Mau Jago Main DOTA 2 ? Kalian Harus Tahu Ini

Selamat datang guys, kali ini saya akan membahas bagaimana cara jago main DOTA 2 dan apa saja teknik-teknik dasar yang harus kalian kuasai agar bisa menjadi pro player di game DOTA 2. Pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan game ini, game bergenre MOBA (multiplayer online battle arena) ini, game ini seru sekali untuk dimainkan sampai-sampai lupa waktu hehe.

Dalam game ini mungkin untuk para beginner atau pemula (sering juga disebut noob dalam chat permainan) masih bermain hanya untuk bersenang-senang seperti makek support jadi carry, makek hero agility beli bloodstone, kadang skill ulti dipakek ke creep hehe aku sudah pernah ngalamin yang kayak gini soalnya.

Yah memang begitulah tujuan dari main game yaitu bersenang-senang. Tapi untuk yang sudah bosan dengan bersenang-senang dan mulai serius dengan game ini kalian harus mencoba MMR (Match Making Rank). Di MMR kalian akan ketemu para player dengan kemampuan bermain yang hebat, farmnya cepat, last hit pas terus, hutan kita di ward terus, kita gank berkali-kali, dan ngekill nya gak ada hitungan menit tapi 3-5 detik kita sudah tewas.

Mereka sangat serius bermain apalagi kalau udah di mmr 4k keatas mau naikin susah banget mainnya keras-keras mau naikin susah banget. Apa sih yang membuat para player itu bisa gg seperti itu. Oke guys ini beberapa teknik yang harus kalian gunakan agar bisa gg seperti itu. Simak baik-baik:

1. Last hit menggunakan force attack
Apa itu force attack? Bagi kalian yang suka mengotak-atik control config nya pasti sudah tau. Force attack adalah tombol untuk men-deny (mematikan creep atau hero di tim kita) di settingan default tombol untuk force attack adalah A. Dengan menaruh korsur di creep kita atau musuh yang darahnya tinggal sedikit kemudian menekan A akan membuat last hit atau deny.

Kebanyakan dari pemula menggunakan klik kanan pada mouse untuk menyerang musuh yah boleh-boleh saja tapi masalahnya jika kalian salah klik, mau ngeklik musuh eh malah kena tanah maka hasilnya kalian akan menuju tanah. Tapi jika kalian menggunakan tombol A maka meskipun kena tanah yang diserang tetap musuh. Targetnya adalah musuh yang paling dekat dengan kursur mouse kalian.

Teknik ini juga bisa memanipulasi attack speed dan menghemat darah ketika farming di hutan dengan menekan A mundur sedikit terus klik A lagi terus mundur sedikit lagi secara berulang-ulang. Last hit menggunakan force attack juga bisa digunakan untuk menyerang hero musuh, selain lebih efisien juga tidak membuat mouse kita cepat lecet karena sering di klik.

Teknik ini akan lebih mudah jika digunakan untuk last hit creep dan pas terus, apalagi jika dikombinasikan dengan tombol hold atau stop (perintah untuk menghentikan serangan) yang akan menghasilkan animasi serangan yang tersendat-sendat. 

Teknik ini sangat cocok untuk hero carry yang butuh farm banyak seperti Antimage, Alchemist, Terrorblade, Medusa, dll. Selengkapnya tentang teknik ini bisa kamu lihat disini : Cara Last Hit 100% Akurat dengan Quickcast

2. Menggunakan hotkeys untuk beli item, transfer item, dan jual item
Hotkeys dapat membuat kita membeli item dengan cepat dan juga simpel meskipun sebenarnya bikin bingung karena membuat kita menekan tombol keyboard lebih banyak. Apalagi kalo gak terbiasa, tiap kali mau transfer item harus liat keyboard dulu baru nekan tombolnya hehe.

Tapi jika kamu sudah terbiasa item bisa dibeli dalam hitungan detik, item juga cepet jadi, dan kalau mau ngirim item gak usah susah-susah ngeklik kurir tinggal pencet saja tombol hotkeys. 

Beli item di secret shop juga jauh lebih mudah. Kalau kamu masih belum paham tentang hotkeys bisa lihat penjelasannya disini : Masih Bingung dengan Hotkeys? Simak Penjelasannya Disini

3. Menggunakan quickbuy
Quickbuy yaitu menarget item yang akan kita beli, caranya dengan buka shop kemudian drag/tekan terus item yang akan kita beli dan pindahkan ke kotak pojok kanan bawah atau menggunakan cara cepat dengan menekan ALT lalu klik item yang akan kamu beli. 

Kemudian untuk membeli klik satu per satu itemnya atau bisa menggunakan tombol hotkey purchase quickbuy.

