Menguak Sejarah Game PUBG, Game Battle Royale Yang Menguasai Dunia

PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) adalah game battle royale multipemain online yang dikembangkan dan diterbitkan oleh PUBG Corporation, anak perusahaan perusahaan video game Korea Selatan bernama Bluehole.

Game ini didasarkan pada mod sebelumnya yang dibuat oleh Brendan "PlayerUnknown" Greene untuk game lain, terinspirasi oleh film Jepang 2000 Battle Royale, dan diperluas menjadi game mandiri di bawah arahan kreatif Greene. Dalam game, terdapat hingga seratus pemain memakai terjun payung ke sebuah pulau dan mencari senjata dan peralatan untuk membunuh orang lain sambil menghindari tembakan pemain lain.

Area aman yang tersedia dari peta game berkurang ukurannya seiring waktu, mengarahkan pemain yang selamat ke area yang lebih padat dan memaksa pemain salingbertempur. Pemain atau squd yang berhasil paling lama bertahan hidup yang akan memenangkan pertandingan.

Battlegrounds pertama kali dirilis di Microsoft Windows (PC) melalui program beta akses awal Steam pada Maret 2017, dengan rilis penuh pada Desember 2017. Game ini juga dirilis oleh Microsoft Studios untuk Xbox One melalui program Pratinjau Game Xbox pada bulan yang sama, dan secara resmi dirilis pada bulan September 2018.

Versi mobile gratis untuk Android dan iOS dirilis pada tahun 2018, selain itu game ini juga hadir di PlayStation 4. Battlegrounds adalah salah satu video game terlaris dan paling sering dimainkan sepanjang masa, dengan penjualan lebih dari lima puluh juta kopi di seluruh dunia pada Juni 2018, dengan total lebih dari 400 juta jika digabungkan dengan pemain versi mobile.

Battlegrounds menerima ulasan positif dari para kritikus, yang menemukan bahwa game ini memiliki beberapa kelemahan teknis, game ini menghadirkan jenis genre baru yang dapat dengan mudah dikuasai oleh pemain dari tingkat keterampilan apa pun dan sangat dapat dimainkan terus menerus tanpa bosan. Game ini dikaitkan dengan populernya genre battle royale, dengan sejumlah klon game Cina tidak resmi juga diproduksi menyusul keberhasilannya.

Game ini juga menerima beberapa nominasi Game of the Year, di antara penghargaan lainnya. PUBG Corporation telah menjalankan beberapa turnamen kecil dan memperkenalkan alat dalam gim untuk membantu memperkenalkan game tersebut kepada para penonton, karena mereka menginginkannya untuk menjadi esport yang populer. Game ini juga telah dilarang di beberapa negara karena dianggap berbahaya dan membuat kecanduan pemain muda.

Gameplay
Battlegrounds adalah game shooter pemain versus pemain di mana hingga seratus pemain bertarung dalam battle royale, sejenis game last man standing deathmatch berskala besar di mana para pemain berjuang untuk tetap bertahan hidup. Pemain dapat memilih untuk memasuki pertandingan solo, duo, atau dengan tim kecil hingga empat orang. Orang atau tim terakhir yang masih hidup memenangkan pertandingan.

Setiap pertandingan dimulai dengan pemain melakukan terjun payung dari pesawat ke salah satu dari empat peta, dengan luas sekitar 8 × 8 kilometer (5,0 × 5,0 mi), 6 × 6 kilometer (3,7 × 3,7 mi), dan 4 × 4 kilometer (2,5 × 2,5 mi). Jalur penerbangan pesawat melintasi peta berbeda-beda untuk setiap putaran, mengharuskan pemain untuk dengan cepat menentukan waktu terbaik untuk keluar dan menggunakan parasut ke tanah. Pemain akan memulai tanpa senjata pada awalnya yang tidak mempengaruhi gameplay.

Begitu mereka mendarat, pemain dapat mencari bangunan, kota terbengkalai dan area lainnya untuk menemukan senjata, kendaraan, armor, dan peralatan lainnya. Barang-barang ini didistribusikan secara prosedural di seluruh peta pada awal pertandingan, dengan zona berisiko tinggi biasanya memiliki peralatan yang lebih baik. Pemain yang terbunuh dapat dijarah untuk mendapatkan peralatan mereka juga.

Pemain dapat memilih untuk bermain dari sudut pandang orang pertama atau orang ketiga, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dalam pertempuran dan kesadaran situasional, meskipun pengaturan khusus server dapat digunakan untuk memaksa semua pemain ke satu perspektif untuk menghilangkan ketidakadilan.

