Setelah 10 Tahun, Final Fantasy XV Akhirnya Akan Dirilis

Final Fantasy XV merupakan salah satu sekuel game final fantasy garapan square enix. Game bergenre RPG ini telah memakan waktu 10 tahun dalam proses pembuatannya. Final fantasy ini merupakan seri terbaru game Final Fantasy dan sekaligus pertama kalinya yang akan hadir di konsol PS4.

Pembuatan game ini dimulai pada tahun 2006, saat itu masih berupa spin off Final Fantasy XIII dengan judul Final Fantasy XIII Versus dan bertahan sekitar 10 tahun. Tetsuya Nomura sebagai direktur dan designer karakter menciptakan dan membuat konsep game tersebut. Tahun 2012, secara resmi judulnya diganti dan dikembangkan untuk platform generasi ke delapan, saat itu Nomura digantikan dengan Hajime Tabata.

Untuk memperluas cerita tanpa membuat video game lagi, proyek multimedia bernama "Final Fantasy XV Universe" diciptakan. Proyek tersebut berisi dua game ponsel, seri anime, film dan game VR. Setelah dirilis, Final Fantasy XV mendapat kritik poitif dan memecahkan rekor penjualan yang mencapai 6 juta kopi di seluruh dunia.

Di game ini kamu bisa mengendarai mobil dan berkemah. Dengan grafis yang menakjubkan dan pemandangan yang memanjakan mata game ini menjadi salah satu game yang paling dinanti para penggemar final fantasy series. Apa sajakah yang ada dalam game ini dan seseru apa cerita dan permainannya? kita akan membahasnya disini.

Baca Juga :

Cerita
Game ini mengambil latar belakang pada zaman Eos (kalau di zaman kita disebut zaman modern) pada saat itu dunia dibagi menjadi beberapa negara, antara lain: Lucis, Tenebrae, Niflheim, Solheim and Accordo. Setiap negara memiliki kristal yang memiliki kekuatan luar biasa kecuali negara Niflheim. Dalam film Kingsglaive: Final Fantasy XV diceritakan Niflheim ingin menguasai wilayah Lucis (negara dimana karakter utama dalam game ini berasal) dengan melakukan serangan besar-besaran ke Negara Lucis.

Meskipun Lucis memiliki benteng yang sangat kuat yang didapatkan dari kristal namun benteng tersebut tidak akan bertahan selamanya, akhirnya Negara Lucis menerima tawaran dari Niflheim untuk berdamai, namun Neflheim berkhianat dan mengambil kristal Lucis. Dalam game ini nanti akan dilanjutkan kisah tersebut dengan berperan sebagai Noctis (anak dari raja Lucis) yang akan merebut kembali kristal tersebut dan mengakhiri peperangan dengan Neflheim.

Gameplay dan Battle System
Gameplay dalam game ini membuat pemain dapat bebas menjelajahi dunia seperti hutan, perkotaan, jalan raya, dll. Satu hari dalam permainan sama dengan satu jam. Sedangkan battle systemnya menggunakan Active Cross Battle (AXB) system. 

Jika kalian pernah memainkan Kingdom Hearts seperti itulah sistem pertarungannya tidak seperti sistem pertarungan final fantasy pada umumnya dimana karakter bersifat pasif dan menunggu perintah untuk menyerang, dalam seri ini pemain dapat bebas berlari, menghindar, melompat dan menyerang secara aktif ketika bertarung.

Kemudian untuk encounter (pertemuan dengan musuh) mirip dengan Final Fantasy XII yang mana darah, senjata, dan skill akan muncul jika berdekatan dengan musuh.

Fitur lain
Dalam game ini pemain dapat melakukan warp (semacam teleportasi) ke musuh kemudian menyerangnya dengan senjata yang bervariasi. Untuk leveling menggunakan sistem grid (seperti dalam final fantasy X). Pemain ditemani oleh dua orang yang akan membantu Noctis selama perjalanan seperti dalam serial Kingdom Hearts pemain hanya bisa memakai Noctis.

Dan seperti Final Fantasy seri sebelumnya Noctis dapat mensummon monster yang dinamakan Archaeans. Archaeans tersebut antara lain: Ramuh, Leviathan dan Titan. Final Fantasy XV telah dirilis diseluruh dunia pada 29 November 2016 untuk konsol PS4 dan Xbox One.