Ini 5 Hal yang Jadi Pemicu Kecanduan Game

Broh, kalian pada setuju kan kalau main game itu kegiatan paling menyenangkan, dan banyak hal positif yang bisa kita ambil. 

Contohnya nih saat mood kita lagi kacau, terus kita main game, eh setelahnya mood kita jadi kembali fresh lagi kayak semula. Bahkan malah bisa jadi keterusan dan makin keasyikan sampai bikin kita lupa hal-hal lain yang perlu dikerjakan.

Nah karena bikin gamer lupa ngerjain hal yang perlu dikerjakan, banyak orang berpendapat kalau main game itu bisa bikin kecanduan, dan bikin gamer lupa diri. Emang iya yah? Kalau menurut penulis sih, itu sebenarnya tergantung orang yang melakukannya. 

Tapi sebenarnya, jika ditelusuri, ternyata ada faktor-faktor pendukung yang melatarbelakangi kecanduan bermain game lho. Mau tahu apa saja faktor-faktornya, nih penulis jelasin di bawah ini ya.

1. Kesepian

Orang yang susah bergaul, nggak punya teman, nggak ada orang yang bisa ngertiin, bisa menjadi faktor orang menjadi kecanduan main game. Dan ketika orang tersebut memilih game sebagai ‘pelariannya’ jangan heran kalau dia akan merasa seperti ‘hidup’ kembali. 

Karena dengan bermain game mereka merasa tidak lagi kesepian, punya banyak teman, dan ada yang mengerti. Gamer seperti ini rela menghabiskan keseharian hidupnya hanya untuk bermain game.

2. Lebih Suka Menyendiri

Ada orang yang ingin bersosialisasi tapi tidak tahu cara yang tepat sehingga susah mendapat teman, dan ada juga orang yang punya banyak teman tapi lebih suka untuk menyendiri. 

Nah, tipe kedua ini juga bisa menjadi faktor kecanduan bermain game. Karena sepertinya tidak kegiatan seru lain yang bisa dilakukan saat menyendiri. Ya apalagi kalau tidak bermain game!

Baca Juga :


3. Menemukan Dunia Baru yang Seru

Orang-orang yang kesepian dan suka menyediri, ketika menemukan game yang membuatnya menjadi ‘hidup’ maka ia akan menjadikan game tersebut sebagai sahabatnya. 

Karena, orang-orang seperti ini merasa sudah menemukan dunianya sendiri di dalam game tersebut. Bagi mereka semua tugas yang diberikan dalam game memberikan mereka sebuah tujuan yang penting, bahkan mungkin lebih penting dari hal-hal yang mesti dikerjakan di dunia nyata.

4. Anak Rumahan

Istilah anak rumahan ini digunakan buat orang-orang yang lebih suka berdiam diri di rumah saja. Nggak suka nongkrong di mana-mana, maunya cuma pulang saja ke rumah. Untuk orang yang kayak gini umumnya sih mereka hobi banget bermain game. 

Apalagi kalau fasilitas di rumahnya memadai, ada PC dengan spesifikasi tinggi untuk bermain game, konsol game terkini, aksesoris game keren, dan internet super cepat. Yah siapapun kalau punya fasilitas gitu sih dijamin mending tinggal di rumah dan main, makanya akhirnya mereka jadi kecanduan.

5. Game Sulit Bikin Penasaran

“Sungguh mati aku jadi penasaran, sampai mati pun akan ku perjuangkan.” Tahu lirik lagu itu dong? Ini bakal kejadian sama gamer yang mainin game dengan tingkat kesulitan tinggi. Entah karena level yang susah dilewatin atau banyak hal lain yang perlu diselesaikan. 

Dan ini bikin para gamer jadi penasaran. Efeknya yah gamer jadi kecanduan, nggak mau ninggalin dan ngelepasin game itu sampai selesai. Sampai bahkan rela mengabaikan kesehatan untuk menyelesaikan game yang dimainkan.

Itu tuh broh faktor-faktor pendukung yang bisa bikin gamer jadi kecanduan main game. Kalau kamu ngerasain hal yang mana nih? Apakah kecanduan main game juga

Referensi :
duniagames.co.id