Setiap beberapa menit, area peta yang dapat dimainkan mulai menyusut menuju lokasi acak, dengan setiap pemain yang tertangkap di luar area aman akan terkena damage secara bertahap, dan akhirnya akan mati jika zona aman tidak dimasuki tepat waktu; dalam game, para pemain melihat batas berupa dinding biru berkilauan yang menyusut seiring waktu.

Ini menghasilkan peta yang lebih terbatas, yang pada gilirannya meningkatkan peluang pertemuan. Selama pertandingan, wilayah acak peta disorot dalam warna merah, menghadirkan ancaman bagi pemain yang tetap berada di area itu. Sebelumnya, pemain akan diperingatkan beberapa menit sebelum kejadian ini, memberi mereka waktu untuk pindah ke tempat yang aman.

Sebuah pesawat akan terbang di atas bagian peta sesekali secara acak, atau di mana pun saat pemain menggunakan pistol suar, dan pesawat akan menjatuhkan paket jarahan, yang berisi barang-barang yang biasanya tidak dapat diperoleh selama game normal. Paket-paket ini memancarkan asap merah yang terlihat jelas, menarik pemain di sekitarnya dan membuat pertempuran lebihsengit. Rata-rata, satu pertandingan game penuh waktunya tidak lebih dari 30 menit.

Pada akhir setiap pertandingan, pemain mendapatkan uang dalam game berdasarkan kinerja mereka. Uang ini digunakan untuk membeli peti yang berisi barang untuk kustomisasi karakter atau senjata. "Event Mode" telah ditambahkan ke game pada bulan Maret 2018. Event ini mengubah aturan permainan normal, seperti membentuk tim atau regu yang lebih besar, atau mengubah distribusi senjata dan armor di seluruh peta game.

Pengembangan
Konsep dan desain game ini dipimpin oleh Brendan Greene, yang lebih dikenal dengan ciptaannya, PlayerUnknown, yang sebelumnya menciptakan ARMA 2 mod DayZ: Battle Royale, sebuah cabang dari mod DayZ yang populer, dan terinspirasi oleh film Jepang 2000 Battle Royale. Pada saat ia menciptakan DayZ: Battle Royale, sekitar 2013, Greene kelahiran Irlandia telah tinggal di Brasil selama beberapa tahun sebagai fotografer, desainer grafis, dan desainer web, dan bermain video game seperti Delta Force: Black Hawk Down dan America's Army.

Mod DayZ menarik minatnya, baik sebagai simulasi militer realistis dan gameplay terbuka, dan mulai bermain-main dengan server khusus, mempelajari pemrograman sambil berjalan. Greene menganggap kebanyakan game First Person Shooter multipemain terlalu berulang, mengingat petanya kecil dan mudah diingat.

Dia ingin menciptakan sesuatu dengan aspek yang lebih acak sehingga pemain tidak akan tahu apa yang akan dihadapinya, menciptakan tingkat replayability yang tinggi, ini dilakukan dengan membuat peta yang jauh lebih besar yang tidak dapat dihafal dengan mudah, dan menggunakan penempatan item acak di atasnya.

Greene juga terinspirasi oleh kompetisi online untuk DayZ yang disebut Survivor GameZ, yang menampilkan sejumlah Twitch.tv dan streamer YouTube yang bertarung hingga hanya beberapa yang tersisa, karena dia sendiri bukan streamer, Greene ingin membuat mode game serupa yang bisa dimainkan siapa pun.

Upaya awalnya pada mod ini lebih terinspirasi oleh novel The Hunger Games, di mana pemain akan mencoba untuk bersaing menimbun senjata di lokasi pusat, tetapi menjauh dari ini sebagian untuk memberikan pemain kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup dengan menyebarkan senjata di sekitar, dan juga untuk menghindari masalah hak cipta dengan novel. Dalam mengambil inspirasi dari film Battle Royale, Greene ingin menggunakan area aman persegi, tetapi pengalamannya dalam pengkodean membuatnya menggunakan area aman melingkar, yang berujung pada Battlegrounds.

Ketika DayZ menjadi judul mandiri sendiri, minat pada versi ARMA 2-nya dari mod Battle Royale terhenti, dan Greene mengalihkan pengembangan mod ke ARMA 3. Sony Online Entertainment (sekarang Daybreak Game Company) telah tertarik pada karya Greene, dan menjadikannya sebagai konsultan untuk dikembangkan pada H1Z1, melisensikan gagasan pertempuran royale darinya. Pada bulan Februari 2016, Sony Online membagi H1Z1 menjadi dua game yang terpisah, mode bertahan hidup H1Z1: Just Survive, dan battle royale seperti H1Z1: King of the Kill, sekitar waktu yang sama ketika periode konsultasi Greene berakhir.

