Berikut 5 Hal yang Paling Ditakuti Orang Tua Jika Anak Kecanduan Game

Pernah nggak sih orang tua kalian marah-marah karena kalian keasyikan main game? Apalagi kalau orang tua kalian sampai tahu kalian mau jadi gamer profesional, pasti bakalan makin menjadi-menjadi marahnya. 

By the way, sebenarnya mereka kayak gitu karena ada hal yang selalu ‘menghantui’ mereka lho, makanya itu mereka jadi punya rasa takut yang luar biasa kalau tahu anaknya doyan banget main game.

Padahal sebenarnya sih,ketakutan mereka ini harusnya nggak perlu sampai sebegitunya, karena main game itu nggak jelek-jelek amat kok, punya manfaat juga. Cuma yang namanya udah takut duluan jadinya begitu deh, semuanya jadi terkesan agak ‘lebay’.

Untuk itu saya mau kasih tahu kalian hal-hal yang menjadi ketakutan para orang tua kalau anaknya keasyikan main game. 

Semoga nantinya, informasi ini nggak bikin kamu penasaran lagi kalau orang tua kalian suka marah-marah sama kalian yang keranjingan main game. Ini dia beberapa hal tersebut.

1. Masa Depan Suram

Bagi orang tua, anak yang keasyikan main game akan banyak melupakan segala aktivitasnya dan bisa membuat prestasi belajarnya menurun. 

Nah kalau sudah begini, orang tua punya ketakutan sendiri untuk masa depan sang anak. Mereka ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, karena mereka tidak ingin anaknya punya masa depan suram.

2. Anti Sosial

Orang yang sudah maniak game pasti lebih senang menghabiskan waktunya dengan menyendiri dan memilih menghabiskan waktu bermain game. Saat itu yang terjadi, orang tua punya ketakutan sendiri kalau nanti anaknya akan menjadi anak yang anti sosial. Artinya, tidak suka bergaul dengan orang lain dan susah untuk berbaur dengan masyarakat.

Baca Juga :


3. Mengganggu Pikiran

Kalian yang sudah keasyikan game pasti maunya main game terus dong, kalau sudah begini pasti pikiran kalian terganggu. Lagi sekolah maunya main game, lagi belajar kepikiran game terus. 

Nah hal-hal seperti ini yang ditakuti oleh orang tua. Sehingga pikiran kalian menjadi terganggu dan menjadi tidak fokus pada dunia nyata kalian yang seharusnya didahulukan.

4. Jadi anarkis

Jika orangtua kalian suka menanyakan game apa yang kalian mainkan, itu tandanya orang tua kalian takut sama hal yang satu ini. Mereka takut kalian menjadi terpengaruh dengan game yang kamu mainkan. 

Apalagi jenis game yang banyak menampilkan adegan kekerasan, mereka tidak ingin anaknya menjadi seorang yang anarkis dan merugikan banyak orang. Sehingga sering sekali ketakutan ini menjadi dominan di pikiran orang tua.

5. Ketergantungan

Di antara kalian siapa yang kalau nggak main game sehari saja rasanya seperti tidak nyaman dan hidup kalian ada yang kurang? Kalau ini yang terjadi, kamu sudah dalam kategori ketergantungan. 

Dan hal inilah yang ditakuti orang tua kalian, dampaknya kalian akan melupakan kehidupan dunia nyata dibandingkan kehidupan dalam dunia game. Bahkan banyak orang tua yang memiliki anak kecanduan game, mereka sampai melakukan rehabilitasi untuk anaknya.

Itulah beberapa hal yang menjadi ketakutan para orang tua buat anak yang kecanduan game. Sebenarnya ketakutan tersebut bisa dihilangkan dari pikiran orang tua kalian, kalau kalian sebagai gamer mau bermain game dengan disiplin dan tahu batasan. 

Nah, sekarang tugas kalian lah sebagai gamer, menunjukkan ke orang tua kalau gamer itu tidak seburuk yang dipikirkan oleh banyak orang.

Referensi :
duniagames.co.id