Guide Rafaela, Malaikat Penyembuh Pembawa Kemenangan

Rafaela adalah salah satu support dalam Mobile Legends. Dia dulunya sering digunakan sebelum Estes dirilis, tapi itu tidak berarti bahwa dia lebih buruk dari Estes. Dia memiliki skill area penyembuhan dengan CD rendah yang juga meningkatkan kecepatan gerakanmu.

Selain itu dia juga memiliki Crowd Control yang baik. Dan yang terakhir dia mudah digunakan dan dipelajari, menjadikannya support yang sempurna jika kamu baru pertama kali menggunakan hero support. Berikut ini kita akan bahas guide, build item, skill, tips dan cara menggunakan Rafaela.

Kisah Rafaela
Rafaela adalah seorang wanita yang berasal dari ras malaikat. Dari sosoknya sudah terlihat bawah dia merupakan malaikat pengasih dan penyayang yang mempunyai tugas mulia untuk menyelamatkan umat manusia. Layaknya seorang Malaikat, Rafaela mempunyai kemampuan yang unik. Dia dapat menyembuhkan segala penyakit dengan kekuatannya.

Kekuatan penyembuhan Rafaela begitu hebat. Bahkan dikatakan bahwa hanya dengan memunculkan diri saja di suatu tempat maka semua rasa sakit di tempat tersebut akan tiba-tiba lenyap. Semua luka menjadi sembuh dan aura kejahatan akan sirna seperti matahari yang muncul di tengah badai yang reda.

Pada suatu hari, Rafaela merasakan kegaduhan di Land of Dawn. Dirinya pun memutuskan untuk turun ke tempat itu. Dia hadir ke Land of Dawn untuk mengusir segala kekuatan jahat yang menyelimuti tempat itu.

Dengan segenap kekuatan dan kebaikan Rafaela, banyak orang berharap kedamaian akan hadir di Land of Dawn. Rafela pun menjadi harapan semua orang agar kegelapan yang menyelimuti berganti dengan cahaya putih penuh kedamaian di Land of Dawn.

Itu dia guys kisah singkat Rafaela. Ternyata dia memiliki tugas mulia untuk mendamaikan Land of Dawn. Kemampuannya sebagai penyembuh akan sangat bermanfaat di negeri yang dilanda peperangan

Skill Rafaela :
Skill Pasif Rafaela : Heaven's Blessing
Skill Pasif Rafaela ini memungkinkan untuk memberikan efek Slow selama 1.5 detik untuk setiap skill yang Rafaela berikan. Terdapat juga penambahan movements speed selama 1 detik saat mengaktifkan skill 2.

Skill 1 Rafaela : Light of Retribution
Rafaela akan mengeluarkan Holy Light yang memiliki 250/290/330/370/410/450 magic damage ke 3 musuh terdekat.

Skill 2 Rafaela : Holy Healing
Rafaela akan memberikan darah (healing) seabanyak 370/410/450/490/530/570 HP ke dirinya sendiri dan sebanyak 90/100/110/120/130/140 HP ke anggota tim terdekatnya.

Skill Ultimate Rafaela : Holy Baptism
Dengan menggunakan kekuatan suci, Rafaela akan mengeluarkan serangan lurus dan menghasilkan 460/560/660 magic damage serta efek stun selama 1.5 detik.

Item :
Dalam Mobile legends, support biasanya membangun item kekuatan sihir penuh, begitu juga Rafaela, kamu akan membutuhkan banyak item pengurangan cooldown untuk bisa menyembuhkan dan menyerang musuh sebanyak mungkin.

Item Utama :
Magic Shoes
+ 10% Cooldown Reduction.
Efek Unik: +40 Kecepatan Gerakan
Ini adalah sepatu yang kamu butuhkan untuk mengurangi CD

Enchanted Talisman
+55 Magic Power. +400 HP. +25 Mana Regen + 20% Cooldown Reduction.
Efek Pasif Mana Spring: saat membunuh atau membantu akan memberikan regens 20% dari HP hero dalam 5 detik.
Kamu akan menghabiskan banyak mana, jadi ini adalah item pertama yang harus kamu dapatkan.