Di lain waktu, studio Ginno Games yang bertempat di Seoul, dipimpin oleh Chang-han Kim dan yang mengembangkan game online multiplayer besar-besaran (MMO) untuk PC, diakuisisi dan dinamai Bluehole Ginno Games oleh Bluehole pada Januari 2015, penerbit utama Korea Selatan MMOs dan game mobile. Kim menyadari bahwa memproduksi game yang sukses di Korea Selatan umumnya berarti game itu akan diterbitkan secara global, dan ingin menggunakan timnya untuk membuat judul yang sukses untuk PC yang mengikuti model yang sama dengan game seluler lainnya yang diterbitkan oleh Bluehole.

Dia sudah bersemangat membuat jenis game battle royale setelah dia bermain DayZ, sebagian karena formatnya belum ada di Korea. Dia juga ingin membuat ini melalui model akses awal dan memiliki jadwal pengembangan yang sangat terbatas untuk mengeluarkan game secepat mungkin, sambil memperlakukan produk sebagai model ""games as a service" untuk dapat memberi dukungan selama bertahun-tahun.

Dalam penelitiannya, ia menemukan mod Greene dan mengajaknya kerjasama. Pada Juli 2017, Bluehole bermitra dengan platform media sosial Facebook untuk menyediakan konten streaming eksklusif ke saluran game Facebook, sebagai bagian dari upaya mereka untuk menyediakan lebih banyak konten game bagi penggunanya.

Sekitar waktu yang sama ketika Greene meninggalkan Sony Online, Kim menghubungi dan menawarkannya kesempatan untuk mengerjakan konsep battle royale baru. Dalam seminggu, Greene terbang ke markas Bluehole di Korea untuk membahas opsi-opsi tersebut, dan beberapa minggu kemudian, menjadi direktur kreatif Bluehole. Dia pindah ke Korea Selatan untuk mengawasi pembangunan.

Menurut Greene, ini adalah pertama kalinya sebuah studio game Korea membawa orang asing untuk peran direktur kreatif, dan meskipun berisiko, ia mengatakan bahwa hubungannya dengan manajemen Bluehole kuat, memungkinkan tim Greene untuk bekerja secara mandiri dengan pengawasan minimal. Tema musik utama gim ini disusun oleh Tom Salta, yang dipilih secara pribadi oleh Greene ketika ia dan tim mencari "tema hibrid elektronik orkestra" yang akan memberi pemain "peningkatan", membuat mereka "bersemangat" sampai pertandingan dimulai.

Pengembangan game dimulai pada awal 2016 dan diumumkan secara terbuka pada bulan Juni itu, dengan rencana untuk menyiapkan game dalam waktu satu tahun. Kim menjabat sebagai produser eksekutif untuk permainan ini. Bluehole dimulai dengan tim yang terdiri dari sekitar 35 pengembang yang mendukung pekerjaan Greene, tetapi telah berkembang menjadi 70 pada Juni 2017.

Greene menyatakan bahwa banyak dari pengembang ini secara sukarela menempatkan jam kerja lebih lama ke dalam game karena dedikasi mereka terhadap proyek, dan bukan dengan mandat dari dirinya sendiri atau manajemen Bluehole. Selain Bluehole, Greene juga memuji Bohemia Interactive, pengembang ARMA dan DayZ, untuk dukungan animasi tangkap gerak melalui studio Praha mereka.

Dengan pertumbuhan minat yang cepat dalam game, Bluehole mencurahkan seluruh pengembangan untuk Battlegrounds menjadi Bluehole Ginno Games pada September 2017, yang berganti nama menjadi PUBG Corporation dengan Kim sebagai chief executive officer-nya. PUBG Corporation melanjutkan pengembangan game dan pemasaran serta pertumbuhannya, membuka kantor di Amerika Serikat dengan rencana untuk masa depan di Eropa dan Jepang.

Pada bulan Agustus 2018, PUBG Corporation meluncurkan kampanye "Perbaiki PUBG", mengakui bahwa game itu masih memiliki beberapa bug yang tersisa dan masalah kinerja lainnya. Kampanye selesai pada bulan November, dengan PUBG Corporation menyebutnya sukses karena semua kendala telah diperbaiki pada saat itu.

Pada bulan Maret 2019, Greene mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai perancang utama game, tetapi masih akan melayani sebagai konsultan kreatif. Tae-seok Jang, direktur seni game, akan menggantikannya, dengan Green pindah ke studio PUBG di Amsterdam, Proyek Khusus PUBG.

