6 Tim DOTA 2 Yang Pernah Menjuarai Turnamen TI (The International)

DOTA 2 bukan hanya seru untuk dimainkan tapi juga untuk ditonton pertandingannya seperti dalam turnamen The International (TI). 

Turnamen internasional yang diadakan setahun sekali ini menyediakan hadiah yang sangat besar, pertandingan ini banyak dilihat oleh jutaan pemain DOTA 2 diseluruh dunia, lalu siapa sajakah tim yang pernah menjuarai turnamen tersebut? kita akan membahasnya disini :


1. Natus Vincere (NaVi) - TI 2011


Ketika valve mengumumkan akan diadakan turnamen internasional pada 1 Agustus 2011 untuk pertama kalinya, banyak pemain DOTA yang antusias untuk mengikutinya. Perlombaan tersebut di streaming secara online dengan komentator 4 bahasa yaitu Inggris, Cina, Jerman dan Rusia. Dengan hadiah utama 1 juta dollar dan NVidia sebagai penyedia hardware, perlombaan tersebut diadakan di Cologne, Jerman pada event Gamescom.

Turnament dimulai dengan group stage, dimana setiap empat grup yang memenangkan perlombaan akan dikelompokkan lagi ke winner's bracket. Dan yang kalah akan dikelompokkan ke loser's bracket. Sisanya akan bermain dalam double-elimination.


Dua tim yang lolos dalam babak final dalam TI adalah tim Ukraina Natus Vincere dan tim Cina EHOME. NaVi berhasil mengalahkan EHOME dengan skor 3-1 membawa pulang hadiah sebesar 1 juta dollar. Pertandingan tersebut didokumentasikan dalam film Free to Play.

2. Invictus Gaming (IG) - TI 2012

Turnament Internasional 2012 diumumkan pada bulan Mei 2012 dan diadakan saat event PAX Prime. Event tersebut dilaksanakan di gedung Benayora di Seattle, Washington mulai tanggal 31 Agustus sampai 2 September 2012. Pemain bermain dalam ruangan kaca di panggung. Total hadiahnya mencapai 1,6 juta dollar dengan 1 juta dollar untuk juara pertama dan disiarkan dengan banyak bahasa.


Pemenang sebelumnya yaitu NaVi berhasil ditumbangkan oleh tim asal Cina Invictus Gaming (IG) saat babak final dengan skor 3-1.


3. Alliance - TI 2013

Valve mengumumkan turnamen ini pada 25 April 2013. Tempatnya sama seperti sebelumnya yaitu di gedung Benayora di Seattle, Washington mulai 7 sampai 11 Agustus 2013. 

Tim pertama yang diundang adalah juara bertahan Invictus Gaming. Terdapat 16 tim yang berpartisipasi, 13 tim dari undangan dan 3 tim lainnya dari dua turnament kualifikasi dan pertandingan di awal turnament.

Pada 6 Mei compedium dirilis dan dijual bagi semua pemain DOTA untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan dari TI 2013. Seperempat pendapatan dari compedium ditambahkan dalam total hadiah dari turnamen ini, dengan demikian pemain ikut berpartisipasi dalam memberikan hadiah.


Melalui compedium, TI mendapatkan kembali gelarnya sebagai esport dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah mengalahkan total hadiah League Of Legend World Championship Season 2, total hadiah yang diberikan dalam TI ini mencapai 2,8 juta dollar.

Alliance berhasil mengalahkan NaVi dengan skor 3-2 membawa pulang hadiah sebesar $ 1.437.190.TI 2013 telah ditonton lebih dari 1 juta penonton menggunakan live streaming online seperti twitch.tv.

Baca Juga :



4. Newbee -TI 2014

Pada 31 Maret 2014, valve mengumumkan TI 2014, yang akan bertempat di KeyArena tanggal 18-21 Juli yang memiliki ruang lebih besar dari tempat sebelumnya yaitu gedung Benayora. Tidak seperti event sebelumnya akan ada tiga kelas untuk tiket masuk, antara lain kelas umum, kelas depan dan kelas VIP.

Dalam turnamen ini terdapat 11 tim yang diundang langsung, dan 4 tim lainnya ditentukan dengan regional qualifier yang diadakan pada 12 - 25 Mei. 16 tim akan diputuskan dengan wild card qualifier antara runner-up dari kompetisi regional. Tiketnya ludes terjual dalam waktu satu jam pada 4 April 2014.


Total hadiah dalam TI memecahkan rekor sebagai hadiah terbanyak di Esport dengan jumlah sebanyak 10 juta dollar pada 27 Juni 2014, hampir tiga minggu sebelum turnamen dimulai. 