Blood Wings
+150 Magic Power.
Efek Passive Covenant: Menambahkan 2 HP untuk setiap 1 poin kekuatan sihir yang ditambahkan.
Item ini berguna untuk bertahan lebih lama, karena kamu tidak tanky saat pertempuran jadi item ini akan membuatmu lebih kuat.
Item Situasional :
Holy Crystal
+90 Magic Power.
Efek Unik + 25% Magic Power
Efek Pasif, Exterminate: Setelah skill mencapai target, magic attack akan segera meningkat 15%. Kerusakan skill selanjutnya akan menghentikan efek ini. Efek ini bisa bertahan hingga 3 detik dengan cooldown 10 detik.
Item ini bagus untuk meningkatkan kerusakan dan penyembuhan. Saya sangat merekomendasikannya.

Frost
+75 magic power +15 Mana Regen + 7% Movement Speed.
Efek Pasif Freeze Skills yang merusak hero musuh akan memberikan efek slow 10%. Efek ini bertahan selama 3 detik dan bisa menumpuk sampai 3 kali.
Item ini meningkatkan skill pasifmu dan membuatmu menjadi ancaman nyata bagi musuh.

Courage Bulwark
+770 HP. +45 HP Regen.
Efek Pasif, Bravery: Meningkatkan serangan dan pertahanan teman disekitarmu 10%.
Item support yang sebenarnya, item ini berguna untuk memperkuat timmu dan menjadikannya lebih tanky.

BATTLE SPELLS
Kamu memiliki 3 pilihan utama, yaitu :
Flicker:
Teleportasi ke jarak tertentu menuju arah yang ditentukan. Untuk 1 detik setelah teleport, durasi efek disable akan berkurang 50%.
Memberikan kemampuan bertahan lebih baik dan bisa digabungkan dengan skill ultimate..

Healing Spell
Regen 10% HP untuk heromu dan teman satu tim terdekat. Jika hanya 1 ally hero yang mendapat penyembuhan, efeknya akan meningkat 50%.
Berguna untuk meningkatkan kekuatan penyembuhan Anda.

Weaken:   
Mengurangi gerakan hero yang ditarget sebesar 30% dan pertahanan fisik dan sihir 40%. Berlangsung selama 3 detik.
Berguna untuk melindungi dan membantu timmu.

Hero yang bagus untuk satu Tim dengan Rafela :
Kamu sebaiknya satu tim dengan hero pemberi damage karena Rafela tidak memiliki banyak damage, tapi kamu bisa memberi mereka perlindungan.

Layla
Karena mobilitasnya yang rendah, dia membutuhkan perlindungan, dan Rafela dapat dengan mudah melakukannya.

Eudora
Sama seperti Layla, dia menangani kerusakan tapi dia lemah.

Skin
Rafaela memiliki dua skin, yaitu Fertility Goddess dan Flower Fairy, secara pribadi saya merekomendasikan yang kedua Flower Fairy, karena skin tersebut tersebut dapat mengubah model dan kemampuan skillnya, memang lebih mahal tapi skin itu yang terbaik.

Emblem yang digunakan
Kamu bisa menggunakan Emblem Sihir atau Emblem Roamer, tergantung pada gaya permainanmu.

Panduan menggunakan Rafela
kamu harus selalu tinggal dengan timmu, ingatlah bahwa kamu adalah support dan harus membantu teman satu timmu.

Early game
Pada level satu kamu harus meningkatkan kemampuan penyembuhan, jika terjadi sesuatu yang buruk. Gunakan Light of Retribution dan sembuhkan temanmu saat dibutuhkan.

Mid game
Gunakan skill ultimate untuk menyerang atau kabur, skill ini adalah skill yang hebat untuk segala jenis pertempuran. Mengejar orang dengan skill 1 dan mencoba menyelamatkan sekutu yang terluka dengan skill penyembuhan.

Late game

Kamu harus tetap tinggal dengan tim, sembuhkan tim dan cegah musuh menyerang markas. Gunakan skill ultimate ke lebih dari satu musuh jika memungkinkan, yang bisa menjadi merubah penentuan kemenangan.

Referensi :
mobilelegendsbangbang.com
jalantikus.com
duniagames.co.id