Greene menyatakan bahwa dia percaya tim Battlegrounds utama berada di tempat untuk terus mengembangkan game ke arah yang telah dia tetapkan untuk menjaga game tetap unik di antara game battle royale lain yang telah diluncurkan, dan dia ingin mencoba sesuatu yang tidak terkait dengan battle royale tapi masih berbasis multi-pemain. Langkah itu juga membuatnya lebih dekat dengan keluarganya di Irlandia.

Desain
Battlegrounds merepresentasikan versi mandiri dari apa yang Greene yakini sebagai "versi final" dari konsep battle royale, menggabungkan elemen-elemen yang telah ia rancang dalam iterasi sebelumnya.

Pengembangan lebih cepat dimungkinkan dengan mesin game Unreal Engine 4, dibandingkan dengan ARMA dan H1Z1, yang dibangun dengan mesin game berpemilik. Greene mengakui bahwa menerapkan ukuran peta di Battlegrounds telah menjadi salah satu tantangan dengan bekerja dengan Unreal, yang tidak dirancang dengan mengingat peta tersebut.

Game ini dirancang sebagai perpaduan antara simulasi realistis ARMA 3 dan fokus aksi mirip arcade dan aksesibilitas pemain H1Z1. Untuk mencegah cheat dalam game, game ini menggunakan perangkat lunak anti-kecurangan "BattlEye", yang telah secara permanen membanned lebih dari 13 juta pemain pada Oktober 2018. BattlEye mengindikasikan bahwa 99% dari semua software cheat untuk game dikembangkan di Cina.

Berdasarkan pengalaman Greene dengan genre ini, sebuah pulau dengan banyak fitur medan dipilih sebagai peta pertama, yang dikenal sebagai "Erangel". Cakupan desain peta adalah untuk menawarkan pemain banyak opsi yang memungkinkan untuk gameplay yang strategis dan unik. Beberapa bangunan dan struktur dirancang untuk menggambarkan gaya arsitektur brutal Uni Soviet selama 1950-an.

Tim pengembang memainkan fitur-fitur arsitektur dan sistem penempatan item acak, melihat bagaimana jarak dekat pertemuan, dan untuk area medan terbuka. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan distribusi dan penempatan senjata dan peralatan yang tepat di seluruh peta, untuk mendorong pemain membuat keputusan strategis tentang bagaimana melanjutkan dalam permainan tanpa terlalu mengekang pemain yang mungkin tidak menemukan senjata dalam beberapa menit pertama pertandingan.

Selama akses awal, peta tambahan direncanakan, seperti yang dipasang di pulau fiksi di Laut Adriatik yang mencakup wilayah Yugoslavia yang tertutup salju. Greene menyatakan bahwa dia pikir peta Erangel merasa terputus-putus meskipun memenuhi tujuan mereka untuk bermain game, dan berusaha untuk menciptakan lebih banyak ide terpadu dengan peta masa depan.

Jatuh dari pesawat pada awal setiap pertandingan adalah fitur baru untuk genre ini, untuk mendorong strategi antara tetap dengan sekelompok pemain atau mencari rute sendiri untuk peluang yang lebih baik dalam menemukan jarahan yang bagus.

Dengan jatuhnya parasut tambahan, Greene menganggap bahwa Battlegrounds memiliki tiga subgame yang berbeda: terjun dari udara di mana seseorang harus dengan cepat menentukan waktu terbaik untuk melompat dan ke mana harus mendarat dalam hubungannya dengan pemain lain, permainan penjarahan (looting) untuk mengetahui di mana dan bagaimana cara mengumpulkan peralatan terbaik, dan game pertempuran dengan pemain lain.

Para pemenang pertandingan disambut dengan ungkapan "winner winner chicken dinner", sebuah ungkapan yang digunakan Greene dalam game-game battle royale sebelumnya dan disimpan di Battlegrounds, yang dengan sendirinya berasal sejak era Depresi Hebat.

Greene juga memperkenalkan transaksi mikro yang memungkinkan pemain untuk menggunakan dana dunia nyata untuk membeli peti hasil rampasan yang menyediakan barang-barang kosmetik pilihan secara acak, juga dikenal sebagai "skin", yang dapat mereka perdagangkan dengan pemain lain, sementara Greene mengakui masalah dengan perjudian skin, ia percaya bahwa Valve telah menerapkan perlindungan untuk mendukung "ekonomi skin" yang akan memberikan pendapatan lebih lanjut bagi mereka tanpa khawatir akan perjudian. Namun, pada November 2017, situs perjudian skin gyer market mulai muncul yang menggunakan skin Battlegrounds sebagai mata uang virtual.