4. Stacking creep
Teknik ini dilakukan dengan memancing creep hutan keluar dari sarangnya agar jumlahnya bisa stack ( menumpuk/ bertambah) caranya yaitu pada setiap detik ke 54 atau 55 serang creep kemudian lari ke belakang dan pancing creep sejauh mungkin dari sarangnya agar di sarang tersebut muncul creep lagi pada detik ke 60. 

Ingat creep hutan akan muncul pada setiap menitnya. Teknik ini sangat berguna bagi hero carry yang butuh uang dan exp banyak seperti Alchemist, Sven, Antimage, dll.

5. Rune spawn
Rune akan selalu muncul setiap kelipatan 2 menit. jadi menit ke 0, 2, 4, 6, 8, dst. Rune yang muncul sifatnya random (acak) rune sangat berguna bagi yang punya item botol seperti Alchemist. 

Biasanya rune tidak akan muncul sama untuk kedua kalinya, misalnya di lane atas ada rune bounty lalu kamu ambil, pada 2 menit selanjutnya lane atas tidak akan muncul rune bounty lagi tapi ganti dengan rune lain.

6. Roshan spawn
Roshan muncul di awal permainan dan akan muncul lagi antara 8-11 menit setelah dibunuh. Darah, damage, armour dan exp Roshan bertambah setiap menitnya. Jika Roshan terbunuh 1 kali, dia akan menjatuhkan cheese (keju) yang dapat mengembalikan darah saat dipakai.

7. Pahami setiap efek item dan skill
Efek dan item DOTA 2 dapat berubah setelah diupdate. jadi sebaiknya kamu harus tahu setiap efek dari item dan skill. Seperti item Diffusal Blade dapat digunakan untuk menghilangkan golem dari Warlock, memperlambat  musuh, dan menghilangkan efek negatif. Ulti Zeus dapat dihindari jika kamu menggunakan smoke atau shadow blade.

Baca Juga :

Teknik ini berguna untuk mengulur waktu agar creep di jalan/lane tidak langsung menyerang creep musuh dan juga creep musuh akan lebih dekat dengan tower kita. Caranya yaitu dengan menyerang creep hutan kemudian memancingnya agar bertemu dengan creep lane kita. Dengan teknik ini hero kita akan lebih aman dari gank musuh karena posisi kita dekat dengan tower.

9. Beli item sesuai keadaan
Item sebaiknya disesuaikan dengan tipe mush yang kita lawan. Seperti jika musuh kita banyak yang menggunakan magic (contoh: Crystal Maiden, Lion, Jakiro) maka belilah black king bar atau pipe of insight, jika musuh kita Wraith King sebaiknya beli Diffusal Blade, jika musuh kita main ilusi seperti Phantom lancer, Terrorblade, atau Chaos Knight belilah Battle Fury.

10. Memasang ward di tempat tertentu
Pasang ward di tempat yang sekiranya banyak ditempati musuh, jika musuh terlihat sebaiknya gank secepatnya dan jangan lupa untuk memasang sentry ward atau dust apabila musuh kita bisa menghilang. Jangan beli ward terlalu banyak cuma buang-buang gold, cukup beli 1-2 observer ward lalu taruh di hutan atau tempat yang akan kita gank.

11. Mengaktifkan quickcast
Quickcast dapat mempersingkat banyak waktu dalam menggunakan skill dan item, jika kalian melihat ada player yang dapat membunuh, menggunakan skill, dan kabur dengan sangat cepat mereka pasti menggunakan teknik ini. Untuk penjelasan tentang quickcast selengkapnya bisa dilihat disini : Cara Last Hit 100% Akurat dengan Quickcast

12. Draf, banned, hero counter
Teknik ini berpengaruh besar dalam game, menang tidaknya team jika tim tersebut sama-sama kuat ditentukan oleh hero apa yang dipakai. Setiap hero memiliki kelemahan dan kelebihan, hero terkuat sekalipun apabila malawan hero counter (hero untuk mengalahkan hero) bisa menjadi lemah.

Contoh: jugernaut: Omnislash dapat dihindari dengan ulti Omniknight: guardian angel, Wraith King, Medusa, Timbersaw dapat menjadi lemah apabila melawan Antimage: manabreak, Enigma: blackhole dapat digagalkan saat berhadapan dengan Vengeful: swap.

13. Spek PC atau Laptop dewa dan koneksi lancar
Kebanyakan para pro player memainkan dota di pc/laptop dengan spesifikasi yang tinggi, ini berpengaruh pada game karena membuat fps nya semakin tinggi dan tidak ada lag sedikitpun yang akan kita temui di pc seperti ini asalkan koneksi juga lancar.