Guide Digger Mobile Legends, Burung Imut Pengendali Waktu

Hai semua kali ini kita akan bahas hero support baru di mobile legends, siapa lagi kalau bukan Digger si burung hantu imut tapi skillnya bikin kesel. Apa saja sih yang bikin hero ini ngeselin ? Salah satunya yaitu skill pasifnya yang membuat dirinya berubah jadi telur ketika dibunuh. Dalam bentuk telur kamu tidak akan bisa diserang dan akan membuka skill baru.

Kamu akan bisa hidup lagi sebelum bentuk telurmu selesai. Selain itu yang tidak kalah ngeselin dari Digger adalah item cursed helmet. Cursed Helmet masih bisa digunakan meskipun digger dalam bentuk telur.

Karena termasuk golongan hero Support, skill-skill yang dimiliki Digger sangat membantu anggota tim untuk memenangkan pertempuran. Terutama Skill 2 Digger: Reverse Time yang mengembalikan waktu beberapa detik, membuat musuh yang berhasil kabur kembali ke tempat sebelumnya, dan skill ultimatenya yang membuat tim menjadi kebal terhadap efek crowd control seperti stun dan slow.

Hero ini mirip sekali dengan Kunka di Dota 2 yang sama-sama memiliki skill mengembalikan musuh ke tempat tertentu yang telah diberi tanda.  Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang skill, build item, tips dan cara menggunakan Digger Mobile Legends.

Kisah dan Latar Belakang Digger
Kota Antoinerei terkenal sebagai kota yang maju dalam hal ilmu pengetahuan, dimana para ilmuwan dan pemikir dari seluruh dunia berkumpul disana. Seperti biasa Digger yang sudah lama tinggal di kota ini sering diremehkan oleh masyarakat sekitar dan dipandang sebelah mata karena badannya yang kecil.

Meskipun sering diremehkan, Digger tetap opitmis, dia melakukan penelitian mendalam tentang jam dan waktu (Chronoscience). Digger dikenal sangat suka jam, dia percaya bahwa di dalam alat kecil pengukur waktu tersebut tersimpan banyak rahasia besar yang belum terungkap.

Setelah melakukan penelitian panjang, Digger berhasil menciptakan alat yang membuat banyak orang berdecak kagum, alat ini disebut Time Nest. Dengan alat ini dia mampu membalik waktu ke masa lalu atau sebelum kejadian terjadi.

Dengan Time Nest, Digger juga bisa mengendalikan arus waktu, seperti melepaskan temannya dari belenggu fisik waktu dan membawanya pergi. Dia juga bisa menciptakan ledakan besar yang disebut Time Bomb.

Skill Digger 

Skill Pasif : Yong Again
Waktu akan dibalik setelah mati, membuat Digger kembali menjadi telur. Dalam bentuk telur, Digger masih bisa bergerak dan membuka skill baru, dia juga tidak bisa ditarget dan setelah beberapa saat akan hidup kembali.

Hero lain biasanya saat mati akan kembali base, namun tidak dengan Digger, saat mati Digger akan meledak dan berubah jadi telur dan tetap berada di tempatnya. Setelah waktu jeda habis dia akan meledak dan berubah lagi menjadi burung, inilah mengapa Digger sering disebut-sebut sebagai hero abadi.

Skill 1 : Time Bomb
Digger melempar jam alarm ke target yang dituju, jam ini kemudian meledak setelah beberapa saat dan memberikan 300/360/420/480/540/600 poin magic damage.

Target yang terkena bom area ini akan kestun selama 2 detik, jumlah damage tergantung pada waktu meledaknya. (Saat jam berdetik, tekan skill 1 lagi untuk langsung meledakkannya, jika bom meledak sebelum 2 detik maka hanya akan memberi efek slow bukan stun).

Skill 2 : Reverse Time
Digger mengunci target dan memberikan 10 poin magic damage dan menslow musuh, setelah 3 detik target akan kembali ke lokasi semula dan terkena 150/200/250/300/350/400 poin magic damage dan efek slow. Jika musuh terlalu jauh maka mereka akan langsung kembali ke lokasi semula dan terkena damage.

Skill Ultimate : Time Journey
Kamu dan teman di sekitarmu akan menjadi imun terhadap serangan crowd control selama 2,5 detik. Selain itu skill ini juga memberikan perisai yang berlangsung sampai 5 detik.

