Final Fantasy X, Juaranya Game RPG PS2

Game RPG Jepang memang sangat seru dimainkan, meskipun memakan waktu yang lama untuk menyelesaikannya namun game tersebut tidak membuat bosan para pemainnya. Game RPG buatan jepang untuk versi PS2 yang populer adalah Final Fantasy X, Persona 4, Kingdom Hearts II, Dragon Quest VIII, dan masih banyak lagi. Namun yang paling bagus menurut penulis adalah Final Fantasy X.

Dengan cerita yang luar biasa dan gameplay serta grafis yang indah membuatnya mendapatkan rating yang sangat tinggi sekitar 91. Selain itu musiknya yang indah membuat game ini susah dilupakan. Kisahnya dimulai saat karakter utama bernama Tidus, diserang oleh Sin (monster besar yang dapat menghancurkan kota).

Kota Zanarkand tempat tinggal Tidus dihancurkan dan Tidus dikirim oleh Fayth ke masa depan untuk mengalahkan Sin yang sebenarnya adalah ayahnya sendiri. Saat itu perjalanan untuk mengalahkan Sin dimulai. Tidus bertemu dengan Summoner bernama Yuna, dengan teman lainnya bernama Wakka, Lulu, Auron, dan Khimari.

Mereka berencana untuk mendapatkan Aeon terkuat yang dapat mengalahkan Sin, namun rencana berubah ketika Yunalesca, pemberi Aeon terkuat memiliki niat jahat. Akhirnya mereka bersama-sama melawan Aeon sendiri dengan kemampuan mereka. Di akhir cerita sangat menyedihkan, Tidus harus kembali ke tempat asalnya dan berpisah dengan Yuna (wanita yang disukainya) karena tugasnya telah selesai.

Baca Juga :


Gameplay Final Fantasy sama seperti serial Final Fantasy lainnya, pemain harus menunggu menyerang secara bergantian dengan musuh. 

Pemandangan dalam game ini sangat indah, kita akan dibawa ke dunia fantasi seperti Luca yaitu stadion Blitzbal dengan seni arsiektur yang indah, Macalania Woods yang pohonnya bisa bersinar saat malam hari, Thunder Plain yang dipenuhi menara penangkal listrik, ayam Chocobo yang bisa dikendarai sampai Blitzball (sepakbola yang dimainkan dalam air).

Fitur tambahan banyak disediakan dalam game ini. Seperti monster dalam game yang cukup banyak bisa kita koleksi di monster arena dan menciptakan monster baru yang lebih kuat. Kita dapat melawan monster baru yang jauh lebih kuat dari monster di daerah manapun. Senjata Legendaris disediakan untuk setiap karakter agar kita tidak cepat bosan, namun untuk mendapatkannya butuh kerja keras.

Musuh-musuh yang sangat kuat dan mustahil dikalahkan seperti Dark Aeon, Nemesis, dan Penance juga menunggu untuk dikalahkan. Musuh ini hanya diperuntukkan bagi pemain yang sudah mahir dan serius karena untuk mengalahkannya tidak bisa langsung. Kamu harus meningkatkan semua statmu seperti strenght, defence dan magic sampai maksimal yaitu mencapai 225.

Dan itu tidak mudah, kamu harus menghabiskan waktu melawan musuh di monster arena untuk mendapatkan item. Ketika itemnya sudah didapat bisa digunakan untuk membuka sphere meningkatkan stat, untuk default gridnya hanya tersedia sekitar 150 jadi kau harus mengumpulkan sekitar 50 item untuk meningkatkan stat agar bisa menjadi 225. Itu akan memakan waktu sangat lama, mungkin ratusan jam.


Beberapa Aeon tambahan bisa didapatkan untuk koleksi atau melawan bos menjadi lebih mudah karena Aeon tersebut terlalu kuat seperti Magus Sister dan Anima. Bahkan Aeon Yojimbo bisa mengeluarkan jurus Zanmato yang dapat membunuh musuh sekuat apapun dalam satu serangan.