Nggak Nyangka, Ternyata 5 Hero Ini Dulunya Pernah Punya Skill IMBA di Dota

Melewati berbagai patch dan update Dota terus menerus disempurnakan agar menjadi nyaman baik dimainkan dalam pub game atau dimainkan dalam kancah kompetitif. Berkat dari berbagai penyesuaian, beberapa hero kini mungkin sudah terasa cukup seimbang. 

Meski begitu, tahukah kamu ada hero-hero yang sempat IMBA pada masanya? Ini dia 5 hero tersebut:


5. Wintern Curse - Winter Wyvern

Meski kini skill hero ini terbilang sudah cukup balance tapi tahukah kamu bahwa dahulu Winter Wyvern terbilang cukup OP atau Overpower. Winter Wyvern dahulu dikenal sebagai support defensif dengan kemampuan ofensif yang baik. 

Apalagi dengan Winter Curse miliknya yang bisa kumpulkan semua musuh jadi satu, dan masih bisa diserang dari luar. Bahkan sebelum patch 6.85, hero ini dapat menarik musuh yang menggunakan Black King Bar jadi menyerang kawan yang ditarget Winter Curse.

Kini skill ini sudah kembali diseimbangkan. Musuh yang sedang dalam keadaan Winter Curse tak lagi dapat dilukai oleh damage dari luar, termasuk damage dari hero kamu atau pun hero kawan kamu.

4. Geomagnetic Grip - Earth Spirit

Bicara soal hero yang banyak disesuaikan, maka Earth Spirit bisa dibilang salah satunya. Apalagi terkait skill hero ini yaitu Geomagnetic Grip. Dahulu, skill ini dapat kamu gunakan untuk menarik kawan kamu yang sedang di tengah bahaya. 

Hal ini tentu menjadi suatu hal yang terlalu menyebalkan ketika bertemu Earth Spirit, karena ia dapat selamatkan kawan yang dalam bahaya hanya dengan semudah target point saja.

Untungnya kemampuan ini kini sudah diseimbangkan dengan memanfaatkan mekanika Talent. Kini Geomagnetic Grip memang dapat digunakan untuk menarik kawan, namun hal tersebut baru dapat dinikmati oleh Earth Spirit setelah ia mencapai level 25. 


3. Vacuum - Dark Seer

Kemampuan untuk mengumpulkan berbagai unit dan hero dalam area yang besar ke dalam satu titik saja membuat skill ini jadi salah satu skill yang membuat Dark Seer tetap dimainkan apapun meta yang sedang terjadi. 

Namun, dahulu skill ini pun sempat IMBA. Pernah memiliki cast range sebesar 800 unit, pernah memiliki cooldown hanya 16 detik (sekarang 32 detik), pernah punya damage lebih besar yaitu 240 (sekarang 160), dan pernah dapat menarik hero yang sedang dalam keadaan MAGIC IMMUNE!

Bahkan dulu sempat beredar sebuah gurauan yang adalah semua bocoran patch dipercaya asalkan ada nerf untuk skill Vacuum Dark Seer. 

Bahkan yang lebih gila lagi, dahulu skill ini memiliki interaksi unik terhadap hero yang sedang dalam keadaan Invulnerable. Hal ini membuat kombo Naga Siren - Dark Seer sempat populer.

2. Flaming Lasso – Batrider

Skill yang satu ini mungkin bisa dibilang salah satu skill yang cukup kuat di Dota meski memang tak OP. Alasannya adalah skill ini yang bisa tarik satu target dan membuat dia jadi keluar dari posisinya. 

Meski skill ini terbilang masih cukup bagus meski sudah kena beberapa kali nerf, namun ternyata skill ini juga sempat IMBA pada zamannya.

Dahulu ketika kamu Flamming Lasso hero yang kamu target, kamu sebagai Batrider masih bisa menyerang target yang kamu tangkap. Gara-gara ini, Batrider jadi mudah untuk dapat solo kill. 

Mekanik ini akhirnya di-nerf pada update 6.77 yang membuat Batrider tak lagi bisa menyerang ketika sedang menggunakan Flamming Lasso.

1. Track - Bounty Hunter

Bicara soal hero IMBA, Bounty Hunter juga sempat menjadi salah satunya. Skill Track adalah skill yang dahulu pernah IMBA. Secara umum pada saat ini saja skill ini sudah terbilang sudah cukup berguna, dengan beri tambahan movespeed, dan juga memberi bonus gold ketika kamu berhasil bunuh musuh yang terkena Track.

Kenapa Track jaman dulu dianggap IMBA, karena selain beri bonus gold dan movespeed kepada kawan, skill ini juga memberi vision yang lumayan. Dengan vision, musuh yang sedang terkena Track bisa menjadi ward bagi kamu. 

Apalagi skill ini dahulu juga memberi efek minus armor yang membuat skill ini jadi makin berbahaya. Namun kini kedua hal tersebut sudah dihilangkan agar Track jadi lebih kalem di dalam permainan.

Ternyata cukup banyak juga hero yang dahulu punya skill yang terbilang IMBA ya. Menurut kamu sendiri, skill hero apa yang sekarang atau dahulu pernah IMBA di Dota?

Referensi :
duniagames.co.id