Pada akhir turnamen total hadiah telah mencapai $ 10.931.103 dan lebih dari 5 juta dollar diberikan untuk juara pertama. Newbee berhasil mengalahkan sesama tim Cina Vici Gaming dengan skor 3-1 dan membawa pulang hadiah sebesar $ 5.025.029.


5. Evil Geniuses (EG) - TI 2015

Detail mengenai TI 2015 pertama kali diungkapkan pada 5 Januari 2015. 16 tim ikut serta dalam event ini yang akan diadakan pada 3-8 Agustus di tempat sebelumnya yaitu KeyArena, Seattle. Total hadiahnya mencapai lebih dari 18 juta dollar, dimana sebanyak 16,4 juta dollar didapatkan dari kontribusi pemain.


Evil Geniuses meraih juara pertama setelah berhasil mengalahkan CDEC Gaming dengan skor 3-1 dan mendapatkan hadiah sebesar $ 6.616.014 sementara itu runner-up nya mendapatkan $ 2.848.562. 

Evil Geniuses tampil dengan performa yang luar biasa, dengan Sumail sebagai carry nya bermain sangat agresif dan berhasil mengalahkan lawan menggunakan hero andalanya Storm Spirit.


6. Wings Gaming - TI 2016

Informasi mendetail tentang TI 2016 diumumkan pada 31 Maret 2016, bersamaan dengan penjualan tiket untuk turnamen. Qualifier dibuka untuk TI 2016, dimulai pada 21 Juni, diikuti dengan  regional qualifier pada 25 Juni. Setelah itu, event utama turnamen diadakan pada tanggal 3-11 Agustus dengan finalnya pada tanggal 13 Agustus.

Total hadiah awalnya $ 1.600.000 dari developer, lalu ditambah dengan sumbangan dari pemain melalui pembelian battle pass. Setelah ditambahkan, total hadiahnya meningkat pesat menjadi $ 20.770.460, hal ini membuat TI 2016 memiliki hadiah Esport terbesar sepanjang sejarah.

Pada tanggal 19 Juni 2016 Valve mengumumkan nama tim yang diundang dan detail kualifikasi untuk setiap regional qualifier. Jumlah timnya turun menjadi enam (sebelumnya sepuluh di TI 2015). 

Menyebabkan pemenang maupun runner-up setiap negara (Cina, Eropa, Amerika dan Asia Tenggara) lolos di babak kualifikasi. Finalnya dua tim terpilih dalam Wild Card yang berasal dari kualifikasi regional masing-masing.

Kualifikasi untuk setiap negara terdiri dari delapan tim yang diundang (lima dari Amerika) dan dua dari open qualifier. Kualifikasi tersebut menghasilkan sepuluh tim (tujuh untuk Amerika) menjadi tunggal, dimana setiap tim bermain melawan tim lain dalam kompetisi round robin, untuk tim yang menang di setiap region akan maju ke TI sebagai regional qualifier.

Empat tim yang tersisa akan ditempatkan pada double-elimination dengan setiap ronde akan menjadi tiga terbaik sementara lima tim yang tersisa (dua dari Amerika) akan dieliminasi. 

Pemenang babak final dari setiap regional akan maju ke TI mewakili regionnya. Runner-up akan mendapatkan tempat di Wild Card, double-elimination diadakan di Seattle sehari sebelum event utama dengan pemenang semi final akan mendapatkan dua tempat di final.


Wings Gaming berhasil membuat tim asal Amerika, Digital Chaos angkat tangan skor 3-1 dan membawa pulang hadiah sebesar $ 9.139.002.


7.  TI 2017

Turnamen ini awalnya diikuti oleh negara CIS, Cina, Eropa, Amerika Utara, dan Asia Tenggara pada bulan Juni. Event utama akan bertempat di Seattle pada 7-12 Agustus. Dua kelompok yang terdiri dari sembilan tim akan segera dipertandingkan sebelum event utama, dengan tim yang paling bawah akan tereliminasi. 16 tim yang tersisa akan dipindahkan ke event double-elimination.

Enam tim telah diundang langsung ke even dengan tambahan 12 tim yang akan ikut bermain. Yang baru dari event ini adalah jumlah tim meningkat dari 16 menjadi 18, hal itu dikarenakan ada tambahan region, Amerika dibagi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan dan region CIS yang merupakan bagian dari Eropa.

Juara TI 2016 Wings Gaming dibubarkan pada awal tahun 2017 dan para anggotanya mengundurkan diri dari menjadi pemain profesional DOTA. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah TI, juara bertahan tidak ikut serta. 

Tim baru bernama Planet Dog yang baru dibentuk ikut serta dalam turnamen ini, mengambil tempat sebagai runner-up pada kualifikasi utama.