Menyusul kontroversi penggunaan kotak jarahan untuk menawarkan item "pay to win" di game lain pada November 2017, Perusahaan PUBG menegaskan bahwa sementara mereka akan terus menambahkan item kosmetik baru yang dihargai oleh pembelian peti dalam game, mereka tidak akan pernah tambahkan apa pun yang memengaruhi atau mengubah gameplay. Pada Mei 2018, PUBG Corporation menonaktifkan kemampuan untuk berdagang skin di Steam Marketplace karena mereka menemukan bahwa pemain masih menyalahgunakan sistem dengan menjualnya untuk nilai moneter melalui platform pihak ketiga tidak resmi.

Saat masih dalam akses awal, Bluehole menawarkan preview awal dari sistem dengan menawarkan peti waktu terbatas yang dapat dibeli selama turnamen Battlegrounds Invitations pertama selama Gamescom pada Agustus 2017, dengan penjualan dari ini berkontribusi ke prize pool. Di antara jarahan dari peti ini adalah pakaian khusus yang terinspirasi oleh film Battle Royale asli. Greene mengantisipasi penambahan mode campaign dengan dukungan pemain kooperatif, meskipun akan ada "tidak ada pengetahuan serius" yang dibuat untuk narasi, membandingkannya dengan mode serupa di Watch Dogs.

Gim ini juga dilengkapi gamemodes khusus dan dukungan modding. Dia menganggap modding support sebagai bagian penting dari rilis penuh, sama seperti saat dia memulai dengan mod, dia ingin memungkinkan orang lain untuk membuat variasi pada gamenya sehingga dia bisa "menemukan PlayerUnknown berikutnya".

Hal ini dibantu oleh rilis diam-diam dukungan server khusus ke sejumlah streamer berpengaruh yang kemudian membuatnya menjadi rilis publik. Contohnya dalam "Zombie Mode", semua kecuali empat pemain berpura-pura menjadi zombie, yang kadang-kadang bisa membedakan diri dengan melepas semua pakaian dan terbatas hanya untuk mengumpulkan senjata jarak dekat dan barang-barang konsumsi, dan harus buru-buru menyerang empat pemain lainnya, yang mampu mengumpulkan semua peralatan dan berusaha untuk berlari lebih cepat dan mengalahkan zombie.

Terinspirasi oleh mode ini, Greene mengumumkan rencana untuk memperkenalkan mode gameplay berbasis zombie resmi ke dalam Battlegrounds. Sementara sebagian besar anggota tim terus mengembangkan gameplay inti dan peta, Greene menggunakan mode zombie sebagai proyek solo dekat, hanya menggunakan bantuan animator utama untuk membantu dengan animasi zombie.

Greene melihat Battlegrounds sebagai platform, dan ingin melihat lebih banyak jenis dan mod game khusus yang dikembangkan oleh pemain untuknya. Greene mengidentifikasi bahwa beberapa mod yang sebelumnya juga dikerjakannya dari ARMA 3 dapat menjadi bagian dari platform Battlegrounds. Greene juga ingin menggabungkan game dengan layanan streaming seperti Twitch.tv yang akan memungkinkan replay atau fitur lain yang dapat diterima untuk memperlakukan Battlegrounds sebagai esport, menyebut ini "tujuan akhir utama" untuk pengembangannya, tetapi ia ingin membiarkan gameplay alami di game.

Perilisan
Windows
Bluehole menggunakan periode alpha dan beta tertutup dengan sekitar 80.000 pemain untuk mengukur reaksi awal terhadap gameplay dan menyesuaikan keseimbangan sebelum rilis yang lebih luas. Tepat sebelum fase early access pada Steam, Bluehole membuka beberapa server dan mengundang beberapa streaming populer langsung dari game serupa untuk mencobanya agar bisa mulai mendapatkan minat.

Akses awal untuk versi Windows diluncurkan pada 23 Maret 2017. Periode ini direncanakan berlangsung sekitar enam bulan, awalnya bertujuan untuk rilis September 2017. Pada bulan Juli 2017, Greene mengumumkan bahwa mereka perlu memperpanjang periode akses awal beberapa bulan, terus merilis pembaruan secara teratur, dengan rencana untuk masih merilis pada akhir 2017, karena berkomitmen untuk periode awal ini "dapat menghambat kami memberikan game berfitur lengkap dan / atau menyebabkan kekecewaan dalam komunitas jika batas waktu peluncuran tidak terpenuhi ".

Awalnya, Bluehole berharap bahwa mereka hanya akan mendapatkan pemain yang cukup melalui akses awal untuk memperlancar gameplay, dan hanya ketika game selesai, mereka akan mulai lebih banyak pemasaran untuk judul. Minat tiba-tiba pada game dari akses awal melebihi harapan mereka, dan memberi penekanan pada stabilitas game dan jaringan yang mendasarinya di samping peningkatan gameplay.

