Mengenal Pamela Halomoan, Animator Cantik Indonesia yang Karyanya Sudah Mendunia

Pamela Halomoan atau yang lebih dikenal dengan Pam, sejak kecil sering menghabiskan waktu bersama orang tuanya untuk menonton film kartun. Saat itu ia berpikir mengapa Indonesia tidak memiliki kartun sendiri? Mengapa selalu dari luar negeri? 

Semenjak itu ia pun mulai berinisiatif untuk membuat karakter dari Indonesia yang bisa dinikmati oleh semua orang. Terlahir dari keluarga arsitek, membuatnya terbiasa menggambar karena melihat ayah dan kakaknya menggambar.

Wanita yang lahir di Jakarta pada 12 Juli 1993 ini pun bergabung dengan klub kesenian di SMA-nya, dan aktif di fine art club juga stage decoration committee. Untuk pendidikan S1-nya Pamela memilih jurusan fine arts di Nanyang Academy, Singapura.

Papertoys Exhibition di Istanbul, Turki, adalah pameran pertama yang ia ikuti. Awalnya ia direkomendasikan oleh seorang seniman Indonesia, ThunderPanda, dan ternyata pemilik galeri tersebut sangat menyukai karyanya. Namun sayangnya Pamela tidak bisa hadir karena sibuk kuliah.
Saat ini Pamela sudah menjadi seorang animator terkenal, dan karyanya sudah dinikmati di beberapa negara, seperti Singapura, Amerika, Inggris, dan Turki. Wolly adalah karakter terkenal yang pernah ia buat. 

Wolly sendiri adalah seekor babi dengan mata separuh tertutup, yang bentuk badannya merupakan penggabungan dari beberapa hewan lain.

Ciri khas dari animasi buatan Pamela adalah, setiap karakter memiliki mata yang selalu separuh tertutup. Hal itu terinspirasi dari mata Pamela dan teman-temannya yang sering seperti itu karena terlalu sering bergadang untuk mengerjakan tugas. 

Selain itu Pamela sangat memperhatikan kepribadian dan biografi dari setiap karakter yang ia buat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena menurut Pamela setelah karakter tersebut dianimasikan dan bergerak, mereka akan seperti manusia.

Saat ini Pamela sudah kembali ke Indonesia dan bekerja di sebuah perusahaan swasta di Jakarta sebagai Head Of Content, selain itu Pamela juga bekerja sebagai Character Artist di situs pribadinya.

Prestasi yang pernah diraih oleh Pamela :
  • Pameran The Wild Things Exhibition, Jakarta, 2010
  • Pameran Singapore Game Toy Comic Convention, Singapura, 2010
  • Pameran Papertoys Exhibition di Milk Gone Mad! Istambul, Turki,2010

Referensi :
duniagames.co.id