5 Game Cyberpunk Terbaik Sepanjang Masa yang Harus Kamu Coba

Pasti kamu bertanya apa sih 'cyberpunk' itu? Cyberpunk merupakan sebuah cerita aliran fiksi ilmiah yang menggambarkan keadaan kehidupan modern yang kacau dengan latar teknologi tingkat tinggi. 

Game yang memiliki konsep cyberpunk pada umumnya terjadi pada masa depan yang tak jauh dengan masa kini sehingga di dalamnya masih dapat ditemukan beberapa kemiripan.

Genre cyberpunk sendiri telah ada sejak tahun 80-an dan terus berkembang hingga sekarang. Keunikan konsep yang berbeda dari genre game lain membuat game cyberpunk memiliki penggemarnya sendiri. 

Lantas apa saja game genre cyberpunk yang dapat dimainkan saat ini? Nah berikut ini Dunia Games telah merangkum lima game cyberpunk terbaik sepanjang masa yang mungkin bisa menjadi game favorit kamu.

1. Invisible, Inc.

Invisible, Inc. merupakan game bergenre cyberpunk yang dikembangkan oleh developer Klei Entertainment dan telah dirilis pada Mei 2015 lalu untuk konsol dan PC. Invisible, Inc. sendiri adalah game turn-based tactics stealth yang menggunakan konsep masa depan dengan kemajuan teknologi yang canggih. 

Berlatar tahun 2074 kamu dapat merasakan bagaimana majunya peralatan canggih saat itu, yang semuanya sudah dikomputerisasi. Karena mengusung gameplay turn-based maka jangan harap kamu dapat bergerak dengan bebas; dan untuk bisa menyelesaikan setiap misi, kamu harus mengatur strategi agar bisa melumpuhkan musuh tanpa ketahuan.


2. Transistor

Transistor adalah sebuah game yang dikembangkan oleh developer yang juga mengembangkan game Bastion yaitu Supergiant Games. Game yang dirilis pada tahun 2014 lalu ini memang memiliki konsep cyberpunk yang berbeda dari game sejenis. 

Dengan mengusung konsep yang unik ini, Transistor ternyata berhasil diterima oleh para gamer dan juga masuk dalam game terlaris di Steam.

Dalam Transistor kamu dapat melihat sebuah kota yang sangat futuristik. Di sini kamu akan menggerakan seorang karakter wanita yang membawa pedang besar. Pedang ini adalah senjata yang kamu gunakan untuk menghabisi musuh-musuh yang muncul. 

Dengan alur cerita yang menuntun kamu untuk memecahkan sebuah misteri, kamu akan merasakan gameplay yang intensif dan juga soundtrack yang asik.

3. >observer_

Apa yang kamu akan lakukan apabila ketakutanmu telah diretas oleh orang lain? >observer_ merupakan game yang membuat kamu merasakan bagaimana seseorang dapat meretas ketakutan dan membuat orang lain tidak berdaya. 

>observer_ sendiri merupakan sebuah game horor psikologis yang menggunakan elemen cyberpunk di mana kamu dapat merasakan sebuah ketakukan akan sesuatu yang di luar akal sehat manusia. 


4. Snatcher

Ketika tengah mengerjakan judul Metal Gear dan Metal Gear Solid, Hideo Kojima juga mengerjakan dua game first person adventure berjudul Policenauts dan Snatcher. Kedua game tersebut merupakan game bergenre cyberpunk, namun yang kemudian sukses adalah Snatcher. Game ini dirilis pada tahun 1988 silam untuk konsol Sega Saturn.

Dalam game-nya kamu akan menjalankan sebuah misi rahasia untuk menghentikan rencana jahat sebuah organisasi yang telah membuat senjata biologis mematikan bernama Lucifer-Alpha. 

Ketika memainkan Snatcher, kalian tidak bisa bergerak dengan bebas. Pergerakan game first-person ini dikendalikan lewat beberapa kalimat perintah yang muncul di layar. Setiap perintah yang kamu pilih akan berpengaruh langsung di dalam cerita.

5. Deus Ex

Pada tahun 2000 Eidos Montreal merilis Deus Ex yang bergenre first person RPG dengan tema cyberpunk untuk konsol dan PC. Berlatarkan tahun 2052, kamu akan berperan menjadi seorang agen yang bekerja di sebuah organisasi anti teroris yang dikirimkan untuk menumpas jaringan teroris terselubung. 

Namun, seiring ceritanya bergulir, kamu akan menemukan bermacam-macam skema yang menyimpang, dan rahasia besar yang tersimpan dari organisasi tersebut. Kesuksesan Deus Ex ini akhirnya membuat Square Enix tertarik untuk memilikinya dan mengembangkan beberapa seri selanjutnya.

So, itulah kelima game genre cyberpunk terbaik yang pernah dirilis pilihan DuniaGames. Walaupun rata-rata di antaranya adalah game lawas tetapi konsep masa depan yang diusungnya sangatlah menarik, yang membuat game-nya menjadi seru untuk dimainkan. Mungkin kamu tertarik untuk mencoba?

Referensi :
duniagames.co.id