Ini Dia Perbedaan PS4 dengan Xbox One

Tahun 2017 adalah tahun yang paling ditunggu-tunggu bagi gamer konsol, yaitu hadirnya konsol terbaru, khususnya untuk Xbox. Tahun lalu telah diungkapkan secara resmi tentang perilisan PS4 Pro dan Xbox One S, dua konsol ini mulai dirilis sejak tahun 2013 dan menghadirkan fitur baru yang lebih kaya dari konsol sebelumnya.

PS4 Pro merupakan versi peningkatan dari PS4, memiliki kemampuan menampilkan game dengan grafis 4K berkat teknologi canggih checkerboarding. Teknologi ini juga dilengkapi Boost Mode terbaru yang dapat meningkatkan frame bermacam-macam judul game.

Selain itu, Xbox One S berukuran lebih kecil dan ramping dilengkapi fitur 4k Blu-Ray player dan HRD support. Namun itu belum seberapa bila dibandingkan Xbox One X yang akan dirilis tahun ini.

Hadirnya Xbox One S paling tidak menambah konsol Xbox. Penting bagi mesin Xbox One X untuk ada saat peluncuran. Ukurannya lebih kecil, menarik dan menyediakan fitur bagus seperti 4K dan support untuk TV HRD.

Ada beberapa alasan untuk memilih salah satu konsol sesuai pendapat pribadimu masing-masing. PS4 memiliki performa yang lebih ungul dibandingkan Xbox One X bersamaan dengan datangnya judul game dari pihak ketiga. Xbox One memiliki judul game yang tidak dimiliki PS4 seperti Halo, Gears of War, Forza dan kedepannya akan lebih banyak lagi game yang akan dibuat oleh Microsoft.

Sony juga memiliki judul game eksklusif yang tidak dimiliki Xbox One seperti Uncharted, Gran Turismo Sport, God of War, Death Strading, Persona 5, Street Fighter V dan The Last Guardian, itupun masih sebagian kecil dari semua judul game yang akan hadir di PS4 Pro.

User Interface Xbox One X didapat dari Windows 10 yang bertujuan menyatukan semua media ke dalam satu saluran. Ini patut diperhitungkan jika kamu menginginkan konsol yang menjadi pusat dunia hiburan.

Perbandingan Harga PS4 dan Xbox One

Saat ini kedua konsol tersebut mudah didapatkan dengan harga murah dengan tambahan game dan hard drive yang cukup besar.

Xbox saat ini dijual dengan harga 299,99 Euro, tapi kamu akan jarang menemukannya dengan herga tersebut. Sejak dirilisnya Xbox One S, harga konsol turun drastis, sekarang harganya hanya 200 Euro lengkap dengan game dan hard drive nya. Tentu saja itu adalah kabar gembira bagi para gamer.

PS4 Slim yang merupakan model standar, dijual seharga 249 Euro dengan ukuran hard drive 500 GB. Sama halnya dengan Xbox One, kamu tidak akan kesulitan menemukan PS4 satu paket dengan kaset dan hard drive nya. Selain itu kamu bisa memperbesar kapasitas penyimpanan memorinya sesuai keinginanmu.

PS4 Pro harganya sedikit lebih mahal, saat ini berada di harga 349 Euro dengan kapasitas hard drive 1TB. Namun konsol ini dua kali lebih kuat terutama dalam grafis dan prosesor, jadi tidak masalah jika harganya lebih mahal 100 Euro. Sayangnya stoknya sudah tidak sebanyak saat pertama kali peluncuran, jadi kamu harus jeli mencari konsol yang tersisa.

Xbox One S harganya lebih mahal dibandingkan model sebelumnya, dengan edisi terbatas berkapasitas 2TB, konsol ini dipatok dengan harga 349,99 Euro. Untuk versi 500GB dan 1TB harganya lebih murah, yaitu 249,99 dan 299,99 Euro.

Spesifikasi PS4 dan Xbox One


Model PS4 dan Xbox One

Jika kamu orang yang suka melihat bentuk konsol berikut perbedaan desain kedua konsol tersebut.
Xbox One ukurannya lebih kecil dari PS4, yaitu 7.9 x 27.4 x 33.3cm sedangkan PS4 5.3 x 27.5 x 30.5cm dimensions.

Baca Juga :


Controller PS4 dan Xbox One

Kedua kontroller di atas nampak seperti controller sebelumnya, tapi untuk DualShock 4 ada sedikit perubahan. Microsoft tidak merubah controller untuk Xbox One, sama seperti sebelumnya, controller akan tetap memiliki d-pad dibawah dan analog di samping hanya saja desain lebih ramping dan nyaman.