Hingga Agustus 2017, pembaruan ini umumnya mencakup tambalan mingguan utama bersama dengan pembaruan bulanan utama yang memberikan peningkatan kinerja utama. Namun, sejak Agustus dan seterusnya Bluehole mendukung laju patch tersebut, karena frekuensi tinggi telah menyebabkan beberapa masalah kontrol kualitas, dan para pengembang lebih memastikan setiap konten patch diperiksa dengan baik oleh komunitas sebelum memberikan update baru, ini tidak mengubah rencana mereka untuk rilis 2017, di mana ia sepenuhnya dirilis dari akses awal pada 20 Desember.

Sebagai bagian dari kesuksesan permainan di early access, Tencent Games, penerbit video game terbesar di Cina, mendekati Bluehole pada bulan yang sama dengan tawaran untuk menerbitkan Battlegrounds di Cina dan membeli ekuitas di perusahaan.

Namun, Asosiasi Audio-Video dan Penerbitan Digital China mengeluarkan pernyataan pada Oktober 2017 yang mengecilkan game pertempuran gaya royale, yang menyatakan bahwa mereka terlalu keras dan menyimpang dari nilai-nilai sosialisme Tiongkok, yang menganggapnya berbahaya bagi konsumen muda.

Namun pada bulan berikutnya, PUBG telah mencapai kesepakatan resmi dengan pemerintah China untuk mengizinkan perilisan game di negara tersebut, dengan Tencent sebagai mitra penerbitan. Namun, beberapa perubahan dilakukan untuk memastikannya selaras dengan nilai-nilai sosialis dan moral tradisional Tiongkok. Di Korea Selatan, game ini dipasarkan dan didistribusikan oleh Kakao Games.

Meskipun kurangnya penerbit Cina sebelum kesepakatan Tencent, para pemain di Cina telah menemukan cara untuk mendapatkan dan memainkan game melalui Steam melalui proxy dan trik jaringan lainnya. Untuk mengatasinya, PUBG Corporation berencana untuk menambahkan batas ping klien maksimum untuk server yang dapat mengurangi masalah dengan masalah latensi dan mencegah beberapa kecurangan yang telah terjadi.

Ini tidak akan mencegah perjodohan lintas wilayah tetapi mungkin menyulitkan beberapa pemain untuk bermain di luar wilayah mereka jika mereka memiliki infrastruktur Internet yang buruk. Tencent juga telah membantu dengan mengidentifikasi dan melaporkan sekitar 30 program perangkat lunak kepada polisi Tiongkok yang dapat digunakan untuk cheat di Battlegrounds, yang mengarah ke lebih dari seratus penangkapan pada awal 2018.

Secara terpisah, masalah teknis ini, di samping jumlah pemain Cina yang lebih besar, telah menimbulkan keluhan di komunitas pemain. Beberapa pemain Barat khawatir bahwa banyak pemain Cina yang bisa melakukan cheat dalam game dengan mengeksploitasi beberapa masalah latensi jaringan, sesuatu yang terus diperbaiki PUBG Corporation ketika game bergeser dari akses awal. Namun, sejumlah kecil pemain menyerukan pemisahan server berdasarkan wilayah, dan telah menggunakan penghinaan rasial pada pemain Cina yang mereka temui dalam game.

Greene kecewa dengan "sikap xenofobia" ini, menyebutnya "memalukan", dan meminta komunitas pemain untuk lebih menghormati para pemain Cina karena jumlah mereka adalah bagian kunci dari kesuksesan game. Greene juga mengidentifikasi bahwa pemain dapat dengan mudah menyiasati kunci wilayah tersebut menggunakan jaringan pribadi virtual, membuat pendekatan ini tidak efektif. PUBG Corporation akhirnya menambahkan matchmaking berdasarkan wilayah pada Oktober 2018, meskipun pemain masih melaporkan masalah padakonektivitas dan matchmaking yang lambat.

Xbox One
Greene adalah bagian dari konferensi pers Microsoft selama E3 2017 untuk mengumumkan bahwa Battlegrounds akan hadir ke Xbox One sebagai konsol eksklusif pada akhir 2017, menggunakan pendekatan akses awal Xbox Game Preview untuk mengujinya.