Baca Juga :

Build Item
1. Enchanted Talisman
Item yang kamu beli pertama adalah enchanted talisman, yang bisa memberikan pengurangan cooldown  20%, meskipun efek pasifnya menambah regen mana sepertinya sia-sia karena Digger tidak kekurangan mana.

2. Calamity Reaper
Calamity reaper memberi efek pengurangan cooldown 10%, kamu bisa menggunakan skill lebih sering untuk mencicil musuh di awal permainan. Calamity Reaper juga memberikan 120% magic damage sebagai true damage setiap kali kamu melakukan serangan biasa setelah menggunakan skill.

3. Ice Queen Wand
Item ini berguna untuk memperlambat musuh setelah skillmu mengenai musuh. Efek slownya bisa stack sampai dua kali. Item ini sangat cocok untuk skill kedua. Musuh akan kesulitan untuk kabur dari skill 2 dan 1.

Saat menggunakan digger kamu harus bisa menggunakan timing yang pas agar skillmu mengenai musuh dan item ini sangat membantu skillmu agar mengenai musuh, karena efek slownya.

Biasanya combo yang digunakan Digger adalah skill 2 lalu skill 1 saat musuh kabur. Skill 2 mu sebenarnya sudah memberi efek slow pada musuh, namun dengan item ini musuh akan terkena slow lebih besar lagi.

Setelah musuh kembali ke lokasi asalnya karena skill 2, mereka tidak akan terkena efek slow lagi karena memang tidak ada efeknya, namun berkat item Ice Queen Wand musuh akan terkena slow lagi, dengan melambatnya musuh kamu bisa menggunakan skill 1 dengan mudah.

Saat mereka kabur dari skill 2 mu, skill 1 yaitu alarm bomb telah berdetik dan akan meledak sebelum mereka kabur. Ingat item Ice Queen Wand bisa stack sampai 2 kali, jadi musuh bisa terkena slow sampai 30%.

4. Magic Shoes 
Item berikutnya adalah Magic Shoes yang memberi efek 10% cooldown reduction. Efek cooldown ini akan sangat berguna bagi skill ultimate, skill ultimate Digger sangat penting bagi kehidupanmu dan temanmu.

Aku sering menyelamatkan teman yang hampir mati dengan skill ultimatenya. Selain itu skill 1 akan membuat pertahanan musuh hancur saat mereka berkumpul. Karena saat mereka berkumpul mereka harus berpencar agar tidak terkena ledakan skil 1 digger, jika tidak maka darahnya akan berkurang banyak. Burung hantu ini sangat berguna dalam pertempuran tim.

5. Athena’s Shield
Item berikutnya yaitu Athena’s shield. Kamu akan sangat butuh item penambah armor karena pertahananmu sangat lemah. Darahmu juga sangat sedikit, dengan item ini kamu akan lebih keras dan susah dibunuh. Athena’s Shield menambah HP dan Magic resistance membuatmu lebih tahan lama saat pertempuran.

6. Immortality atau Glowing Hand
Glowing Hand sangat bagus untuk memberikan tambahan damage melalui efek burningnya saat skillmu mengenai musuh. Aku biasanya menggunakan Glowing Hand saat yakin akan menang. Tapi jika dalam kondisi kesulitan dan sering mati sebaiknya beli Immortal. Selain itu jika kamu menggunakan skill ultimate saat hidup kembali kemungkinan besar kamu akan bisa selamat.

Cara Menggunakan Digger

Agar skill 1 mu bisa mengenai musuh, setelah menggunakan skill 1 kamu harus secepatnya menggunakan skill 2. Kamu harus pastikan jarakmu cukup dekat dengan musuh untuk bisa menggunakan skill 2.

Karena jarak serangan skill 1 lebih jauh maka skill 1 digunakan duluan. Kombo ini akan berhasil jika timing nya pas. Tekan skill 1 ke musush lalu skill 2, saat musuh telah kembali, tekan skill 1 lagi untuk langsung meledakkan bomnya, jika waktunya pas musuh akan terkena damage dan efek stun.

Ingat, gunakan skill 1 lalu skill 2 dengan cepat. Jika kamu menggunakan skill 2 duluan, maka musuhnya akan kembali terlalu cepat sehingga dia punya kesempatan untuk menghindari skill 1. Namun itu tidak selalu terjadi, semua tergantung pada timing dan gerakan musuh.

Skill ulti mu sangat bagus untuk pertempuran tim. Kamu bisa menyelamatkan teman yang hampir mati. Selain itu efek imun dari serangan crowd control akan sangat berguna bagi tim. Durasi ultinya hampir sama dengan item Athena’s Shield.