabung dengan klan.

Dalam School Of Chaos Online, level tidak akan berpengaruh terhadap skill player, darah, energi dan strengh. Semuanya harus kamu upgrade sendiri.

Kisah game ini mirip sekali dengan Crow Zero dimana kamu sebagai anak sekolah bertarung melawan anak sekolah lain.

21. Arcane Legends
Arcane Legends merupakan game MMORPG yang sudah terkenal sejak lama di Android. Meskipun gameplaynya bisa dibilang stadar, namun tetap saja game ini menjadi salah satu game MMORPG terbaik di Android.

Kamu akan disuguhkan dengan tiga karakter keren, yaitu Warrior, Mage, dan Assassin. Hal unik dari game ini adalah fitur binatang peliharaan, yang akan membantumu saat bertarung.

22. Crusaders Of Light
Tidak kalah hebat dari Lineage 2: Revolution, Crusaders Of Light juga menghadirkan fitur PvP dengan jumlah pemain yang cukup banyak, yaitu 40 vs 40. Grafis dan tampilannya mirip sekali dengan game global yaitu World of Warcraft.

Quest yang disediakan juga sangat melimpah, dijamin kamu tidak akan bosa dalam menyelesaikannya. Grafisnya yang juga memanjakan mata akan membuat kalian betah berlama-lama memainkan game ini.

23. AVABEL Online
Dibuat oleh Asobimo yang sudah menjadi pengembang terkenal, AVABEL Online RPG sudah menjadi langganan para gamer MMORPG Android yang dilengkapi dengan tampilan grafis 3D yang memukau.

 AVABEL sebenarnya mirip dengan game Order & Chaos. Dimana di awal game, kamu akan memkustomisasi karakter. Kemudian kamu akan mulai terjun ke area pertempuran dan membasmi para musuh yang datang. Kamu akan terus menghabisi musuh sambil menaikkan levelmu.

Kamu juga bisa bertarung dengan pemain lain di mode PvP saat kamu bosan melawan monster. Kontrolnya juga mudah dikendalikan, ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan, seperti melompat, menggelinding, menyerang , dll.

24. Toram Online
Lagi-lagi Asabimo membuat game MMORPG yang gak kalah seru dari game sebelumnya. Toram Online, menjadi salah satu game ciptaan Asabimo yang gak kalah booming seperti AVABEL.

Game android ini memiliki karakter dengan gaya anime yang keren dan indah. RPG Toram Online merupakan perpaduan antara genre MMO dan JRPG. Tak heran kamu akan menemukan wajah anime di game ini. Kontrol game ini pun cukup mudah, kamu  akan melakukan tap tombol ke musuh dan melakukan looting item atau gold yang dijatuhkan lawan.

25. Order & Chaos Online 
Game ini merupakan salah satu game sukses buatan Gameloft. Ratingnya yang tinggi membuat Order & Chaos Online banyak diminti para gamers Android.

Seperti game MMORPG pada umumnya, game ini menceritakan pertempuran antar kubu untuk memperebutkan sesuatu yang berharga. Dengan efek 3D nya yang realistis, kamu akan takjub saat memainkannya.

26. Rucoy Online
Tidak seperti game MMORPG pada umumnya yang bergrafis mendetail, Rucoy Online menghadirkan grafis pixel sederhana yang mirip seperti Flappy Bird. Tugasmu adalah melawan sebanyak mungkin monster bersama player lain.

Fiturnya yang cukup banyak membuat game ini banyak digandrungi pemain game Android, fiturnya antara lain PvP, kustomisasi karakter, chatting, dan masih banyak lagi. Ratingnya juga tinggi, yaitu mencapai 4.6.

27. Celtic Heroes 3D MMO
Game ini sudah hadir sejak lama di smartphone iOS. Setelah diadaptasi ke Android, banyak gamer antusias untuk memainakan game buatan developer One Thumb Mobile ini. Sesuai namanya 3D MMO Celtic Heroes menghadirkan grafis 3D dengan detail tinggi. Terdapat lima kelas yang bisa kamu pilih, antara lain Mage, Druid, Rogue, Warrior, dan Ranger.

