25+ Game Open World Terbaik Terbaru PC, PS3, PS4, Xbox 2019

Apakah game openworld itu? Menurut Wikipedia, game openworld adalah jenis game yang didesain sedemikian rupa sehingga pemain dapat dengan bebas menjelajahi dunia dan diberikan kebebasan untuk melakukan misi atau melakukan hal yang disukai.

Saya memutuskan untuk tidak memasukkan Deus Ex dan Thief, yang membatasi kebebasan menjelajahi dunia untuk para pemainnya.

Game open world merupakan game yang paling seru dimainkan, kerana kamu bisa menjelajahi dunianya sesuka hati tanpa mempedulikan misi utama. Game ini membuat setiap orang tidak bosan-bosan dalam memainkannya karena tidak monoton dan aktifitas yang dilakukan ada banyak sekali.

Oleh karena itu kali ini kita akan bahas bersama apa saja 25+ Game Open World Terbaik dan Terbaru di PC, PS3, PS4, dan Xbox 2019, berikut daftarnya:

1. The Witcher 3: Wildhunt

Platform: PC, PS4, Xbox One
Catatan: Hargailah kerja keras admin yang sudah susah payah menulis dengan mengklik iklan di blog ini satu kali.

Pengemar game RPG barat pasti pernah memainkan game ini paling tidak satu kali. Seri game ini telah diperbaiki dan dikerjakan oleh Andrzej Sapkowski yang memiliki banyak fans selama bertahun-tahun, game ini disukai terutama karena dunia dan ceritanya yang rumit, grafis yang memukau, dan sistem gameplay yang mendalam.

Dalam seri ketiga ini memperlihatkan Geralt of Rivia yang lebih tua – yang merupakan salah satu Witcher ternama – menghadapi serangan di Northern Kingdom oleh Nilfgaard Empire dan ancaman dari dunia lain dari Wild Hunt, pimpinan spektral yang mengusik manusia selama berabad-abad.

The Witcher3 menawarkan open world yang luas, cerita yang memakan waktu berjam-jam dan misi tambahan, banyak NPC yang bisa diajak berinteraksi dan monster yang bisa diburu, kehidupan ekonomi yang bisa menyesuaikan pada lokasi yang berbeda dan event serta gameplay yang sangat bagus. The Witcher 3: Wildhunt merupakan sari game penutup dengan cerita yang luar biasa.

2. Just Cause 3
Platform: Xbox One, PS4, PC
Jusat Cause 3 merupakan game bergenre RPG tembak-tembakan dari sudut pandang orang ketiga yang memiliki cerita panjang. Game ini menawarkan dunia yang luas dan bertempat di pulau tengah laut fiksi bernama Medici.

Petualangan tokoh protagonis Rico Rodriguez dilanjutkan, kali ini bertujuan menyingkirkan diktator bernama Jendral Di Ravello dan kekuasaannya.

Peta permainan Just Cause 3 dikabarkan akan mirip dengan Just Cause 2. Game ini menawarkan wilayah dengan ukuran 400 mil persegi dengan jarak vertikal yang lebih panjang. Game ini akan menjadi seri terbesar dan paling keren yang pernah dirilis.

3. Infamous: Second Son
Platform : PS4
Infamous: Second Son merupakan game yang layak masuk ke daftar ini karena petualangannya yang menghibur di kota Seattle. Bukan hanya ada Space Needle, disini juga ada banyak bangunan yang menjadi ikon kota yang memperindah game. Kota yang dibuat cukup besar, luas, dan dibuat kembali dalam detail yang menakjubkan oleh pengembang Sucker Punch.

4. Crackdown
Platform: Xbox 360
Ada banyak kesenangan yang akan kamu dapatkan dalam game Crackdown diluar cerita utamanya. Dengan objektif dan tugas yang ada dalam cerita utama, pemain dapat bebas menjelajahi Kota Pasific.

Saat cerita utama membatasi gerakmu untuk bermain sebagai orang yang baik, kamu bisa menciptakan malapetaka dengan kekuatan super dan menghadapi kemarahan atasanmu, atau menggunakan kekuatan tersebut untuk perbuatan baik setelah menjadi jahat.

