Survei Membuktikan PS4 Lebih Unggul Dibanding Xbox?

Sekarang adalah jamannya generasi konsol ke-8. Persaingan perusahaan raksasa Microsoft Xbox dan Sony PS4 masih berlanjut. Kedua konsol tersebut menghadirkan pengalaman gaming yang unik dan tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut  kita akan bahas survei ilmiah yang dilakukan oleh Nielsen, karena sifatnya ilmiah maka hasil survei ini objektif tidak subjektif yang memihak orang tertentu, survei ini didapatkan dari bukti empiris yang sudah ada.

Kalau kita lihat saat ini memang banyak orang yang memilih PS4 dibandingkan Xbox One, lantas apa alasan mereka memilih PS4? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini:
PS4 telah banyak terjual di banyak negara, jumlah penjualannya lebih banyak dibandingkan Xbox One. Bahkan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Xbox One, masih kalah penjualannya dengan PS4. Ada beberapa alasan yang membuat PS4 mampu menarik hati banyak konsumen diantaranya adalah resolusi.

Perdebatan fan PS4 dan Xbox tentang resolusi ini sering sekali terjadi terutama saat perilisannya yang dikenal dengan nama resolutiongate. Tidak penting memang kalau hanya beda resolusi saja, toh kita tidak melihat grafis game dengan mendetail, keterbatasan mata kita akan membuat resolusi 4k dengan 2k nampak beda tipis.

Baca Juga :

Namun tidak demikian dengan para gamer, faktor resolusi justru menjadi alasan utama mereka lebih memilih PS4. Alasan kedua adalah fitur blue ray playernya, sedangkan alasan ketiga library game PS4 lebih banyak. Alasan keempat kekuatan pemrosesan yang lebih cepat dan terakhir lebih ramah untuk keluarga, mengingat PS4 bisa dimainkan dengan posisi berdiri(vertikal) maupun tidur(vertikal).

Lalu apa kelebihan Xbox yang tidak dimiliki PS4 maupun Nintendo Wii? Alasan utamanya adalah karena brand. Sebagian gamer masih setia menggunakan Xbox dan enggan untuk menggunakan merk lain seperti PS4 ataupun Nintendo Wii.

Seperti para penggemar Apple mereka akan selalu setia menggunakan Apple dan tidak akan beralih ke merk lain. Alasan selanjutnya adalah fitur Xbox yang inovatif sebut saja Kinect generasi baru dan game-game eksklusif seperti Halo dan Forza.

Fakta menarik lainnya yang bisa kita lihat dari data diatas adalah ada banyak pengguna Xbox 360 yang beralih ke PS4 dibandingkan pengguna PS3 yang beralih ke Xbox One, Sebanyak 59% pengguna Xbox One berpindah ke PS4 sedangkan gamer yang berpindah dari PS3 ke Xbox One hanya 43%.

Selain itu data diatas juga membuktikan bahwa pembeli Xbox One lebih banyak dibandingkan PS4 yang sebelumnya tidak memiliki konso; generasi ke-7.

Total penjualan konsol PS4 saat ini mencapai 18,1 juta unit. Sedangkan Xbox belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang hasil penjualannya hingga tahun 2015.

Namun Microsoft telah mengkonfirmasi hasil penjualannya bulan November lalu, yaitu sebanyak 10 juta unit telah terjual di seluruh dunia. Penjualan Xbox sejauh ini masih lesu mengingat peluncuran Xbox yang bisa dikatakan gagal di Cina dan Jepang.