Awalnya, Greene mengatakan bahwa Microsoft tidak terlibat langsung dalam porting tetapi hanya memberikan bantuan untuk memastikan port tersebut baik, dan bahwa sebagian besar tanggung jawab porting dilakukan oleh Anticto, seorang pengembang Spanyol. Namun, di Gamescom tahun itu, Bluehole menegaskan bahwa Microsoft Studios akan menerbitkan versi Xbox One dari judul tersebut, membantu untuk membuat rilis yang direncanakan pada tahun 2017 untuk versi ini.

Greene mengatakan bahwa dukungan Microsoft telah membantu dalam beberapa cara, tidak hanya untuk versi Xbox One tetapi meningkatkan kinerja dan keamanan versi Windows. Lebih jauh lagi, dengan menjadi bagian dari kelompok studio di bawah spanduk Microsoft, mereka telah dapat berbicara dan menggabungkan teknologi dari pengembang lain, seperti peningkatan teknik pemberian air yang mereka peroleh dari Rare yang telah mereka kembangkan untuk Sea of Thieves.

Microsoft menganggap Battlegrounds sebagai proyek penting untuk menunjukkan kemampuan perusahaan mereka menjadi lebih dari sekadar penerbit, menurut Microsoft Nico Bihary yang memimpin proyek. Bihary mengatakan bahwa mereka telah memberikan Battlegrounds perlakuan "sarung tangan putih", dan untuk port Xbox One telah menyediakan layanan dari kelompok teknologi canggih dan waktu dan dukungan dari The Coalition, anak perusahaan Microsoft Studios yang lain.

Kim juga menyatakan bahwa tim tertarik bermain lintas platform antara Windows dan versi konsol, tetapi tidak mengantisipasi ini sebagai fitur rilis, karena mereka perlu menentukan bagaimana mengurangi keuntungan keyboard dan pemain yang menggunakan mouse dibandingkan menggunakan kontroller.

Game ini berjudul "Game Preview Edition", versi akses awal untuk Xbox One dirilis pada 12 Desember 2017 dalam format digital dan fisik. Untuk mempromosikannya, Microsoft melakukan peti pasokan kehidupan nyata di Australia pada minggu sebelumnya, dengan peti yang berisi perangkat keras Xbox, barang dagangan Battlegrounds, dan barang-barang lainnya, menggunakan kode sandi yang diterbitkan di samping lokasi penurunan di media sosial.

Versi Xbox juga mencakup item kosmetik dalam game khusus Xbox, beberapa di antaranya dapat dibeli secara langsung daripada melalui peti dalam game. Rilis resmi dari program Game Preview terjadi pada 4 September 2018.

Versi Mobile (Seluler)
Menyusul kesepakatan publikasi Cina untuk versi Windows, Tencent Games dan PUBG Corporation juga mengumumkan bahwa mereka berencana merilis dua versi mobile berdasarkan game di negara tersebut. Yang pertama, PUBG: Exhilarating Battlefield, adalah versi singkat dari gim asli, dan dikembangkan oleh Lightspeed & Quantum Studio, sebuah divisi internal Tencent Games. Yang kedua, PUBG: Army Attack, mencakup lebih banyak elemen bergaya arcade, termasuk aksi yang terjadi di kapal perang, dan dikembangkan oleh Timi Studio Tencent.

Kedua versi ini gratis untuk dimainkan, dan dirilis untuk perangkat Android dan iOS pada 9 Februari 2018. Game-game ini memiliki total gabungan 75 juta pra-registrasi, dan menempati peringkat pertama dan kedua pada grafik unduhan iOS Tiongkok saat diluncurkan. Menyusul peluncuran lunak di Kanada, versi bahasa Inggris dari Exhilarating Battlefield, yang dilokalisasi hanya sebagai PUBG Mobile, dirilis di seluruh dunia pada 19 Maret 2018.

Di Cina, PUBG Mobile telah menunggu persetujuan oleh pemerintah untuk rilis resmi, di mana game hanya dapat ditawarkan sebagai tes publik. Namun, rilis yang direncanakan Tencent ditangguhkan karena pembekuan persetujuan pemerintah di sebagian besar 2018. Pada Mei 2019, Tencent mengumumkan tidak akan lagi berusaha untuk menerbitkan PUBG Mobile di Cina, tetapi sebaliknya akan mengirimkan judul pertempuran yang sama, Game for Peace yang siap memenuhi batasan konten China, seperti menghilangkan darah dan kengerian.

Playstation 4
Dengan pengumuman rilis Xbox, PUBG Corporation menyatakan bahwa ada rencana untuk port ke platform tambahan, seperti PlayStation 4. Dalam sebuah wawancara tak lama setelah Gamescom, Greene mengatakan bahwa kesepakatan mereka dengan Microsoft tidak mengecualikan port PlayStation 4, tetapi fokus mereka pada saat itu hanya pada versi Windows dan Xbox One, mengingat ukuran kecil tim mereka.