Tanggung jawab yang besar bisa datang seiring dengan datangnya kekuatan yang besar, namun begitu juga dengan kesenangan – dan Crackdown menawarkan hal tersebut dalam jumlah yang besar.

5. Xenoblade Chronicles
Platform: Wii, New Nintendo 3DS, Wii U
Xenoblade Chronicle  merupakan seri game yang besar, rumit dan mencakup semua seri – tidak ada kata yang cukup untuk bisa mendeskripsikan fitur yang ditawarkan game ini.

Game RPG jepang yang luar biasa ini eksklusif hanya untuk Nintendo Wii, tidak hanya memberikan cerita yang rumit yang dibuat dengan dunia yang digabungkan dengan bagus, namun juga memiliki karakter yang terkustomisasi yang disajikan untuk memperkuat genre RPGnya.

Game ini mewajibkan pemain untuk menjelajahi dunia terbuka dan luas dengan berfokus pada apapun yang kamu mau jika kamu menyukainya.

6. The Crew
Platform: PC, PS3, 360, PS4, Xbox One
Dunia berada di lintasan balapanmu dalam game Crew. Bukannya berfokus pada lomba balapan, Crow malah menyediakan dunia terbuka dimana pemain dapat bebas berkeliling dan mengikuti lomba balapan untuk mendapatkan banyak kendaraan dan lokasi yang bervariasi.

7. Batman: Arkham City
Platform: PC, PS3 & Xbox 360
Batman: Arkham City bukan hanya melebihi genre seri sebelumnya Arkham Asylum, game ini juga merupakan terobosan terbaru.

Game ini tidak jauh dari zona dan peralihan dari game sebelumnya dalam hal tempat yang sangat luas dan terbuka di kota Arkham. Di luar cerita utama dalam game, kamu bisa menjelajahi jalan di kota Arkham sebagai Batman dan Catwoman, menggunakan setiap senjata dan kemampuanmu sendiri.

Ada bermacam-macam misi dan quest sampingan open world yang akan membuatmu sibuk selama seharian penuh.

8. STALKER: Shadow of Chernobyl
Platform: PC
Suasana di STALKER sangat mencekam, game ini bergenre survival-horror yang bertempat di wilayah terbengkalai yang dipenuhi radioaktif. Dimana seseorang bernama Stalker hidup dalam tempat berbahaya dan menantang maut. Dia tidak hidup sendiri di wilayah tersebut, ada mutant dan bermacam-macam makhluk mengerikan.

Tempat awal dan akhir berkisar di kota ini, membuat pemain bisa mendapatkan banyak tugas tentang penduduk wilayah yang terbengkalai sembari mengungkap misterii Chernobyl.

9. Fallout 3
Platform: PC, PS3 & Xbox 360
Penggemar berat Fallout sebelumnya mungkin tidak setuju tentang adanya perombakan game ini menjadi openworld, namun wailayah terbengkalai tidak pernah dibayangkan akan ada di fallout 3. Seperti game buatan Bethesda lain, Fallout 3 membuatmu bisa menciptakan petualanganmu sendiri.

Game ini bertempat di wilayah yang luas yang mana suasananya akan terus suram dimana tempatnya merupakan bekas peradaban dan harapan untuk bertahan hidup. Fallout 3 merupakan game yang menarik, memukau dan indah dibalik kesuramannya.

10. Saints Row 4
Platform: PC, PlayStation 4, Xbox 360, PlayStation 3, Xbox One
Saints Row 4 merupakan game open world yang menuntun pada kesimpulan paling logis. Dimana bisa dikatakan game ini terbuka dan bebas untukmu dan bisa melakukan apapun yang kamu mau tanpa ada batasan.

Bukannya memaksamu untuk bemain menyelesaikan cerita yang membuatmu tetap mematuhi peraturan yang dibuat oleh polisi dan sejenisnya, game ini mendorongmu untuk melanggar peraturan dengan mengabaikan peraturan terikat yang menggambarkan pengalaman game open world.