Fitur kustomisasi tampilan karakternya sangat banyak, kamu bisa dengan bebas mengatur tipe wajah, kulit, hingga memilih rambut, pakaian, dan masih banyak lagi. Game ini juga dilengkapi dengan virtual joystick yang mudah dikendalikan, selain itu ada juga fitur auto-attack yang bisa membuatmu menyerang secara otomatis.

28. RPG Aurcus Online
Sekali lagi Asobimo membuat game MMORPG keren berjudul RPG Aurcus Online. Asobimo sebelumnya telah membuat game epik seperti Toram dan AVABEL.

Di game Aurcus Online ini, kamu akan melakukan petualangan dan aksi pertempuran tiada batas melawan berbagai jenis musuh. Dengan rating 4.5 dan review yang kebanyakan positif di Google Play Store, game ini patut kamu coba.

29. Crasher 
Crasher merupakan MMORPG Android dengan grafis 3D yang menggoda, yang menceritakan kehidupan kerajaan. Kamu akan disuruh memilih 4 karakter dengan kemampuan dan tampilan yang berbeda. Ada tiga fitur menarik di game ini.

Pertama yaitu fitur party yang membuatmu bisa mengundang player lain untuk mengalahkan boss bersama. Kedua yaitu fitur pet yang berwujud peri, yang bertugas menemanimu selama penjelajahan.

Dan yang terakhir fitur Mining yang merupakan aktivitas menambang, yang membuatmu bisa mendapat reward berupa Exp, Hold, dan Equipment.

30. Warspear Online 
Warspear Online adalah game MMORPG dengan grafis 2D dan memiliki konsep gameplay bergaya klasik. Meskipun klasik, namun game buatan AIGRID ini pernah mendapatkan penghargaan bergangsi, yaitu “Best MMORPG Game” pada tahun 2015 lalu yang diberikan oleh BEST APP EVER AWARDS.

Warspear Online memiliki lebih dari 1500 misi yang seru untuk diselesaikan. Kamu juga dapat bergabung dengan guild dan mengikuti turnamen melawan pemain dari seluruh dunia.

31. FlyFF Legacy
FlyFF (Fly For Fun) merupakan game yang menghadirkan dunia fantasi dengan grafis 3D serta karakter bergaya anime. Game ini sebelumnya sudah ada di PC dan kini telah berhasil diadaptasi di Android dan iOS dengan gameplay yang lebih seru tentunya.

Tiga kelas yang disediakan dalam game ini antara lain kelas Mercenary, Acrobat, dan Magician. Game ini seringkali memunculkan sapu terbang di ceritanya yang menarik. Fly For Fun juga memberikan fitur auto finding quest yang membuatmu bisa menemukan quest secara langsung di map Madrigal yang sangat luas.

32. A Valiant Story
A Valiant Story dikembangkan oleh Gameview untuk IOS dan Android. Game ini memiliki grafis 3D MMORPG dengan lingkungan yang indah. Seperti game MMORPG pada umumnya, kamu akan bisa bebas bereksplorasi dan mengatur gaya pertarunganmu sendiri.

Ada juga fitur marriage system yang membuatmu bisa menikah dengan player lain yang berbeda gender, dan nantinya kamu akan mendapat banyak imbalan setelah menikah, seperti kostum eksklusif dan dungeon eksklusif.

A Valiant Story meskipun tidak dalam mode auto, hanya dengan menekan perintah attack, maka karakter yang kamu pakai akan secara otomatis menyerang musuh terdekat. Sedangkan jika dalam mode auto, karaktermu akan bergerak sambil menyerang dengan skill yang kamu miliki.

33. RO: Idle Poring
Jika ada nama Ragnarok, pasti yang terlintas di para gamer adalah game MMORPG klasik terbaik di masa lalu. Untuk mengulang kejayaan game Ragnarok di tahun 2000-an, akhirnya game ini dirilis di Android dan IOS dengan judul RO : Idle Poring.