Controller untuk Xbox One lebih nyaman digunakan untuk game racing seperti DriveClub dan Gran Turismo Sport. Selain itu d-pad nya dibuat lebih responsif dan bekerja dengan baik untuk game Killer Instict dan Mortal Kombat.

Sayangnya controller Xbox One butuh baterai AA untuk bisa dioperasikan, berbeda dengan PS4 yang bisa diisi ulang. Dualshock 4 lebih banyak berubah, nampak lebih padat dan ramping dibandingkan sebelumya selain itu juga lebih berat.

Ada juga Xbox One Elite yang patut dipertimbangkan, yang saat ini sudah tersedia-jumlahnya terbatas. Jika kaum mau membayar mahal, yaitu 120 Euro kamu bisa mendapatkan kontroller yang telah dimodifikasi ini. Membuatnya kontroller yang sempurna untuk untuk merasakan pengalaman bermain yang lebih profesional.

Controller ini juga dilengkapi dengan bluetooth sehingga bisa digunakan juga di PC.

Game eksklusif PS4 Dan Xbox One

Setiap konsol memiliki banyak koleksi game sejak bulan November 2013, namun hanya tersedia untuk konsol tersebut sehingga kamu tidak dapat memainkannya di konsol lain. Baik buruknya game tergantung pada selera gamer masing-masing, karena itu banyak perusahaan membuat game dengan genre yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa game yang banyak diminati :

Game eksklusif untuk PS4 

  • Uncharted 4: A Thief’s End : Petualangan Nathan Drake yang seru dengan kisah yang menyentuh dipadu dengan aksi yang penuh ledakan.
  • The Last of Us Remastered : Ini dia game masterpiece buatan Naughty Dog, Bercerita tentang Joel dan Ellie menelusuri dunia pasca kehancuran besar yang sayang untuk dilewatkan.
  • The Last Guardian : Setelah 10 tahun ditunggu-tunggu, akhirnya The Last Guardian dirilis untuk konsol PS4. Menceritakan kisah Tim Ico dan persahabatan dengan penjelajahan dunia yang indah.
  • Bloodborne : Game ini adalah karya terbaik dari From Software, melampaui game Darksoul dengan tema kegelapan setiing Gothic dengan pertumpahan darah yang brutal. 
  • Yakuza: Petualangan mafia jepang yang sering diremehkan
  • Ratchet and Clank : game platform yang diremake dengan grafis yang lebih baik dan menyenangkan.

Game eksklusif untuk Xbox One 
  • Gears of War 4 : Markus Fenix kembali dengan semua karakter baru dan musuh dari Gears 4. Dengan latar penuh aksi dan tembak-tembakan membuat game ini jauh lebih baik dari sebelumnya.
  • Halo 5 Guardias : Industri 343 telah bekerja dengan baik bersama Trilogi sejauh ini, dengan aksi guardian sebagai bagian awal dari perjalanan Master.
  • Ori and the Blind Forest : Game Platform yang indah ini akan membuatmu menangis dan ikut terbawa suasana, dengan kisah yang menyentuh dan gameplay yang menantang game ini akan sangat menghibur.
  • Rare Replay :  Game ini merupakan gabungan dari 30 game ternama yang melegenda, mengajak kita bernostalgia ke game jadul yang gak kalah seru dengan game sekarang.
  • Forza Horizon 3 : Salah satu game balapan terbaik di generasinya, Horizon 3 menyediakan ribuan mobil yang siap dimainkan lengkap dengan event dan lingkungan indah menunggu untuk dijelajahi.  
  • Quantum Break : Game FPS dengan kemampuan bintang membuatnya mampu memperlambat waktu.

Kesimpulan 

PS4 memiliki banyak judul game bagus yang bisa dimainkan. Pemain yang suka dengan game bergenre JRPG sebaiknya memilih PS4 karena akan banyak game buatan jepang yang akan dihadirkan disini.

PS4 telah siap dijual saat perilisannya, menyajikan grafis 4K dengan kemampuan boost. PlayStation VR juga disediakan untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman gaming lebih mendalam.

Xbox One juga salah satu pilihan cerdas yang patut dipertimbangkan, dengan hadirnya game Halo, Forza dan Gears of War yang merupakan deretan game terbaik. Sejak Phil Sppencer mengambil alih merek Xbox perusahaan tersebut mulai fokus mengembangkan game, meskipun tak semua game berhasil dikembangkan seperti Scalebound yang batal dirilis.

Kamu juga bisa menggunakan fitur Xbox Play Anywhere, sebuah layanan yang memberikan kamu 2 game dengan satu harga di Xbox dan Windows 10. Perilisan Xbox One S pasti akan menghibur kita sampai perilisan Project Scorpio nanti.