Kamu bebas melakukan apa yang kamu suka dan kapanpun kamu mau. Itulah Saints Row 4, game yang sangat seru.

11. Far Cry 3
Platform: PC, PS3 & Xbox 360
Far Cry 3 bisa dibandingkan dengan The Elder Scrolls: Skyrim dalam hal eksplorasi, berburu, dan merakit, pengalaman open world sebenarnya cukup berbeda diantara keduanya.

Dimana Skyrim membuat pemain bisa mendapatkan semua peta dengan kemampuan mereka sendiri, terlepas dari keterlibatan mereka dalam quest utama. Sedangkan Far Cry 3 dibuat untuk pemain untuk menyeimbangkan pejelajahannya dengan membuat kemajuan di game. Namun, kamu akan diberikan waktu yang banyak untuk mengembara sesukamu, dan menikmati apa yang ditawarkan dalam pulau Rook yang akan banyak membantumu menyelesaikan quest.

Far Cry 3 merupakan bukti bahwa genre FPS bisa menawarkan lebih banyak dalam hal penjelajahan dan menelusuri dunia selain menembaki orang di bangunan.

12. Elder Scrolls Online: Morrowind
Platform: PS4, Xbox One
Morrowind merupakan game langka untuk saat ini. menawarkan pemandangan dan pepohoan hijau. Morrowind dengan mudah mencuri hati dan pikiran pemain bukan hanya karena pemandangannya, namun kebebasan yang ditawarkan.

Game ini merupakan game luar biasa yang membuatmu bisa melakukan apapun yang kamu mau, dan kapanpun kamu mau. Kamu bisa menjadi pejuang yang mewujudkan ramalan kuno, atau menjadi pencuri penyelinap yang memperkaya diri diatas penderitaan orang lain – atau mungkin keduanya. Pilihan kamu tentukan sendiri di Morrowind.

Baca Juga :

    13. Just Cause 2
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360
    Just Cause 2 menceritakan tentang kembalinya karakter keren Rico Rodriguez dalam petualangan open world yang bertempat di dunia yang berbeda, yaitu tempat bermain tropis di Panau.

    Panau merupakan negara fiksi di Asia Tenggara dimana kekerasan tersebar luas dan dimana ilmu fisika membuat Rodriguez bisa melakukan aksi pembunuhan dengan banyak peralatan seperti kendaraan, senjata dan gadget perangkap.

    Cerita gamenya tidak sebesar yang diharapkan, membuatmu bisa melakukan apapun yang kamu suka, dan kapanpun kamu suka.

    14. Red Dead Redemption
    Platform: PS3 & Xbox 360
    Red Dead Redemption diambil di periode Old West dengan campuran fiksi, dibuat oleh Rockstar Games, dan setiap detiknya merupakan kisah suram dan tak kenal ampun seperti masa lalu.

    Dalam tempat tersebut hiduplah seorang pria, John Marston, yang ingin balas dendam – bukan untuk kehidupannya namun untuk jiwanya. Dan bukan hanya tempat tersebut yang menjadi sasaran balas dendam.

    Bisa dipastikan, suasana permainan tidak ada duanya, dan ceritanya tidak hanya berfokus pada John Marston dan teman-temannya, tapi juga pertempuran besar antara generasi lama dan baru.

    15. Minecraft
    Platform: PC & Xbox 360
    Minecraft merupakan salah satu video game terbaik yang pernah dibuat dalam dunia yang simpel dimana kita bisa membuat dunia kita sendiri.

    Game ini menawarkan pemain kemampuan untuk membagun kerajaan, berpetualang, dan menyusun cerita yang jauh melampaui apapun yang dibuat oleh pengembang game. Dunia Minecraft dapat dibuat sesuai keinginanmu dan melakukan apapun yang kamu suka.

    16. The Elder Scrolls V: Skyrim
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360
    Skyrim merupakan game kelima dari seri game RPG Bethesda yang terkenal. Seperti sebelumnya, Skyrim bertempat di lingkungan yang terbuka dimana kita diberikan kebebasan untuk menjelajahi dunia yang kita huni.