Saat memainkannya, kamu akan diajak mengenang game ini di masa lalu, seperti lagu sountracknya, desain map, class, pet sampai sistem pertarungan yang dihadirkan akan mengingatkanmu kembali pada Ragnarok klasik. Meskipun game ini klasik namun dengan sedikit polesan dan perubahan, RO : Idle Poring menjadi game yang kekinian, dengan menampilkan grafis yang indah dan fitur baru bernama Pet Exploration.

Game ini menawarkan sistem bernama non-stop level up system yang membuatmu bisa menaikkan level karakter meskipun kamu sedang tidur. Sistem pertarungannya juga sangat mudah, karaktermu dapat bergerak dan menyerang secara otomatis.

34. Sword Art Online: Integral Factor
SAO Intergral Factor menawarkan sistem auto finding quest yang membuatmu bisa menemulan quest secara otomatis. Kamu tinggal menekan tombol quest dan karaktermu akan segera bergerak menuju quest yang kamu pilih. Untuk battlenya masih bergaya realtime, sehingga kamu perlu menekan beberapa tombol untuk menemukan quest yang kamu inginkan.

Cerita game ini sangat original, dan diadaptasi dari season pertama seri animenya. Kamu akan berperan sebagai Beta Tester yang ditemani rekanmu bernama Koharu. Kamu terjebak di dalam game SAO, dan untuk bisa bebas, kamu harus menyelesaikan 100 lantai di Aincrad.

Meskipun ceritanya orisinal, kamu masih dapat menemukan karakter dari versi anime Sword Art Online, seperti Kirito, Asuna, dan Silica. Grafis game ini memiliki tampilan 3D yang menarik dan indah.

35. Black Desert Mobile
Kalian pasti sudah tidak asing dengan Black Desert Mobile, game ini adalah game buatan Pearl Abyss yang terkenal di PC dan kini bisa kamu mainkan juga di Android dan IOS (Meskipun versiglobalnya tak kunjung dirilis). Dalam game ini, kamu dapat memilih karakter dari berbagai job class, seperti Warrior, Ranger, Valkyrie, Witch, dan Giant.

Dunianya dibagi dalam tiga wilayah, yaitu Balenos, Serendia, dan Calpheon. Battle sistem game ini terdiri atas kombo dan gerakan yang atraktif, selain itu efek dan tampilannya akan membuatmu terpukau.

Seperti game MMORPG pada umumnya, Black Desert Mobile menawarkan berbagai macam quest menantang. Setiap questnya akan membeikan Exp, item bahkan senjata langka. Game ini juga menyediakan sistem pertarungan auto attack yang membuatmu bisa bertarung lebih mudah dan cepat.

36. Durango Wild Lands
Durango Wild Lands memakan waktu lima setengah tahun dalam pembuatannya. Karena waktunya yang cukup lama, game ini pun memiliki kualitas gameplay yang sangat bagus dan berhasil menyedot perhatian para gamer di 152 negara, dan telah mencapai 2.800.000 unduhan pada versi betanya. Nexon selaku pengambang game, berharap dengan prestasi tersebut Durango : Wild Lands dapat bertahan sampai 10 tahun kedepan.

Game Android dengan ganre sandbox MMORPG ini memiliki banyak fitur yang dapat menghibur para pemainnya. Fiturnya antara lain seperti berburu dinosaurus, memperlajari berbagai jenis skill, pertarungan antar klan, yang diharapkan mampu menghubungkan player dari seluruh dunia dalam game Durango Wild Lands ini.

Yang unik dari game ini adalah kamu tidak bisa memainkannya dengan individu sehingga harus bergantung pada anggota clanmu. Setiap job class memiliki tugas tersendiri yang harus dilakukan. Contohnya, kamu mengambil job Builder, maka untuk urusan senjata dan makanan, kamu cukup duduk manis dan membiarkan anggota clan mu mencarikan semuanya untukmu.

Nah itu tadi 36 Rekomendasi Game MMORPG Android Terbaik 2019 yang harus kamu coba. dari semuanya, manakah game MMORPG yang jadi favoritmu? Jangan lupa like fans page Gamebekenz untuk bisa mengikuti terus informasi terbaru dari Gamebekenz. Selamat mencoba.

0 komentar