Tanpa Ini Game Jadi Tidak Menyenangkan

Hai sobat, dalam postingan kali ini saya tidak membahas isi game tapi musik dari game. Memang sih kedengarannya tidak menarik tapi tahukah kalian apabila sebuah game tidak ada musik atau lagunya. Hanya ada suara serangan seperti suara pedang, tembak, atau suara tombol korsur yang monoton. Pasti game tersebut terlihat tidak hidup, membosankan, dan malas  untuk memainkannya.

Oleh karena itu sobat banyak perusahaan game membuat nada, musik, atau lagu seindah mungkin untuk mempercantik gamenya. Bahkan banyak perusahaan besar menyewa komposer hebat dan membuat symphony yang indah.

Symphony biasanya dihasilkan di orchestra, apa itu orchestra guys, itu lo yang ada biola, terompet, piano, dll yang digabungin jadi satu dipimpin sama orang (komposer) di depan mengayunkan tongkat sakti hehe. 

Tak heran musik symphony hasilnya indah, banyak orang yang dilibatkan untuk membuatnya, setiap orang yang membuat symphony harus tahu perintah yang diberikan komposer dan memiliki keahlian memainkan alat musiknya masing-masing.

Saking indahnya musik game itu, kadang meskipun sudah besar kita masih ingat musiknya. Contohnya game fenomenal seperti Super Mario, pasti kalian masih ingat seperti apa musik dari game masa kecil ini. 

Meskipun musik tersebut masih tergolong klasik namun banyak digunakan untuk OST (Original Sountrack) di game. Ada juga musik game yang menggunakan musik yang lebih modern yang dihasilkan dari rekaman alat musik yang digabungkan, cara kerjanya mirip seperti musik dalam DJ.

Baca Juga :


Game yang memiliki musik yang bagus dan enak didengar lebih banyak diminati bila dibandingkan dengan game yang tidak memiliki tema musik indah, tapi itu juga tergantung genre dari gamenya sendiri, game yang memiliki musik indak biasanya game bergenre action, adventure, shooter dan RPG. 

Selain dapat menambah daya tarik musik dari game juga dapat menggambarkan suasana yang terjadi pada saat itu, misalnya saat suasana sedang beraksi diisi musik yang suaranya keras dan temponya cepat atau saat sedih diisi musik pelan.

Atau saat-saat menegangkan, horror, dan membuat kaget diisi musik yang bisa membuat kita takut dan tegang. Kalau tidak ada musik mungkin tidak akan terasa nunansa horror, petualangan atau aksinya. Dalam game bisanya juga ada menu gallery yang menyediakan simpanan cutscene atau musik yang telah kita lewati selama game berlangsung.

Itu semua disediakan apabila kita ingin mengetahui lebih jauh lagi apa saja musik atau mungkin lagu yang ditambahkan di game. Musik game tidak hanya menghibur tetapi juga menambah keseruan dalam memainkan game. Sejak meningkatnya industri game, banyak komposer yang beralih profesi dari melakukan pentas di panggung opera menjadi pembuat musik di game.

Hal itu karena di zaman modern ini pengunjung di opera semakin sedikit dan peminatnya juga semkin berkurang. Para komposer kemudian memutuskan untuk membuat musik di industri game untuk mendapatkan insntif yang labih menjanjikan. Mereka tetap bisa menyalurkan keahliannya meskipun tidak tampil di panggung dan disaksikan banyak penonton.

Game yang masuk dalam deretan game papan atas seperti God of  War, Nier Automata, Final Fantasy series, Far Cry series, Resident Evil series, dll akan menggunakan komposer terbaik untuk membuat musiknya agar musik yang dihasilkan dapat mengimbangi game yang dibuat. Berikut ini diantaranya musik terbaik yang ada di game :

1. Final Fantasy X - Silence Before The Storm
2. Final Fantasy X - Calm Lands
3. Super Mario Galaxy - Gusty Garden
4. Final Fantasy XV - Gratia Mundi
5. Devil May Cry 4 - Out Of Darkness