    Dunia Skyrim memukau dan indah, namun ceritanya tidak simpel – game ini menawarkan kita kebebasan bukannya terikat pada cerita. 

    17. Grand Theft Auto 5
    Platform: PS3, Xbox 360
    Grand Theft Auto 5 adalah game open world terbesar yang pernah dibuat. Game ini lebih besar dari gabungan GTA 4 dan Red Dead Redemption, dan bercerita dalam kehidupan kota Los Angeles dalam fiksi Los Santos.

    Setelah bertahun-tahun pengembangan dan penelitian, Rockstar memutuskan untuk membuat salah satu lingkungan yang luar biasa dalam pembuatan video game.

    Dikarenakan fakta bahwa game ini baru dan karena tidak adil untuk mengatakan GTA 4 merupakan judul game yang lebih rendah dari GTA 5, game ini sudah sepantasnya menjadi urutan pertama game open world terbaik yang pernah ada.

    18. Assassin’s Creed Black Flag
    Platforms: PC, PS4, PS4, Wii U, 360, Xbox One
    Game ini merupakan seri keenam dari game Assassin’s Creed, berjudul Assassin’s Creed IV: Black Flag, yang membawa pemain ke lautan terbuka. Saat mengikuti kisah utama dalam serinya dengan menghadirkan pertarungan antara Assassin dan Templar, ada keseruan yang bisa didapat dengan memerankan kehidupan bajak laut bernama Edward Kenway.

    Pemain akan merasakan tekanan dalam menjelajahi lautan, mengumpulkan kru, menenggelamkan kapal lawan, dan imbalan yang didapat sepanjang perjalanan. Di luar kehidupan laut, pemain juga akan menjelajahi daratan dan bertarung pada serangan jarak dekat dengan menyelinap ke musuh.

    19. Fallout 4
    Platforms: PC, PS4, Xbox One
    Franchise Fallout terkenal di pasaran beberapa kali dulunya dan sekarang seri terbarunya telah tersedia di pasar. Jika kamu penggemar dari franchise ini pastinya kamu harus membeli seri terbarunya.

    Namun, jika kamu masih baru di Franchise ini, Fallout masih menjadi seri terbaik dari semua serinya. Bertempat dalam kejadian perang nuklir, pemain diharuskan untuk bersembunyi ke gudang. Tidak ada yang tersisa di dunia kecuali kerusakan dan orang luar yang mencoba untuk memusnahkan semuanya dalam dunia baru ini.

    Setiap seri Fallout memberikan dunia yang luar biasa untuk dijelajahi dan Fallout 4 tanpa terkecuali mengambil tema ini juga. Kamu akan melintasi reruntuhan, bangunan baru, dan karakter baru yang akan kamu temui sepanjang perjalanan.

    20. Dragon Age Inquisition
    Platforms: PC, PS3, PS4, 360, Xbox One
    Game ini merupakan seri ketiga dari franchise Dragon Age, Dragon Age: Inquisition merupakan game aksi RPG dimana pemain berperan sebagai penyelidik yang melakukan perjalanan panjang untuk mengatasi kegelisahan warga di benua Thedas

    Saat pengembang telah mengatur game untuk memiliki benua yang sama dengan dua seri sebelumnya, penjelajahan Dragon Age: Inquisition lebih besar dari sebelumnya. Misalnya, telah dinyatakan bahwa game ini memiliki peta yang besarnya lima kali lipat lebih besar dari seri pertama. Dengan adanya kabar tersebut, kamu pasti tdak sabar ingin mencoba game ini.

    21. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain
    Platforms: PC, PS3, PS4, 360, Xbox One
    Game ini mengambil waktu setelah kejadian di Metal Gear Solid V: Ground Zeroes, pemain bisa menikmati seri terakhir dari franchise ini yang dibuat oleh Hideo Kojima. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain menceritakan Snake saat dia pergi melakukan misi baru yang membawanya ke pangkalan Uni Soviet di wilayah Afganistan.

