Apa Ya Fungsi Pelindung Kepala Ninja dalam Naruto? Simak Penjelasannya Disini!

Selain perlengkapan dan senjata ninja, terdapat hal penting lain yang selalu dibawa-bawa oleh seorang Shinobi: yakni pelindung kepala -- atau Hitai-ate dalam bahasa Jepang. Pelindung kepala ninja ini biasanya berbentuk ikat kepala dengan pelat metal di tengahnya. Pelat metal tersebut memiliki ukiran bergambar simbol desa mereka.

Di anime-nya terlihat kalau penggunaan pelindung kepala seperti ini sudah dipakai sejak zaman Asura Otsutsuki, namun pada masa itu pelat metalnya belum diukir-ukir seperti sekarang.


Para ninja biasa menganggapnya sebagai tradisi dan selalu memakainya ke mana-mana, terutama saat sedang berlatih. Benda ini juga berguna untuk melindungi kepala mereka saat bertempur, walaupun bukan menjadi fungsi utama.

Oleh karena itu, agar seseorang dianggap sebagai ninja secara resmi, mereka harus bisa mendapatkan ikat kepala tersebut saat lulus dari Ujian Genin.

Di saat yang sama, "kehilangan" atau "rusaknya" ikat kepala juga menandakan ketidaklayakan seseorang untuk menjadi ninja di desanya. Contoknya seperti saat Naruto mengambil ikat kepala milik Boruto karena melakukan kecurangaan di Ujian Chuunin.

Kemudian para anggota Akatsuki yang kabur dari desanya mencoret lambang desa di ikat kepala mereka, menunjukkan kalau mereka sudah tidak berafiliasi lagi dengan desa mereka.

Dalam persiapan Perang Dunia Shinobi Keempat, samurai dari Negara Besi Mifune mendesain ikat kepala baru untuk Pasukan Aliansi Shinobi dengan lambang berupa tulisan kanji untuk "shinobi" (), yang menggambarkan sekarang mereka bertempur di bawah satu bendera untuk tujuan yang sama.

Meski memang namanya disebut sebagai "pelindung kepala", penanda ninja ini bisa dipakai dalam berbagai gaya dan juga warna. Seperti Sakura yang memakainya sebagai bando dengan warna merah, Gai dan Rock Lee yang memakainya sebagai sabuk, Shikamaru yang mengikatnya di lengan, bahkan ikat kepala Kakashi multifungsi juga sebagai penutup mata.

Referensi :
duniagames.co.id