Ketika ditanya tentang hal itu pada Januari 2018, Kim menyatakan bahwa tim tersebut merilis game pertama pada program akses awal Steam dan Xbox Game Preview karena mereka berdua dengan mudah mengizinkan game dalam pengembangan untuk dirilis dan diperbarui dari waktu ke waktu, yang kontras dengan kurangnya Sony. program akses awal mereka sendiri, serta kontrol kualitas yang ketat untuk game yang bahkan selesai. Port PlayStation secara resmi diumumkan pada bulan November, dan dirilis pada 7 Desember 2018.

Kepala studio PUBG Corporation Brian Corrigan mengatakan bahwa sementara mereka memiliki tim kecil yang mengerjakan port PlayStation 4 untuk beberapa waktu, hanya sampai Xbox One port sebagian besar selesai bahwa mereka mulai bekerja sepenuhnya pada port PlayStation. Versi PlayStation 4 dari game ini mencakup item kustomisasi platform-eksklusif, khususnya pakaian Nathan Drake dari seri Uncharted, dan ransel Ellie dari The Last of Us. Film aksi langsung pendek untuk mempromosikan rilis PlayStation 4 disutradarai oleh Jordan Vogt-Roberts dan dibintangi oleh Jason Mitchell.

Dukungan bermain lintas platform antara versi Xbox dan PlayStation dari Battlegrounds ditambahkan pada Oktober 2019 setelah periode pengujian selama bulan sebelumnya.

PUBG Lite
PUBG Lite adalah versi gratis dari Battlegrounds yang dimaksudkan untuk dapat dimainkan dengan lebih baik pada komputer kelas bawah dengan memiliki pengurangan signifikan dalam detail grafik dan fitur lainnya, tetapi sebaliknya fitur lengkap dengan permainan penuh.

Versi ini dimaksudkan untuk dimainkan di daerah di mana spesifikasi minimum permainan mungkin sulit untuk dicapai oleh pemain rata-rata, dengan peluncuran beta pertama kali dirilis di Thailand pada Januari 2019, dan di Eropa pada bulan Oktober itu.

Esports
Untuk merayakan game yang melampaui dua juta kopi terjual, Bluehole mengumumkan acara Charity Invitational 2017, mengundang 128 pemain untuk bersaing dalam saluran resmi Twitch.tv mereka untuk mengumpulkan uang untuk Yayasan Penjangkauan Gamers, dengan Bluehole mencocokkan semua sumbangan hingga US $ 100.000. Kompetisi berjalan pada awal Mei 2017, dan mengumpulkan sedikitnya US $ 120.000 dari pemirsa bersama dengan pertandingan Bluehole US $ 100.000, dan berfungsi sebagai prototipe untuk acara esports di masa depan untuk game tersebut.

Selama acara Gamescom Agustus 2017, Bluehole dan ESL menyelenggarakan turnamen undangan Battlegrounds pertama, dengan hadiah total $ 350.000. Acara terpisah diadakan untuk pemain solo, tim dua pemain, tim dua pemain ditetapkan pada perspektif orang pertama (FPS), dan regu empat pemain. Setiap acara menampilkan tiga pertandingan, dengan pemain atau tim mencetak skor tertinggi diantara ketiga pemenang yang disebutkan.

Greene mengatakan bahwa walaupun dia telah membayangkan format battle royale menjadi olahraga penonton sejak mod ARMA II-nya, pendekatan mereka untuk menjadikan Battlegrounds sebuah esport adalah masalah mengambil "langkah kecil".

Greene mengatakan bahwa mereka tidak akan secara aktif mengejar esports sampai setelah game sepenuhnya dirilis dan bahwa semua bug utama dihilangkan. Acara Gamescom 2017 menunjukkan masalah seputar logistik menjalankan turnamen Battlegrounds besar dengan sejumlah besar pemain yang terlibat, dan mereka telah bekerja bersama ESL untuk mengeksplorasi bagaimana melakukan ini secara efektif di masa depan.

Lebih lanjut, Greene menyatakan ada juga kebutuhan untuk membangun format untuk menyajikan pertandingan Battlegrounds untuk membuatnya menarik bagi para penonton, yang menurutnya akan membutuhkan waktu untuk dikembangkan mengingat sifat dari gameplay yang muncul, membandingkannya dengan penembak orang pertama yang telah mapan. dan gim esport arena pertempuran multipemain online. Turnamen 20-tim, 80-pemain yang diadakan oleh Intel berlangsung di Oakland pada November 2017, dengan total hadiah US $ 200.000.

0 komentar