    Selama perjalanan, Snake ingin balas dendam pada mereka yang menghancurkan pasukannya dalam ending Metal Gear Solid V: Ground Zeroes, namun, untuk melakukannya, snake akan menjelajahi lingkungan open world. Untuk penggemar franchise ini, game ini merupakan seri terbaru yang sepertinya akan terlihat berbeda dalam hal gameplay, pengembang memberikan pemain sedikit kebebasan saat menyelesaikan misi.

    22. Horizon Zero Dawn
    Platforms: PS4
    Horizon Zero Dawn merupakan game yang dikembangkan oleh Guerilla Games sejak perilisan game pertamanya yaitu Killzone di tahun 2004. Game ini mengambil waktu ribuan tahun di masa depan.

    Manusia diserang oleh makhluk misterius, dimana kota-kota hancur dan menjadi reruntuhan. Saat itu hanya sekelompok suku kecil yang tersisa dan mesin hewan raksasa berkeliaran di dunia dengan bebas. Ceritanya berfokus tentang pemburu wanita bernama Aloy yang melakukan perjalanan untuk menjelajahi dunia terbuka, bertemu suku lain, dan mencari tahu penyebab hancurnya kehidupan di kota.

    23. The Legend of Zelda: Breath of the Wild
    Platforms: Wii U, Nintendo Switch
    The Legends of Zelda: Breath of Wild merupakan seri ke 19 dari franchise Legend of Zelda. Di game ini, pemain akan berada di dunia luas yang terbuka dengan kemampuan untuk masuk ke dungeon dengan bebas.

    Dalam The Legend of Zelda: Breath of the Wild, pemain akan berperan sebagai Link setelah dia bangkit dari tidur panjang yang sejak ribuan tahun lalu.

    Suara misterius menunjukkan Link untuk pergi ke reruntuhan kerajaan bernama Hyrule dimana dia akan bertemu Calamity Ganon, tokoh antagonis yang sebelumnya menghancurkan Hyrule, meskipun, selama kejadian tersebut, dia terjebak dan terkubur di dalam kerajaan.

    24. Far Cry 4
    Platforms: PC, PS4, PS4, 360, Xbox One
    Seperti seri sebelumnya, Far Cry 4 berada dalam daftar kita kali ini. Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai Ajay Ghale, pemuda berdarah Kyrat-Amerika yang melakukan perjalanan kembali ke rumahnya di negara Kyrat, negara fiksi Himalaya.

    Selama perjalanan, Ajay melihat di rumahnya sedang berlangsung perang sipil yang dipimpin oleh raja jahat bernama Pagan Min. Dalam gamenya kamu bisa bebas menjelajahi negara Himalaya dan kehidupan liar yang ada disana.

    Selain itu, karena game ini memiliki jalur cerita yang bercabang, pemain bisa mengulangi permainan untuk mendapatkan cerita yang berbeda, game ini menawarkan kesempatan untuk menjelajahi dunia lebih bebas dari sebelumnya.

    25. Watch Dogs 2
    Platforms: PC, PS4, Xbox One
    Setelah kesuksesannya merilis Watch Dogs, lanjutannya dirilis di tahun 2016. Di game ini, pemain akan beraksi di San Francisco Bay Area untuk menjelajai dan menimbulkan malapetaka dengan melakukan pembajakan berbagai macam alat yang terhubung dengan fasilitas kota atau smartphone pribadi. Mekanik gameplaynya kekinian, meskipun pengembang membuat beberapa tambahan seperti fitur mengemudi.

    26. Driver: San Francisco
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360

    27. Dead Island
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360

    28. Kingdoms of Amalur: Reckoning
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360

    29. Ultima VII
    Platform: PC

    30. Arcanum
    Platform: PC

    31. GTA: San Andreas
    Platform: PC, PS2 & Xbox

    32. Borderlands 2
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360

    33. Assassin’s Creed 3
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360

    34. Watch Dogs
    Platform: PC, PS4, Xbox One, PS3 & Xbox 360

    35. Fallout
    Platform: PC

    36. Grand Theft Auto IV
    Platform: PC, PS3 & Xbox 360

    37. Days Gone
    Platform: PS4

    38. Spider-Man
    Platform: PS4

    0 komentar